Pengertian dan Contoh Lengkap Reimburse

Reimburse ini merupakan suatu sistem yang sering ditemui dalam sistem klaim asuransi dan operasional bisnis.

Perusahaan yang mengganti uang karyawannya sebagai bentuk kompensasi disebut juga reimburse. Ada juga istilah reimbursement yang mempunyai arti uang pengganti yang diberikan perusahaan dalam transaksi yang telah dibayarkan lebih dahulu oleh nasabah, klien perusahaan atau karyawan tersebut.

Untuk dapat mengetahui lebih jelasnya, silahkan simak dengan seksama dibawah ini.

Pengertian Reimburse

Pengertian dan Contoh Lengkap Reimburse

Terdapat dua jenis sistem dalam reimburse ini, berikut pengertiannya:

Reimburse Asuransi

Sistem reimburse yang ada dalam asuransi merupakan metode asuransi dalam mencairkan klaim. Nasabah asuransi diharuskan terlebih dahulu membayar biaya rumah sakit.

Baca Juga Cara Transfer uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer uang ke USA
Cara Transfer uang ke Singapura
Cara Transfer uang ke Cina
Cara Transfer uang ke Malaysia
Cara Transfer uang ke Jepang

Lalu kemudian untuk mendapatkan uang penggantian dari perusahaan asuransi dan mencairkan uang penggantiannya sesuai dengan nominal dalam kwitansi, nasabah harus mengajukan klaim ke asuransinya dahulu.

Reimburse Operasional Bisnis

Reimburse dalam sistem ini yaitu penggantian uang atau biaya kepada karyawan untuk kebutuhan perusahaan.

Sebagai contohnya adalah akomodasi dalam perjalanan dinas, yaitu dari tiket pesawat, hotel hingga pangan.

Tips Pengajuan Reimburse

DANA: Cara Menarik Saldo ke Rekening Bank dan Melalui Alfamart
Pixabay/Bru-No

– Paham Syarat dan Ketentuan

Kamu wajib memahami beberapa hal penting sebelum mengajukan klaim, syarat-syarat yang biasanya diberikan terkadang berbeda-beda sesuai kebijakan masing-masing dari setiap perusahaan.

Beberapa contohnya ada yang hanya mengganti transaksi-transaksi tertentu dan ada juga aturan dari perusahaan itu sendiri untuk membatasi besaran penggantiannya.

– Wajib simpan bukti pelunasan/pembayaran

Nasabah atau karyawan wajib mengikutsertakan dokumen yang berupa formulir kuitansi dan klaim pembayaran, itu adalah syarat wajib yang diberikan dari perusahaan.

Dan kemudian perusahaan dapat mereview dan mengabulkan permintaan klaim tersebut.

– Ajukan klaim secepatnya

Perusahaan pada umumnya memberikan batas waktu untuk melakukan pengajuan klaim. Oleh karena itu sebaiknya kamu dapat memperhatikan beberapa hal tersebut dan ajukan klaim tersebut sesegera mungkin supaya tidak melewati batasan waktu dari klaim itu sendiri.

– Memastikan semua data telah benar atau sesuai

Lihat kembali baik-baik dan seksama terhadap data-data yang akan berikan kepada perusahaan apakah sudah sesuai atau belum. Hal tersebut sangatlah penting agar tidak terjadi penundaan atau masalah pada waktu kedepannya.

Cara Klaim Reimburse

Klaim asuransi dengan cara reimburse adalah sebuah metode dimana kamu wajib membayar sendiri terlebih dahulu atas tagihan perawatan rumah sakit.

Kamu dapat mengajukan klaim agar mendapatkan penggantian uang dari semua biaya perawatan rumah sakit yang telah kamu lunasi tadi ketika kamu telah keluar dari rumah sakit terlebih dahulu.

Nasabah atau kamu yang mungkin tidak mempunyai banyak waktu dan tentunya uang untuk mengurus seluruh syarat administratif untuk mengajukan klaim ini memang akan terasa berat.

Akan tetapi asuransi dengan cara klaim reimburse ini pada umumnya akan memberikan nasabah kebebasan untuk dapat memilih rumah sakit yang diinginkan untuk melakukan perawatan kesehatan.

Dengan metode klaim reimburse ini besaran premi asuransi bulanan yang harus dibayarkan biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan cara klaim asuransi lainnya.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Contoh Prosedur Klaim Reimburse

● Dapatkan pelayanan medis dengan datang ke rumah sakit yang bermitra dengan asuransi
● Sebutkan keinginan untuk menggunakan asuransi dengan klaim reimburse dan penyelesaian administrasinya
● Lunasi seluruh biaya perawatan rumah sakit
● Simpan baik-baik bukti transaksi
● Isi dan lengkapi dengan baik dan benar dokumen persyaratannya
● Kirimkan dokumen tersebut ke perusahaan asuransi
● Uang akan segera cair ke rekening kamu ketika klaim telah diterima

Manfaat Reimburse

[:id]Ramah Pelajar, Ini Dia 5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa[:]
[:id]Photo by Jeswin Thomas on Unsplash[:]

Reimburse kepentingan bisnis

Reimburse dapat dilakukan untuk kepentingan bisnis dimana dengan reimburse ini kamu bisa mendapatkan ganti atas dana yang terpakai dalam kepentingan bisnis seperti biaya pengeluaran terkait bisnis, pengadaan program pelatihan hingga penyewaan tempat.

Reimburse perjalanan bisnis

Terkadang untuk dapat melakukan perjalanan dalam bisnis biasanya kamu menggunakan dana pribadi terlebih dahulu. Biaya tersebut biasanya digunakan dalam pembelian tiket transportasi sampai akomodasi selama perjalanan ke luar kota.

Dana pribadi yang digunakan dalam urusan bisnis dapat diajukan ke perusahaan dengan menggunakan metode reimbursement untuk mendapatkan penggantian biaya selama perjalanan bisnis selama hal tersebut memang mengikuti aturan di luar tunjangan transportasi.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Kecurangan dalam Reimburse

Ada beberapa kecurangan yang dilakukan oleh nasabah untuk mendapatkan penggantian biaya, tentu saja hal-hal tak terpuji seperti itu tak diperbolehkan, dan pastinya perusahaan tak akan mau menggantikan uang kamu jika dengan cara curang itu.

Lantas kecurangan apa saja yang termasuk di dalamnya, berikut ini beberapa contoh kecurangan:

● Memalsukan atau mengisi data klaim tidak dengan yang aslinya dalam bukti transaksi
● Meminta atau mengajukan klaim dengan nominal yang lebih besar dari ketentuan yang ada
● Merubah besaran klaim yang seharusnya
● Mengajukan klaim yang tidak ditanggung asuransi atau perusahaan

Itulah beberapa penjelasan tentang reimburse atau reimbursement berdasarkan atas apa yang telah dibahas bersama.

Dapat disimpulkan bahwa reimburse ialah suatu metode untuk mendapatkan kompensasi atau penggantian yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk pengeluaran yang dilakukan dalam perjalanan bisnis dalam jumlah yang lebih oleh pihak karyawan yang mana menggunakan dana pribadi terlebih dahulu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Kegiatan reimbursement ini harus mampu dilakukan oleh perusahaan dan karyawan secara terbuka atau transparan supaya pencatatan keuangan dalam perusahaan dapat dilakukan secara rapi dan tidak adanya kecurangan atau kekeliruan sedikitpun, dan dapat menciptakan kerukunan dan perkembangan hubungan yang baik bagi karyawan dan perusahaan.

Instagram