Contoh Kata Pengantar Makalah

Dalam pembuatan karya tulis biasanya banyak di antara mereka yang mencari contoh kata pengantar makalah. Karya tulis memang tidak akan lepas dengan pembuatan kata pengantar sebagai pembukaan dari hasil tulisan di dalamnya.

Kata pengantar berisi tulisan yang di dalamnya telah terdapat pengantar atas karya tulis yang dibuat untuk kepentingan akademik. Penulisan kata pengantar sangat penting karena kehadirannya sebagai pembuka ketika orang lain membaca tulisan kamu.

Apa itu Kata Pengantar?

Kata pengantar merupakan bagian dari karya tulis ilmiah yang terdapat ungkapan rasa syukur serta terima kasih dari penulis karya tersebut. Pada umumnya kata pengantar berada di awal pembuatan karya tulis sebelum daftar isi.

Di dalam kata pengantar ini terdapat sejumlah bagian penting seperti halnya pembukaan, isi dan penutup. Isi dari kata pengantar berupa hal yang telah dilalui oleh penulis selama pembuatan karya sampai bisa menyelesaikan tulisannya dengan tercantum pihak yang membantu dalam menyusun karya.

Fungsi Kata Pengantar

Sebenarnya contoh kata pengantar makalah tidak hanya ucapan rasa syukur dan juga terima kasih saja. Akan tetapi di dalamnya ada gambaran secara umum mengenai karya yang telah dituliskannya agar bisa meningkatkan minat pembaca.

Maka dari itu kata pengantar dapat menarik perhatian serta membuatnya semakin ingin melihat isi dari karya tulisnya. Makin menarik kamu membuat uraiannya maka makin besar peluang kemungkinan untuk bisa menimbulkan rasa penasaran dari para pembacanya.

Bagian Kata Pengantar

Kata pengantar sebagai pendahuluan berisi pandangan umum sangat singkat namun jelas untuk pembukaan dalam pembuatan karya tulis. Kata pengantar ini terbagi menjadi 3 bagian yakni pembukaan, isi, penutup.

Berikut inilah uraian dari ketiga bagian kata pengantar yang dapat kamu ketahui:

Bagian pembukaan

Dalam bagian contoh kata pengantar makalah yang satu ini di bagian pembukaan berada di paragraf pertama sampai kedua dari penulisan kata pengantar makalah. Di bagian inilah kamu dapat menuliskan ucapan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas selesainya karya dari penulis dalam pembuatan makalah.

Bagian isi

Di bagian isi ini berisikan adanya gambaran yang berkaitan dengan isi dari pembuatan makalah tersebut. Dari pihak penulis akan menyebutkan apa judul karya tulisnya yang dibuat dalam bentuk makalah itu.

Penulis biasanya juga akan menyebutkan nama dari orang terdekat yang telah berkontribusi untuk menyelesaikan karya tulisnya. Bagian isi ini memberikan gambaran secara singkat apa sebenarnya pembahasan dari karya tulis yang telah dibuat.

Bagian penutup

Di bagian penutup ini berisi permohonan maaf serta harapan yang diungkapkan oleh penulis dari pembuatan karya tulis makalah tersebut. Dalam ungkapan permohonan maaf biasanya ditujukan untuk di kemudian hari jika nantinya ditemukan beberapa kesalahan atas penulisan karya tulis makalah tersebut.

Bagian penutup juga menyampaikan untuk menerima kritik dan saran yang membangun untuk pembuatan karya tulis makalah selanjutnya. Penulis juga menyampaikan harapan yang baik mengenai karyanya untuk di masa mendatang jika nantinya akan membuat makalah lagi.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol

Contoh Kata Pengantar Makalah

Dengan kamu mengetahui pengertian dari kata pengantar, selanjutnya perlu untuk memahami tentang apa saja struktur yang ada dalam kata pengantar. Hal itu dapat kamu lihat melalui contoh kata pengantar sebagai bahan referensi untuk kamu membuat pembukaan dari karya tulis makalah.

Berikut inilah beberapa contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu ketahui apa saja struktur di dalamnya:

Contoh kata pengantar makalah tugas kuliah

Puji Syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah dengan judul Tingkat Ketersediaan Pangan Nasional dapat terselesaikan dengan baik sampai selesai. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih banyak atas bantuan dari beberapa pihak yang sudah turut berkontribusi dalam memberikan sumbangsih baik materi ataupun pikiran.

Penyusunan makalah bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah. Selain itu juga pembuatan makalah mempunyai tujuan untuk menambahkan wawasan dan pengetahuan pada pembaca nantinya.

Dengan keterbatasan pengalaman serta pengetahuan kami dan masih banyak kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Maka dari itu kami juga menerima kritik saran yang membangun dari para pembaca untuk memperbaikinya pada karya tulis makalah selanjutnya dan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, semoga makalah ini bisa menambahkan ilmu pengetahuan, wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca semua.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Puji Syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Karunia-Nya pada penulis serta kekuatan dalam menyelesaikan skripsi dengan judul “Selektivitas Konten Online Media Suarakumandang.com.

Tidak lupa juga penulis ucapkan shalawat serta salam pada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

Dalam penyelesaian tulisan skripsi ini tidak lepas dari bantuan sejumlah pihak yang terkait baik secara langsung ataupun tidak langsung, terutama dan yang teristimewa untuk dipersembahkan pada kedua orang tua penulis. Kepada Ayah Sumaidi dan Ibu Nurmati tercinta yang senantiasa telah memberikan rasa sayangnya, didikan, materi dan doa yang selalu dipanjatkan pada Allah untuk penulis.

Skripsi disusun oleh penulis guna memenuhi syarat untuk menyelesaikan pendidikan Sarjana Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Penulis berharap, dengan pembuatan skripsi ini bisa menambahkan referensi pembaca khususnya di kalangan mahasiswa yang juga kalangan umum. Penulis juga menyadari bahwasannya untuk proses pembuatan skripsi ini juga melibatkan banyak pihak bisa sampai selesai. Maka dari itu saja ucapkan terima kasih kepada:

Di dalam pembuatan skripsi sudah dilakukan semaksimal mungkin dengan usaha yang ada. Akan tetapi tentu masih banyak kekurangan serta keterbatasan dari penulis untuk penulisan karya ilmiah ini. Maka dari itu diharapkan untuk memberikan kritik dan saran yang membangun dalam demi kesempurnaan skripsi ini. Semoga bermanfaat.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai contoh kata pengantar makalah yang dapat kamu ketahui. Dalam pembuatannya bisa dengan mengetahui bagian yang ada pada kata pengantar.