Kamu wajib tahu soal jenis mahar pernikahan, kenapa? Mahar merupakan kewajiban pertama suami terhadap isitrinya pada ajaran agama Islam. Dalam Agama islam ketika melangsungkan pernikahan pihak laki-laki berkewajiban untuk menyerahkan mahar.

Pemberian mahar ini tertulis dalam Al Quran Surat An-Nisa ayat 4 yang artinya “berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi sebagai pemberian penuh kerelaan.”

Mahan diberikan olehj pihak laki-laki sebagai sebuah tanda keseriusan seorang lelaki untuk menikahi wanita yang dipinangnya.

Jenis Mahar Pernikahan

Jenis-jenis Mahar Pernikahan

Jenis Mahar pernikahan terdapat dua jenis, dimana hal ini sudah disepakati oleh ulama fiqih. Jenis-jenis mahar pernikahan yang dimaksud adalah:

1. Mahar Musamma

Mahar Musamma adalah mahar yang sudah jelas dan pada akan sudah ditetapkan. Dengan kata lain mahar musamma merupakan mahar yang kadarnya sudah disepakati antara suami dan istri.

Menurut Para Ulama membayar mahar akan menjadi wajib hukumnya apabila telah berkhalwat atau berdua-duan. Mahar akan menjadi wajib meskipun pernikahan hancur yang disebabkan karena sudah bersenggama.

Tapi jika perceraian terjadi namun belum saling bercampur. Maka kewajiban suami hanya membayar setengah mahar saja.

Penjelasan ini tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 237 yang artinya:

“Jika kamu menceraikan istri-istrimu sebelum kamu bercampur dengan mereka, padahal sesungguhnya kamu sudah menentukan maharnya, maka bayarlah seperdua dari mahar yang telah kamu tentukan itu, kecuali jika isteri-isterimu itu memaafkan atau dimaafkan oleh orang yang memegang ikatan nikah, dan pemaafan kamu itu lebih dekat kepada takwa. Dan janganlah kamu melupakan keutamaan di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Melihat segala apa yang kamu kerjakan.”

2. Mahar Mitsil

Mhar mitsil merupakan jumlah dan bentuk maharnya diterima oleh pihak keluarga istri dimana jumlah dan bentuknya tidak ditentukan sebelum akad berlangsung.

Dalam Jurnal Konsep Mahar Dalam Pespektif Fikih dan Perundang-undangan yang diterbitkan oleh Komisi Yudisial. Mahar Mitsil juga disebut dengan mahar diqiaskan atau disamakan dengan kedudukan mahar perempuan pada lingkungan keluarganya, misalnya seperti adik dan kakanya.

Mahar ini juga sering disebut mahar yang disamakan dengan mahar perempuan lain yang serasi dengan kedudukannya di dalam masyarakat.

Nilai Mahar Pernikahan

Islam yang memuliakan wanita. Oleh karenanya mahar merupakan tanda dalam islam bahwa wanita adalah makhluk yang wajib unutk diharga dan memiliki hak untuk mempunyai harta sendiri.

Nah, yang sering ditanyakan oleh banyak pasangan diluaran sana adalah berapa nilai minimal mahar yang harus diberikan kepada pasangannya.

Beberapa sumber menjelaskan bahwa minimal dan maksimal dari mahar tidak dibatasi jumlahnya. Namun ada juga yang berpendapat bahwa mahar memiliki nilai minimal.

Dari perbedaan pendapat tentang nilai mahar dapat disimpulkan yaitu madzhab syafi’i tidak membatasi tentang jumlah mahar. Menurut pendapat madzhab syafi’i bahwa semua barang yang bernilai dan bisa diperjual belikan bisa dijadikan mahar untuk pasangan yang ingin menikah, pada hari pernikahannya.

Syarat-syarat Mahar

Barang yang dapat dijadikan mahar harus memenuhi beberapa persyaratan. Agar barang tersebut sah disebut mahar.

Berikut adalah beberapa barang yang dapat dijadikan mahar yaitu:

Barang berharga yang bernilai

Dan harta berharga yang tidak berharga tidak sah untuk dijadikan maskawin atau mahar. Apabila jumlah mahar sedikit akan tetapi memiliki nilai, maka barang yang diberikan tersebut tetap sah dan dapat disebut mahram oleh karenanya tidak ada ketentuan untuk besar kecilnya mas kawin atau mahar.

Barang suci dan bermanfaat

Barang yang dijadikan mahar tidak boleh merupakan barang haram seperti khar, babi, atau barang lainnya yang dianggap haram dan tidak memiliki nilai. Jika itu dijadikan mahar atau maskawin maka barang tersebut tidak sah dijadikan mahar atau mas kawin.

Bukan Barang Ghasab

Gahasab memiliki arti mengambil barang milik orang lain, tanpa sepengetahuan dan izin dari orang tersebut. Akan tetapi barang yang diambil akan dikembalikan kembali. Nah, mahar dengan barang ghasab tidak akan sah dan menyebabkan akadnya juga tidak sah.

Bukan barang yang tidak jelas keadaannya

Barang yang dijadikan mahar harus memiliki keadaan yang jelas. Apabila barang tersebut tidak jelas keadaanya atau ketika akad tidak disebutkan jenis barangnya, maka barang yang dijadikan mahar tersebut tidak sah dijadikan mahar.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Ide Pembuatan Mahar Pernikahan

Nah, kamu sudah tau bukan jenis-jenis mahar serta penjelasan tentang mahar pernikahan. Kini kamu harus punya referensi ide-ide pembuatan mahar ya, biar kamu ada referensi mau membuat mahar seperti apa, silahkan disimak dengan baik!

1. Kolase

Kolase dapat dijadikan mahar atau maskawin, kolase merupakan mahar yang sering dipakai dan paling sederherna dalam kebanyakan pernikahan.

Kamu bisa membuat gambar yang kamu inginkan dengan menggunakan uang kertas, lalu uang kertas tersebut kamu bentuk seperti gambar yang kamu mau pada bidang kertas tersebut. Untuk mempercantik dan menambahkan warna pada mahar. Kamu bisa menambahkan hiasan bunga dan bingkai agar mas kawin kamu menjadi cantik.

2. Uang Koin

Uang koin juga bisa menjadi kreasi mahar kamu loh. Meskipun biasanya uang koin hanya dijadikan aksesoris pada dekorasi mahar, contohnya untuk membuat tanggal pernikahan dengan membentuknya dengan uang koin.

Ide lainnya mahar dengan menggunakan uang koin kamu bisa membuat sketsa wajah dari uang koin. Sehingga akan terkesan sangat romantis dan intim.

3. Frame Bouquet

Sekarang rasanya sudah sangat umum sekali jika memberikan uang kertas begitu saja. Biar terkesan lebih kreatif dan lebih membuat kesan yang dalam kamu bisa membuat mahar kamu dengan uang yang dirangkai menjadi bunga seperti bouquet.

Biar warnanya menarik kamu bisa kombinasikan warna pastel dengan warna putih agar manis dan mewah. Untuk membuat kreasi mahar pernikahan satu ini sangat mudah sekali kamu bisa membeli seikat bunga segar, kemudiaan uang kertas yang akan kamu jadikan mahar kamu gulung-gulung lalu diselipkan pada bunga-bunga tersebut.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah Pembahasan jenis-jenis mahar pernikahan. Sekarang kamu sudah tau kan tentang nilai mahar, syarat mahar, serta ide kreasinya.

Instagram