Investasi Apartemen

Apa keuntungan investasi apartemen? Tingginya minat pada apartemen menjadikan peluang besar bagi para investor yang ingin melakukan investasi. Banyak sekali yang membelinya sebagai investasi apartemen yang mendapatkan keuntungan berlipat.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Hunian dalam bentuk vertikal ini menjadi properti yang menarik dan perlu kamu pertimbangkan untuk menanamkan modal. Pasalnya harga untuk apartemen terus naik seiring berjalannya waktu, kenaikan harganya juga dipengaruhi angka Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP yang sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah.

Keuntungan Investasi Apartemen

Investasi Apartemen

Menanam aset properti pada apartemen menjadi salah satu bentuk yang dapat kamu pilih sekarang ini. Jika kamu merasa bingung dalam memilih penanaman modal untuk rumah atau apartemen, tidak ada salahnya untuk mencoba apartemen.

Kamu akan merasakan keuntungan yang banyak, di antaranya:

1. Permintaan dari peminat sangat tinggi

Sudah dibahas sebelumnya bahwa permintaan untuk tinggal di apartemen sangat tinggi, bahkan tersedianya apartemen tidak secepat dengan permintaan yang ada. Kondisi seperti ini bisa membuat penanaman modal untuk apartemen lebih prospektif dan jika dibandingkan dengan membeli rumah.

Keuntungan dalam penanaman modal apartemen dapat diperoleh dengan cara menyewakan ataupun menjual kembali kepada pihak lain. Caranya dengan menyimpan terlebih dahulu dalam beberapa tahun maka harganya akan naik secara signifikan.

2. Jangka waktu sewa di batas menengah

Jika kamu membeli apartemen untuk disewakan dikemudian hari maka keuntungannya bisa didapatkan dengan kisaran cukup besar. Pasalnya rata-rata dari jangka waktu sewa apartemen pada batasan menengah yakni kurang lebih 2 hingga 3 tahunan.

Apabila masa sewanya yang lama sudah berakhir, maka kamu bisa menawarkannya pada penyewa baru agar bisa mendapatkan keuntungan lebih. Sebab sewa apartemen bisa terus dilanjutkan secara terus-menerus.

3. Resiko apartemen kosong sangat rendah untuk investasi

Permintaan apartemen yang tinggi khususnya di kota besar membuat resiko untuk hunian kosong itu sangat rendah. Mengingat semakin tahun banyak yang membutuhkan hunian untuk tempat tinggal.

Terlebih lagi jika melakukan pembelian apartemen yang sudah dilakukan pengembangan pada lokasi strategis serta dilengkapi dengan adanya fasilitas internal secara lengkap. Dengan begitu kamu tidak perlu repot untuk menawarkan apartemen agar bisa disewakan.

4. Lebih ramah lingkungan

Membeli apartemen tipe unit studio memang dianggap lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan tipe unit yang lain. Jika ditelusuri lebih dalam lagi, penggunaan energi untuk jenis apartemen studio sangat minim dan kamu hanya membutuhkan 1 air conditioner saja.

Penggunaan energi yang sangat minim ini justru akan menarik minat para penyewa apartemen karena peduli terhadap lingkungan. Sehingga kemungkinan untuk apartemen laku kepada penyewa ini sangat besar.

Resiko Penanaman Modal apartemen

Setelah kamu mengetahui beberapa keuntungan dari investasi untuk apartemen. Kamu juga perlu mengetahui resiko dan kerugian yang dapat diminimalisir ketika melakukan pembelian apartemen untuk disewakan ataupun dijual kembali.

Berikut inilah beberapa hal mengenai resiko atau kerugian dengan membeli apartemen:

1. Harus mengeluarkan biaya bulanan

Ketika kamu melakukan penanaman modal untuk rumah maka harus mempersiapkan dana yang tidak terduga seperti halnya biaya perbaikan atas kerusakan. Sedangkan penanaman modal untuk apartemen mengharuskan kamu agar menyiapkan dana bulanan yang berguna sebagai maintance fee, parkir, sinking fund dan lain sebagainya.

Dari beberapa pengelola apartemen memasukkan biaya untuk melakukan renovasi serta dekorasi apartemen pada biaya bulanannya. Sehingga pemberi sewa juga perlu menginformasikan hal seperti ini kepada pihak yang menyewa apartemen.

2. Apartemen batal bangun

Resiko terbesar yang akan dialami oleh investor untuk membeli apartemen sebagai hunian ataupun aset investasi yakni batalnya pembangunan. Hal yang diluar dugaan seperti ini bisa saja terjadi sewaktu-waktu sebab biasanya para developer akan menawarkan unitnya sebelum dilakukan pembangunan apartemen.

Tidak jarang juga para investor menanggung kerugian karena pembatalan atas pembangunan apartemen. Pembatalan bisa terjadi karena pihak pengembang memang sudah bermasalah dan penting sekali sebagai investor untuk melakukan pelacak jejak rekamnya.

3. Perawatan gedung tergantung dari pihak pengelola

Tidak sama dengan rumah yang mana perawatannya tergantung dari pihak pemilih, namun apartemen perawatannya dari pengelola gedung. Apabila pengelolanya gedung cukup buruk dalam melakukan pengelolaan yang menjadi tugasnya ini cukup buruk maka besar kemungkinan berimbas besar pada apartemen kamu.

Sehingga penting untuk kamu memastikan pengelolanya gedung mampu melakukan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab. Jangan sampai nanti calon penyewa mengurungkan niatnya untuk menyewa apartemen karena dianggap kurang perawatan.

4. Bunga Kredit Pemilikan apartemen naik

KPA atau Bunga Kredit Pemilikan apartemen merupakan program kredit untuk mereka yang ingin membeli apartemennya. Meskipun sistemnya kredit ini melalui program KPA dapat memberikan kemudahan bagi kamu untuk memiliki apartemen namun resikonya perlu kamu ketahui dari awal.

Di 3 bulan pertama jumlahnya angsuran kemungkinan memang cukup rendah, akan tetapi akan jauh lebih meningkat pada bulan berikutnya. Hal seperti ini bisa terjadi karena jumlah angsuran disertai dengan suku bunga yang mana besarannya tidak tetap.

Cara Memilih Investasi untuk apartemen

Dengan kamu mengetahui keuntungan dan resiko yang akan dihadapi dalam membeli apartemen. Maka kamu tidak bisa sembarang menggunakannya sebagai bentuk penanaman modal.
Inilah cara untuk membeli apartemen sebagai penanaman modal:

1. Memastikan lokasi apartemen cukup strategis

Pemilihan lokasi menjadi kunci utama dalam pembelian apartemen yang menggunakan sistem kredit dari program KPA. Sistem kredit dari program KPA akan memudahkan kamu dalam memilih apartemen dan pastikan memilih apartemen yang memiliki lokasi strategis di mana akan menambah nilai jual.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk apartemen yang akan dijual atau disewakan saja. Namun juga untuk tempat hunian kita sendiri.

2. Mempertimbangkan fasilitas internal dengan kebutuhan pasar

Penting sekali membeli apartemen yang memiliki fasilitas lengkap sesuai dengan kebutuhan. Apartemen biasanya memiliki target pasarnya, sehingga tersedianya fasilitas akan menjadi daya tarik pembeli atau penyewa.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah beberapa uraian tentang investasi untuk apartemen yang dapat kamu pelajari. Penanaman modal dapat memberikan keuntungan lebih ketika apartemen disewakan atau dijual kembali.

Instagram