transaksi keuangan perusahaan

Transaksi keuangan perusahaan merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai efek ekonomi bagi perusahaan tersebut. Transaksi tidak hanya berhubungan dengan jual beli saja namun juga mencakup atas hilangnya aset karena musibah ataupun kejadian yang lainnya dengan nilai terukur atas uang.

Transaksi keuangan tersebut sebagai faktor sangat penting di dalam melakukan perjalanan usaha kamu. Bagi kamu yang masih bingung untuk pemahaman terkait transaksi keuangan di dalam perusahaan lebih jelasnya bisa simak uraian berikut ini.

Jenis Transaksi Keuangan Perusahaan Dilihat dari Institusional

Transaksi keuangan yang ada di dalam perusahaan sebenarnya tidak hanya sebatas uang masuk dan keluar saja. Tanpa memahami jenis transaksinya maka kamu akan bingung dalam melakukan kegiatan pembukuan.

Transaksi keuangan pada perusahaan terdapat 2 jenis yang bisa kamu ketahui, berikut penjelasannya:

Transaksi Internal

Transaksi internal merupakan salah satu jenis transaksi yang tidak melibatkan dari pihak luar, dengan artian transaksi yang satu ini hanya bisa dilakukan hanya lingkup dalam perusahaan saja serta yang mampu mempengaruhi keuangan usaha. Transaksi keuangan perusahaan internal dikenal sebagai transaksi non pertukaran sebab tidak terjadi jual beli yang dilakukan oleh perusahaan.

Dalam menjalankan kegiatan UMKM maka transaksi internal mencakup pada bukti kas masuk pada saat menerima uang tunai. Selain itu juga bukti kas keluar pada saat usaha yang dijalankan tersebut mengeluarkan uang tunai hingga memo jika ada penyusutan pada aset yang dimiliki.

Transaksi Eksternal

Transaksi eksternal merupakan jenis dari kegiatan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dengan pihak di luar perusahaan. Seperti halnya pembayaran hutang, terdapat piutang yang perlu dilunasi, uang masuk atas penjualan barang ke pembeli, uang keluar yang digunakan untuk membeli stok barang, membayar gaji karyawan, pinjaman modal dan juga pembelian perlengkapan atau peralatan usaha.

Baca Juga Artikel Tentang Gaji TKI dan Gaji TKW Lainnya dari Transfez

Gaji TKI dan TKW di Dubai
Gaji TKI dan TKW di Taiwan
Gaji TKI dan TKW di Arab
Gaji TKI dan TKW di Malaysia
Gaji TKI dan TKW di Qatar

Jenis Transaksi Keuangan dari Penukaran Uang

Jenis transaksi keuangan ini dapat dilihat sesuai dengan jenis pembayaran yang dimanfaatkan oleh perusahaan guna menjalankan aktivitasnya. Dalam hal ini transaksi keuangan bisa dibedakan dalam 3 jenis di antaranya:

Transaksi Secara Tunai

Transaksi keuangan perusahaan merupakan suatu hal yang sangat wajar pada saat dilakukan tanpa berhutang ataupun dibayar secara lunas. Pembayaran lunas ini dapat dilakukan oleh perusahaan jika memang kondisi keuangannya masih mampu.

Hal ini bisa mengurangi beban bagi perusahaan karena tidak adanya utang kartu. Pembayaran yang dilakukan dalam bentuk tunai tidak harus dengan menggunakan uang secara langsung, akan tetapi juga bisa dilakukan dengan cara transfer hingga tata caranya pembayaran tidak langsung lainnya.

Transaksi Non Tunai

Transaksi non tunai ini tidak langsung menggunakan uang pada saat melakukan kegiatan transaksi. Dalam hal ini sangat memungkinkan, namun bagi akuntan tetap harus melakukan pencatatan transaksi pada setiap hal yang telah dilakukannya.

Seperti halnya pembelian mesin pada pabrik dan kendala yang dihadapi. Pencatatan seperti ini harus dilakukan dengan detail agar tidak ada kesalahan pada saat pembukuan.

Transaksi Kredit

Transaksi kredit merupakan jenis transaksi keuangan perusahaan yang sangat banyak dimanfaatkan. Transaksi kredit mampu membayar dengan sebagian uang dan sisanya akan dibayarkan secara lunas nantinya pada saat mendekati waktu jatuh tempo.

Transaksi kredit ini dapat dimanfaatkan pada saat perusahaan melakukan pembelian aset yang memiliki harga terbilang sangat tinggi. Transaksi kredit mampu meringankan beban pada perusahaan yang belum bisa melakukan transaksi pembayaran secara lunas.

Jenis Transaksi Keuangan dari Tujuannya

Dengan melihat transaksi perusahaan juga tergantung tujuannya. Inilah beberapa uraian mengenai jenis transaksi dengan tujuan yang dimiliki oleh perusahaan:

Transaksi Bisnis

Transaksi dalam bisnis ini berhubungan langsung dengan berbagai macam kegiatan usaha pada perusahaan. Transaksi ini biasanya mulai dari pembelian bahan baku, melakukan pembayaran karyawan, pembelian mesin produksi dan lain sebagainya.

Transaksi berfungsi untuk menjalankan kegiatan di dalam perusahaan agar tetap produktif. Dengan demikian mampu mendukung semua aktivitas pada transaksi bisnis.

Transaksi Non Bisnis

Transaksi keuangan perusahaan yang bisa dilakukan dengan sistem non bisnis. Tujuan adanya jenis transaksi non bisnis berguna untuk membuat citra lebih baik di mata publik.

Seperti halnya pada perusahaan yang sedang mengikuti program donasi dan pemberdayaan panti asuhan. Perusahaan harus melakukan hal ini sebagai bentuk pengabdiannya dalam membantu antara sesama.

Transaksi untuk Urusan Secara Pribadi

Salah satu jenis transaksi keuangan yang berada di luar urusan kegiatan bisnis pada sebuah perusahaan. Hal ini seperti perayaan ulang tahun bagi keluarga dan kegiatan lainnya.

Bukti Transaksi Perusahaan

Bukti transaksi perusahaan dibagi menjadi dua yakni bukti internal dan juga bukti eksternal. Berikut inilah penjelasan bukti transaksi perusahaan:

Bukti Transaksi Internal

Bukti transaksi hadir berfungsi untuk mengurus kepentingan di dalam internal perusahaan serta dibuat sendiri dari perusahaan. Contoh bukti transaksi internal ini seperti halnya bukti kas masuk, bukti kas keluar dan memo.

Bukti kas masuk pada saat perusahaan ini menerima sejumlah uang secara tunai dan bukti kas keluar digunakan oleh perusahaan untuk kewajiban seperti halnya membayar karyawan, membayar hutang perusahaan dan lain sebagainya. Sementara itu untuk bukti transaksi biasanya digunakan untuk melakukan transaksi bonus yang dibagikan antar divisi ataupun manajer perusahaan.

Bukti Eksternal

Jenis bukti transaksi eksternal yang biasanya digunakan untuk melakukan kegiatan transaksi bersama dengan pihak lain berada di luar perusahaan. Berikut inilah beberapa jenis bukti kegiatan transaksi yang dilakukan secara eksternal;

  • Kwitansi
  • Faktur
  • Cek
  • Bilyet giro
  • Nota
  • Rekening koran
  • Nota debit
  • Nota kredit

Demikianlah beberapa uraian penjelasan mengenai transaksi keuangan perusahaan yang memiliki berbagai macam jenis dalam penggunaannya. Transaksi keuangan yang dilakukan ini mampu mendukung semua kegiatan perusahaan bisa berjalan dengan lancar dengan tersedianya bukti transaksi internal dan eksternal.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Instagram