pengertian dan contoh pagu

Pagu, menurut Otoritas Jasa Keuangan adalah batas tertinggi atas sesuatu seperti batas tertinggi pemberian kredit, penetapan bunga deposito, batas harga nilai tukar mata asing. Plafon dalam Bahasa Inggris disebut ceiling cap.

Pengertian Pagu

Pagu merupakan tingkat bunga maksimal yang diizinkan pada transaksi tertentu. Pagu merupakan kebalikan dari nilai rendah suku bunga.

Biasanya dalam setiap transaksi keuangan akan selalu disertakan dengan batasan dari suku bunga sebagai bagian dari kontrak. Contohnya adalah perjanjian pada hipotek akan menyertakan tingkat bunga yang disesuaikan.

Pagu merupakan batasan atas suku bunga yang merupakan kentuntukan kontrak yang menjelaskan tangkai bunga maksimal yang berlaku untuk transaksi tersebut. Pagu biasanya dipakai pada pinjaman suku bunga variabel.

Pagu dibuat untuk melindungi peminjam dari bunga yang tinggi, oleh karenanya dibentuk langkah-langkah untuk menentukan kenaikan yang dibatasi.

Selain itu pagu juga bertujuan untuk memberikan keuntungan untuk pemberi pinjaman karena mengurangi resiko gagal bayar pari peminjam, karena suku bunganya sudah disepakati dari awal.

Pemahaman Pagu Lebih Dalam

pengertian dan contoh pagu

Pagu juga dikenal dengan sebutan plafon suku bunga atu batas suku bunga. Batas suka bunga artinya ‘batas’ suku bunga merupakan tingkatan bunga maksimal yang dibebankan debitur ke kreditur yang sudah dinegosiasikan sejak perjanjian pinjaman.

Pagu atau plafon suku bunga sudah menjadi bagian dari transaksi perdagangan selama ribuan tahun. Hal ini bertujuan untuk melindungi kreditur dari debitur ‘predator’ yang suka menaikan suku bunga tanpa sepengetahuan kreditur.

Dewasa ini, pagu digunakan untuk melindungi dari risiko suku bunga. Yaitu melindungi peminjam dari risiko suku bunga yang bisa naik secara tiba-tiba selama kontrak tertentu.
Pagu selain digunakan untuk menentukan tingkat suku bunga paling tinggi, juga dapat mencakup kondisi seberapa cepat suku bunga dapat naik pada tingkat maksimum.

Tingkat inflasi yang sering disebut dengan ketentuan peningkatan yang dibatik adalah sekitar 2% setiap jarinya.

Sederhananya, pagu atau pembatasan nilai sungu bunga sangat bermanfaat untuk peminjam ketika suku bunga naik secara menyeluruh. Jika, tingkat bunga maksimum tercapai sebelum jatuh tempo, maka bisa jadi kreditur dapat membayar suku bunga dibawah pasar dalam periode waktu yang lama.

Pagu Kredit di Indonesia

Salah satu jenis pagu adalah pagu kredit atau plafon kredit. Palfon kredit yang masih sangat jarang diketahui oleh orang yang baru saja melakukan pinjaman di bank.
Saat calon debitur mengajukan pinjaman ke bank maka akan ditemui istilah dari pagu atau plafon kredit ini.

Contohny, ketika seorang mengajukan pinjaman ke bank untuk melunasi rumah dengan sistem KPR atau Kredit Pemilikan Rumah, maka bank akan miliki pagu atau batas pinjaman yang diberikan kepada orang tersebut.

Pagu juga merupakan harga rumah yang dikurangi dengan DP yang diberikan kepada bank. Oleh karennya DP akan sangat berpengaruh dengan besaran pagu pinjaman yang diajukan oleh peminjam. Sehingga akan mempengaruhi pinjaman rumah pada setiap bulannya.

Sederhananya pengertian pagu adalah hutang debitur kepada pihak bank. Dalam hal perhitungan KPR nilai pagu pinjaman wajib menjadi hal yang harus diinput.

Pagu Kredit Berdasarkan Pihak yang Terlibat

Pagu dibagi menjadi dua berdasarkan dari pihak yang terlibat, yaitu:

– Pagu atau plafon kredit yang diajukan oleh calon debitur
– Pagu atau plafon kredit yang disetujui oleh pihak lembaga keuangan atau bank.

Contoh Pagu Kredit

Pagu sering kali ditemui pada pengajuan KPR untuk perumahan subsidi. Dalam hal ini pagu atau plafon kredit adalah harga rumah dikurangi oleh besaran DP yang disetorkan kepada pihak bank.

Atau dengan kata lain pagu adalah haraga rumah dikurangi besaran DP yang sudah dibayarkan pada pihak bank. Pagu atau prflon kredit yang diberikan oleh pihak bank akan sangat dipengaruhi oleh DP yang diberikan oleh peminjam.

Sehingga pagu adalah besaran utang yang dimiliki peminjam kepada bank.

– Contoh

Andi ingin membeli rumah dengan nilai Rp. 300 juta dengan sistem KPR melalui Bank BRI. Tenor yang ia pilih adalah selama 15 tahun.

DP yang harus dibayarkan oleh Andi adalah 30% atau 90 juta. Sehingga Pagu yang dibeirkan oleh BRI adalah 300 juta dikurangi 90 juta, yatu 210 juta.

Sehingga 210 juta adalah hutang yang akan dimiliki Andi kepada bank BRI. Hutang tersebut harus Dilunasi sesuai tenor yang sudah disepakati sejak awal.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Faktor Turunnya Pagu Kredit Pinjaman

Beberapa nasabah akan ada yang mengalami pagu kreditnya ketika pengajuan kredit. Artinya jumlah pinjaman yang akan diberikan oleh bank akan lebih kecil dibandingkan nilai yang diajukan oleh peminjam.

Sehingga DP yang harus diberikan kepada pihak bank akan lebih besar nominalnya. Hal tersebut disebabkan beberapa penyebab turunnya pagu kredit, berikut dibawah ini adalah factor-faktor yang menyebabkan pagu kredit:

– Penghasilan dan riwayat keuangan nasabah atau calon peminjam
– Pengaduan terhadap rumah bekas
– Niali jaminan yang diberikan tidak sesuia dengan kondisi rumah, sehingga nilai objek turun ketika prosess apprasisal yang dilakukan oleh bank
– Terlambatnya penandatangan akad setelah keluar Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit atau SP3K

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Jenis- Jenis Pagu

Selain Pagu Kredit, Pagu dalam bidang perekonomian dibagi menjadi beberapa jenis. Ada beberapa jenis panu yang berkaitan dengan dunia keuangan dan dunia perbankan, yaitu:

– Pagu Harga
– Pagu Kredit
– Pagu Pembayaran

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi tentang pagu yang dapat kamu simak dari pengertian serta contohnya. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram