Sistem Menggunaan QRIS BRI, Tujuan dan Manfaatnya

QRIS BRI merupakan sebuah standarisasi untuk melakukan kegiatan transaksi pembayaran yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada semua perusahaan yang memang memanfaatkan teknologi finansial. Adanya kemudahan untuk transaksi pembayaran secara digital ini akan memperlancar kegiatan transaksi jual beli menjadi lebih mudah dan praktis.

QRIS sebagai singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard sebagai bentuk kombinasi dari berbagai macam jenis QR code yang berasal dari penyelenggara jasa layanan sistem pembayaran. Hal ini tentunya memberikan kemudahan dalam kegiatan transaksi pembayaran yang dilakukan secara digital hanya dengan memanfaatkan QR code yang terbilang lebih praktis, mudah, cepat dan aman.

Sistem penggunaan QRIS BRI

Sistem Menggunaan QRIS BRI, Tujuan dan Manfaatnya

Pada saat dari pihak penyedia pembayaran baik itu lokal ataupun asing yang telah memanfaatkan basis QR code. Pastinya wajib untuk menggunakan salah satu dari jenis QR code tersebut yang memang sudah terstandarisasi dengan QRIS.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Dengan demikian untuk keseluruhan dari QR kode tersebut akan langsung terintegrasi pada semua jenis aplikasi penyedia pembayaran yang memanfaatkan satu jenis QR code saja. Nantinya setiap pengguna akan diberikan kemudahan untuk melakukan kegiatan transaksi pembayaran cukup dengan menggunakan satu jenis aplikasi penyedia pembayaran dan memindai satu QR kode saja di merchant yang telah terintegrasi dengan QRIS BRI.

Tujuan penggunaan QRIS

Tujuan telah diterbitkannya QRIS untuk mendukung transaksi pembayaran menjadi lebih mudah yang memanfaatkan QR code ini dihadirkan oleh Bank Indonesia. Kehadiran dari QRIS oleh bank BRI Ini bisa memberikan kemudahan dalam menjalankan kegiatan transaksi digital ataupun secara non tunai.

Dengan adanya sistem yang telah terstandarisasi tersebut tentunya memberikan kemudahan yang dapat dirasakan oleh semua pengguna. Manfaat ini akan banyak dirasakan oleh pembeli, penjual ataupun pihak penyedia jasa pembayaran untuk menggunakan sebagai sistem metode pembayaran secara non tunai melalui satu pintu pengawasan saja dengan memanfaatkan QRIS.

Baca juga artikel tentang QRIS lainnya di Blog Transfez

Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya
Karakteristik QRIS Bank Indonesia sebagai Metode Pembayaran
Ketentuan dalam Menggunakan QRIS BCA untuk Transaksi Pembayaran Digital
Cara untuk Membayar Menggunakan QRIS BNI Melalui Mobile Banking
Sistem Menggunaan QRIS BRI, Tujuan dan Manfaatnya

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Manfaat QRIS BRI

Terdapat beberapa manfaat dengan menggunakan QRIS yang dapat diandalkan untuk mendukung kegiatan transaksi pembayaran secara non tunai. Manfaat yang dihadirkan dengan penggunaan QRIS ini bisa dilihat dari dua sisi baik itu dari segi pembeli ataupun penjual.

Adapun untuk beberapa manfaat dari penggunaan QRIS Bank BRI yang bisa dirasakan oleh pembeli dan penjual sebagai berikut:

1. Manfaat bagi pembeli

a. Banyak alternatif pembayaran

Dengan memanfaatkan QRIS ini sebagai pembeli maka tidak perlu khawatir lagi untuk memilih bank ataupun aplikasi yang nantinya harus digunakan dalam mendukung kegiatan pembayaran. Apabila dari pihak penjual ini sudah membuat QRIS BRI maka dapat menerima metode pembayaran yang berasal dari aplikasi atau bank mana saja yang memang telah memanfaatkan sistem pembayaran QRIS.

b. Transaksi lebih cepat

Manfaat lain yang bisa dirasakan oleh pihak pembeli yaitu mendukung kegiatan transaksi pembayaran yang berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan memanfaatkan metode pembayaran uang tunai. Dengan demikian kamu tidak perlu untuk menunggu ataupun mengantri supaya bisa mendapatkan uang kembalian ketika belanja secara offline.
Adanya pembayaran dengan menggunakan QR code ini juga terbilang lebih higienis karena tidak perlu bersentuhan tangan atau mengambil uang kembalian lagi. Cara penggunaan QRIS dari Bank BRI ini cenderung lebih praktis dalam mendukung kegiatan transaksi pembayaran non tunai.

2. Manfaat bagi penjual

a. Pendaftaran lebih mudah

Sebagai pihak penjual yang memanfaatkan garis BRI maka sudah tidak direpotkan lagi untuk melakukan pendaftaran satu persatu pada bank ataupun dompet digital supaya bisa memperoleh QR kode untuk transaksi pembayaran. Dalam hal ini pihak penjual cukup untuk melakukan pendaftaran QRIS saja yang nantinya bisa mendukung transaksi karena akan mendapatkan QR code sebagai metode pembayaran yang lebih cepat dan praktis.

b. Transaksi lebih mudah

Dalam memanfaatkan QRIS dari BRI ini bisa menjadikan transaksi di merchant lebih mudah dibandingkan harus menggunakan transaksi secara tunai. Dari pihak pembeli cukup melakukan scan QR code yang telah disediakan dari penjual dan silakan memasukkan nominal jumlah pembayaran yang nantinya akan disetujui dari pembeli dan penjual.

c. Lebih banyak pilihan pembayaran

Kehadiran dari QRIS BRI ini memberikan kemudahan tersendiri bagi pihak pembeli karena diberikan kebebasan untuk memilih layanan pembayaran digital sesuai dengan keinginan. Sehingga pemberi bisa memilih untuk penggunaan dompet digitalnya masing-masing dan tidak perlu khawatir lagi untuk tidak tersedia QR code yang sesuai pada dompet digital yang dimiliki.

Melalui cara yang satu ini tentunya bisa meningkatkan pembelian yang dapat dilakukan dengan sistem pembayaran secara non tunai. Sehingga transaksi menjadi lebih praktis dan higienis yang dapat berjalan dengan lancar tanpa harus mengantri.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Cara untuk menggunakan QRIS dari Bank BRI melalui mobile banking

Apabila kamu sudah memahami apa itu QRIS, tujuan dihadirkannya dan manfaat untuk menunjang kegiatan transaksi pembayaran. Maka dengan begitu kamu bisa menerapkan penggunaan QRIS dari Bank BRI ini melalui layanan mobile banking yang dimilikinya.
Dalam hal ini kamu bisa menggunakan fasilitas QRIS yang telah dimiliki oleh aplikasi BRImo.

Adapun untuk cara menggunakan QRIS dalam transaksi pembayaran melalui aplikasi mobile banking BRI sebagai berikut:

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan dengan membuka aplikasi BRI mobile banking atau BRImo
2. Pada langkah selanjutnya silakan kamu memasukkan ID dan password dari akun yang sudah kamu miliki pada BRI mobile banking
3. Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan dengan memilih icon QRIS yang ada di halaman utama dari aplikasi BRI mobile banking
4. Setelah itu kamu bisa melanjutkan proses pembayaran transaksi ini dengan melakukan scan dari QR code yang sudah disediakan pada sejumlah merchant untuk melakukan pembelian atau pembayaran lainnya
5. Pada saat kamu sudah melakukan scan dari QR code tersebut maka pastikan terlebih dahulu nama merchant tersebut telah sesuai dan lanjutkan proses ini dengan memilih sumber dana
6. Masukkanlah jumlah nominal untuk transaksi pembayaran sesuai dengan kebutuhan dan lanjutkan dengan klik tombol OK
7. Untuk langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam transaksi pembayaran menggunakan QRIS dari Bank BRI maka lakukan pengecekan secara detail terkait pembayaran sebagai bentuk konfirmasi dan lanjutkan dengan klik tombol bayar
8. Kemudian sistem aplikasi mobile banking tersebut akan meminta kamu untuk memasukkan PIN akun yang digunakan
9. Pada langkah terakhir maka sistem aplikasi mobile banking dari Bank BRI akan memproses permintaan untuk transaksi pembayaran yang dilakukan menggunakan QRIS. Apabila transaksi pembayaran tersebut sudah selesai maka kamu akan mendapatkan notifikasi bahwasanya transaksi berhasil dilakukan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait QRIS BRI yang sangat bermanfaat bagi pembeli ataupun penjual. Dalam melakukan kegiatan transaksi menggunakan QRIS dari Bank BRI maka bisa memanfaatkan layanan BRI mobile banking sebagai pendukungnya.