sean kong r2WhdAwJPxM unsplash

Artikel ini akan membahas tentang pentingnya mengetahui bagaimana cara membuka akun bank untuk pelajar di Jepang dan bertujuan untuk memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya.

Pentingnya Mengetahui Cara Membuka Akun Bank untuk Pelajar di Jepang

Bagaimana cara membuat akun bank di Jepang? Pelajar Indonesia di Jepang membutuhkan akun bank sendiri untuk menerima sejumlah dana, baik untuk membayar biaya pendidikan maupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ada berbagai inovasi teknologi yang semakin memudahkan orang tua untuk melakukan transfer uang dari Indonesia ke Jepang. Apabila dibutuhkan, membuat akun bank untuk membayar biaya kuliah maupun mengirimkan biaya hidup bukan lagi hal yang sulit dan merepotkan untuk dilakukan. Nah, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat akun bank.

  • Persiapkan Dokumen

romain dancre doplSDELX7E unsplash 1
Photo by Romain Dancre on Unsplash

Untuk membuat akun di salah satu bank di Jepang, Anda harus memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas. Dengan membawa kartu ini, Anda bisa langsung membuka rekening baru di bank yang berlokasi dekat tempat tinggal maupun universitas. Di bank, Anda harus mencatat nama dengan huruf Kanji maupun Katakana. Karena itu, berkonsultasilah terlebih dahulu kepada ahli bahasa tentang tulisan nama Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Transfer Uang ke Jepang Melalui Aplikasi Transfez

Jika Anda membutuhkan kartu ATM, tentukan terlebih dahulu nomor rahasia yang akan digunakan. Selanjutnya, kartu ATM akan dikirimkan melalui ke alamat Anda sekitar 1-2 minggu.

  • Persiapkan Stempel

david nitschke pegxjW 1YOU unsplash
Photo by David Nitschke on Unsplash

Uniknya, saat membuka rekening bank di Jepang, Anda diminta untuk membawa stempel. Anda bisa bernegosiasi dengan menggunakan tanda tangan saja. Namun, beberapa bank tetap mewajibkan pemohon menggunakan stempel berisi nama dengan huruf Hiragana atau Katakana. Harga sebuah stempel sekitar 500 s/d 1.000 yen atau sekitar Rp63.700 hingga Rp127.300. Waktu pembuatannya hanya sekitar 15 menit.

  • Catatlah informasi rekening dengan cermat

akun bank untuk pelajar di jepang
Photo by Green Chameleon on Unsplash

Yang harus dipahami dalam mengingat cara membuka akun bank untuk pelajar di Jepang adalah jangan lupa mencatat nomor rekening, nama bank, serta nama cabang bank dalam sebuah catatan yang aman. Jika orang tua melakukan transfer uang dari Indonesia ke Jepang untuk Anda, cek kembali catatan tersebut supaya tidak salah.

Di Jepang, biaya rutin seperti air, gas, dan listrik dapat melalui prosedur pembayaran otomatis. Beritahukan nomor konsumen Anda kepada pegawai bank sehingga tagihan tersebut dipungut tiap bulan dari rekening.

Adapun untuk urusan transfer uang dari Indonesia ke Jepang yang lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan layanan pengiriman uang Transfez. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store atau App Store dan bisa diakses secara gratis.

Melalui Transfez, orang tua bisa mengirimkan uang dengan praktis ke rekening bank yang telah dibuat di Jepang. Biaya pengiriman uang dengan menggunakan Transfez pun lebih murah. Nah, ayo kirim uang sekarang dan nikmati kemudahannya.

Nah itu dia pembahasan tentang cara membuka akun bank untuk pelajar di Jepang dan jangan lupa gunakan kode FREETRY agar pengiriman pertamamu bebas dari biaya transfer.

 

Instagram