rekomendasi bank di inggris

Mahasiswa Indonesia yang tengah berkuliah di UK memang bisa memanfaatkan rekening di bank manapun sebagai tempat penyimpanan dana. Namun, alih-alih menggunakan rekening biasa, ada banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan ketika memilih memakai rekening khusus pelajar. Tidak hanya memudahkan Anda menerima dana dari dalam negeri, tetapi juga ada beberapa keuntungan tambahan lain yang bisa dimanfaatkan.

Di UK, mahasiswa yang memiliki rekening khusus pelajar bisa mendapatkan fasilitas overdraft , yaitu fasilitas penarikan dana lebih banyak dari saldo yang ada. Fasilitas ini tentunya amat berguna ketika Anda tengah kehabisan uang dan kiriman dana dari  orang tercinta di tanah air belum sampai.

Menariknya lagi, tak jarang bank-bank di UK memberi fasilitas overdraft dengan bunga 0% untuk para mahasiswa. Besaran overdraft yang bisa diambil cukup bervariasi, dan bahkan bisa mencapai angka £3.000.

Dengan memperhitungkan keuntungan fasilitas overdraft yang diulas di atas, berikut ini 4 rekomendasi bank yang dapat Anda gunakan selama berkuliah di UK:

Santander

Rekomendasi bank yang pertama adalah Santander. Santander memberikan fasilitas overdraft dengan jumlah up to £2.000 tanpa dibebani bunga, alias bunga 0% pada produk tabungan Santander 123 Student Account. Mahasiswa tahun pertama yang membuka rekening pelajar di Santander akan secara langsung memperoleh fasilitas overdraft bunga 0% sebesar £250 yang kemudian dapat ditingkatkan menjadi £1.500.

Batasan maksimal overdraft ini secara bertahap akan bertambah, sampai £2.000 untuk mahasiswa tahun kelima. Hanya saja, pemberian fasilitas ini juga didasarkan pada credit score.

Nationwide

Rekomendasi bank kedua adalah Nationwide. Nationwide FlexStudent Account menjadi produk rekening khusus pelajar yang ditawarkan oleh Nationwide. Bank yang satu ini dikenal sebagai pilihan favorit para pelajar di Inggris.

Fasilitas overdraft dari Nationwide juga cukup besar. Untuk mahasiswa tahun pertama, tersedia overdraft dengan jumlah mencapai £1.000. Ketika Anda mencapai tahun ketiga berkuliah di Inggris, overdraft yang didapatkan maksimal adalah £3.000.

HSBC

Rekomendasi bank ketiga adalah HSBC. Overdraft dengan bunga 0% juga ditawarkan oleh HSBC. Perusahaan yang dikenal sebagai bank terbesar ketujuh dunia ini akan memberi insentif £100 bagi setiap mahasiswa tahun pertama yang membuka rekening. Hanya saja, insentif ini tidak berlaku bagi mahasiswa di Inggris yang sudah melewati tahun pertamanya. Sebagai tambahan, fasilitas overdraft dari HSBC juga cukup besar, mencapai £3.000 pada tahun ketiga.

Barclays

Rekomendasi bank selanjutnya adalah Barclay. Rekening khusus pelajar dari Barclay juga dapat Anda manfaatkan sebagai tempat untuk menerima kiriman uang dari keluarga di tanah air. Apalagi ketika pertama kali membuka rekening, Anda bisa memperoleh fasilitas overdraft sebesar £500.

Anda bisa menggunakan layanan ini ketika kiriman dana dari aplikasi transfer uang antar negara tidak mencukupi. Dana overdraft tersebut dapat ditingkatkan mencapai £3.000 dengan memperhatikan credit score masing-masing.

Itulah 4 rekomendasi bank yang bisa Anda pilih saat berkuliah di Inggris. Fasilitas overdraft memang sangat menguntungkan. Namun, dana tersebut bukan uang gratisan, melainkan pinjaman yang sewaktu-waktu harus Anda kembalikan. Apalagi, ketika lulus, rekening pelajar akan secara otomatis berubah menjadi rekening biasa.

Biar tak mengalami keberatan karena tanggungan besar menjelang kelulusan, usahakan untuk mencicil pengembalian pinjaman tersebut. Kiriman dana orang tua di tanah air jangan dihabiskan. Sisihkan sebagian untuk membayar pinjaman. Dengan begitu, proses belajar tidak akan terkendala oleh problem keuangan.

Agar kiriman uang dari orang tua berjalan lancar dan bisa diterima secara cepat, Anda bisa memanfaatkan aplikasi transfer uang antar negara seperti Transfez. Proses pengiriman uang menggunakan Transfez sangat mudah hanya dari ponsel pintar. Tidak hanya praktis, dibandingkan dengan layanan bank, mengirim uang ke luar negeri melalui Transfez bisa menghemat biaya pengiriman mencapai 91%, lho. Yuk, unduh aplikasinya sekarang juga!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram