Penggunaan Kode Bank BTN Untuk Transfer Dana Via ATM

Cukup umum jika banyak nasabah Bank BTN yang ingin tahu berapa kode Bank BTN. Bank BTN atau Bank Tabungan Negara memang merupakan salah satu bagian dari BUMN. Sehingga bank ini tercatat memiliki banyak sekali nasabah. Bahkan sampai dengan sekarang ini Bank BTN memiliki nasabah yang tersebar di seluruh wilayah di tanah air.

Baca juga: Daftar Kode Transfer Bank Lengkap: Bank Swasta, Bank Negara, dan Bank Daerah

Tentunya seluruh transaksi keuangan di bank ini sering kali dilakukan oleh para nasabah. Berbagai transaksi keuangan pasti terjadi setiap harinya termasuk transaksi yang membutuhkan kode bank. Terutama apabila transaksi dilakukan dari bank lain dengan tujuan Bank BTN melalui ATM. Pastinya aktivitas keuangan ini membutuhkan kode dari Bank BTN. Berikut ini penjelasan lebih lanjut bagi yang ingin melakukan transaksi transfer dana ke Bank BTN dengan menggunakan kode bank.

Pentingnya Penggunaan Kode Bank BTN

Kode Bank BTN

Ada beberapa alasan pentingnya menggunakan kode Bank BTN dalam transaksi transfer dana via ATM. Misalnya yaitu alasan berikut ini.

Mengidentifikasi Transaksi Keuangan Dengan Kode Bank BTN

Transaksi keuangan pasti pernah dilakukan oleh setiap orang yang memiliki rekening di bank. Demikian pula dengan transaksi keuangan yang pastinya pernah dilakukan oleh siapa saja menuju ke Bank Tabungan Negara. Jika transaski dilakukan dari bank selain BTN maka sudah pasti dibutuhkan kode tertentu.

Kode yang dimaksud disini adalah kode bank tujuan seperti misalnya kode Bank BTN yang menjadi tujuan dari penerima dana. Untuk itu kode bank ini harus diketahui terlebih dahulu oleh Anda yang akan melakukan transaksi. Dengan adanya kode ini maka nantinya transaksi keuangan yang terjadi bisa teridentifikasi. Kapan transaksi terjadi dan di jam berapa transaksi ini dilakukan akan tampak dengan jelas.

Kode Bank BTN Menunjukkan Identitas

Penggunaan kode dari setiap bank rupanya tidak hanya berfokus pada identifikasi dari transaksi keuangan yang terjadi. Namun sebenarnya adanya kode setiap bank dapat menjadi idnetitas bagi bank itu sendiri. Termasuk pula bagi Bank BTN yang pastinya juga memiliki kode tertentu.

Kode yang hadir dalam bentuk angka ini pastinya menjadi ciri dari bank tersebut. Kode ini pastinya berbeda dengan bank lainnya. Hingga kode ini dapat membantu setiap orang untuk menjadi lebih tahu mengenai BTN. Maka bisa dibilang bahwa kode bank BTN turut menjadi identitas bagi bank itu sendiri termausk pula Bank BTN yang selalu dipercaya oleh masyarakat.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Transfer Menggunakan Kode Bank BTN di ATM

Berikut ini langkah-langkah menggunakan kode Bank BTN untuk melakukan transfer dana melalui mesin ATM secara singkat.

Kunjungi ATM Terdekat

Umumnya transaksi keuangan yang dilakukan oleh setiap orang berhubungan dengan proses transfer atau pemindahan dana. Proses transfer ini pun bisa dilakukan di berbagai ATM yang tersebar di banyak tempat. Jadi siapa saja bisa melakukan proses transfer atau pemindahan sejumlah dana ini dengan mudah tanpa harus pergi ke kantor bank.

Untuk melakukannya maka nasabah sebaiknya berkunjung ke tempat ATM. Umumnya ATM ada di tempat umum mana saja sehingga mudah dijangkau.

Lakukan Transaksi Dengan ATM

Setelah menemukan mesin ATM maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memasukkan kartu ke mesin ATM. Masukkan kartu yang Anda miliki tersebut ke slot kartu yang ada pada mesin ATM. Selanjutnya masukkan pula PIN yang sudah dibuat sebelumnya. PIN umumnya terdiri dari 6 digit saja. Sebisa mungkin pastikan bahwa setiap Anda bisa mengingat PIN ini selalu demi kelancaran transaksi.

Jika kartu ATM dan PIN sudah dimasukkan maka selanjutnya Anda bisa memilih jenis transaksi yang dilakukan. Nantinya akan ditempilkan berbagai macam transaksi keuangan yang bsia dipilih atau dilakukan. Jadi siapapun yang menggunakan mesin ATM ini bisa memilih proses transaksi yang tertera di layar ATM.

Masukkan Kode BBTN Dan Nomer Rekening

Proses transaksi kemudian akan berlanjut ke tehapan berikutnya. Dalam hal ini kemudian setiap nasabah bisa memasukkan kode bank yang dituju. Jika memang Bank BTN menjadi tujuan dari transaksi keuangan maka segeralah cari kode Bank BTN. Nantinya kode dari seluruh bank akan ditampilkan di layar ATM maka Anda bisa memilih kode Bank BTN.

Setelah memilih kode bank maka selanjutnya masukkan pula nomer rekening penerima dana atau nomer rekening tujuan. Saat memilih kode bank sebaiknya cermati dengan benar seluruh kode yang ada. Pilihlah kode dengan tepat agar tidak sampai terjadi kesalahan. Demikian pula dengan penulisan nomer rekening yang dituju agar dapat dilakukan dengan teliti untuk menghindari kesalahan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Bulgaria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Ikuti Petunjuk Berikutnya

Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk melakukan proses transfer dari satu bank menuju ke BTN adalah mengikuti instruksi berikutnya. Seluruh instruksi ini pasti tertera pada layar ATM yang dapat Anda lihat saat melakukan transfer.

Mungkin cara melakukan transfer di tiap bank ada yang berbeda antara bank satu dengan bank lainnya. Namun pastinya setelah memasukkan kode Bank BTN dan nomer rekening akan ada petunjuk-pertunjuk berikutnya. Petunjuk ini termasuk melakukan verifikasi nama penerima dan jumlah dana yang dikirimkan supaya proses pengiriman dana ke rekening yang dituju berhasil dengan baik.

Kode Bank BTN pada dasarnya bermanfaat untuk melakukan transaksi keuangan. Terutama untuk melakukan pemindahan dan atau transfer dari bank satu ke bank yang lainnya. Berkat adanya kode tersebut pastinya akan mempercepat dan mempermudah proses transfer dana via mesin ATM.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Di Bank BTN sendiri umumnya pemindahan dana atau transfer ini dilakukan bisa dengan banyak pilihan lainnya di luar menggunakan mesin ATM. Sehingga nasabah dapat memilih mana cara yang paling nyaman dan paling sesuai untuk dilakukan. Apapun caranya jangan lupa mengikuti informasi di atas terutama untuk memasukkan kode Bank BTN secara resmi dan akurat.