[:id]Studi di Perancis[:]

Perancis merupakan negara di dataran Eropa yang begitu magis. Mulai dari sejarah, budaya, makanan, hingga perkebunan anggurnya menjadi daya tarik yang tak pernah ada habisnya sehingga turis pun tak pernah sepi berkunjung. Adapun menurut laporan yang dipublikasikan di World Tourism Organization, Perancis menjadi negara dengan jumlah wisatawan paling banyak di dunia untuk tahun 2018 dengan total mencapai 89 juta pengunjung.

Selama beberapa tahun terakhir, negara asal Napoleon Bonaparte ini juga menjadi negara favorit bagi para pelajar internasional untuk menempuh studi. Hal ini disebabkan oleh kualitas pendidikan yang baik dan biaya yang relatif terjangkau dibandingkan beberapa negara maju lainnya di Eropa.

Persiapan Penting Sebelum Studi Perancis

Studi di Perancis
Studi di Perancis

Perancis memiliki kultur yang berbeda dengan Indonesia. Oleh karena itu, ada beberapa persiapan paling dasar yang perlu Anda siapkan sedini mungkin sebelum memulai studi di Perancis.

Kemampuan Berbahasa

Studi di Perancis
Kemampuan Berbahasa

Wajibkah setiap orang yang akan menempuh studi baik jenjang sarjana, master, maupun doktoral di Perancis mampu berbahasa Perancis? Sebenarnya, hal ini sangat bergantung pada institusi pendidikan yang dipilih. Setiap universitas mempunyai standar masing-masing apakah program yang ditawarkan menggunakan pengantar dalam bahasa Perancis atau Inggris.

Jika kampus pilihan Anda menggunakan pengantar dalam bahasa Perancis, tentu ada standar yang ditetapkan. Adapun standar kemampuan berbahasa Perancis diukur dari sertifikat DELF (Diplôme d’Etudes en Langue Française), yakni sertifikasi kemampuan berbahasa Perancis yang diselenggarakan oleh CIEP (Centre international d’Etudes Pedagogique) di bawah wewenang Kementerian Pendidikan Perancis.

Di Indonesia, lembaga yang berhak untuk mengadakan ujian sertifikasi DELF hanyalah IFI (Institut Français Indonésie). Keberadaan institusi ini terbilang cukup terbatas sebab hanya ada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Pengantar studi dalam bahasa Perancis paling banyak diwajibkan untuk tingkat sarjana dengan level DELF adalah B2 (intermediate lanjut). Sementara itu, secara umum program master dan doktoral lebih banyak menggunakan pengantar dalam bahasa Inggris yang mensyaratkan sertifikasi TOEFL atau IELTS. Walau demikian, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa program sarjana yang menggunakan pengantar bahasa Inggris dan program master serta doktoral yang membutuhkan sertifikasi DELF dengan level tertentu bagi calon mahasiswanya.

Sebagai catatan, berikut adalah informasi mengenai level DELF:

  • A1       : Dasar
  • A2       : Dasar lanjut
  • B1       : Intermediate
  • B2       : Intermediate lanjut
  • C1        : Mahir
  • C2        : Otonom

Terlepas dari keperluan untuk studi, mampu berbahasa Perancis juga merupakan kebutuhan. Perancis merupakan salah satu negara dengan penduduknya yang jarang menggunakan bahasa lain termasuk Inggris dalam komunikasi sehari-hari.

Rekening Bank Perancis

Memiliki rekening bank lokal Perancis harus menjadi prioritas utama Anda. Hal ini akan menghindarkan Anda dari membengkaknya biaya-biaya yang tak diharapkan karena terjadinya transaksi asing termasuk penarikan uang tunai dari ATM walau kini telah ada beberapa layanan aplikasi transfer uang internasional yang akomodatif.

Anda dapat membuka akun bank di bank mana saja yang berada di Perancis. Namun perlu diperhatikan, membuka rekening bank di Perancis hanya dapat dilakukan jika sebelumnya sudah memiliki janji temu. Walau begitu, jika Anda mengalami kendala dalam membuka akun rekening di Perancis, negara ini memiliki prosedur yang dinamakan ‘hak akun’. Prosedur ini memungkinkan bank Perancis menunjuk sebuah bank yang diwajibkan membantu Anda untuk membuat rekening bank.

Mengenai bank apa yang akan Anda pilih, perbanyaklah mencari referensi. Bandingkan penawaran yang diberikan oleh masing-masing bank berikut kekurangan dan kelebihannya sesuai dengan kemampuan maupun kebutuhan Anda. Adapun beberapa dokumen yang akan Anda perlukan untuk membuka rekening bank di Perancis adalah berupa identitas diri (paspor), kartu mahasiswa (atau surat sah lain yang menyatakan Anda menempuh studi di institusi di Perancis), dan bukti alamat tempat tinggal (dapat menggunakan alamat layanan Hubungan Internasional alias IO kampus jika masih belum memiliki tempat tinggal permanen).

Asuransi Kesehatan

Studi di Perancis
Asuransi Kesehatan

Sebagai mahasiswa dari negara di luar Uni Eropa, Anda diwajibkan melakukan pendaftaran sistem asuransi kesehatan Perancis. Pendaftaran ini bersifat gratis dan dilakukan secara online. Dengan mendaftar program asuransi ini, Anda berhak mendapat penggantian biaya kesehatan selama menjalani studi di Perancis.

Bila visa yang Anda gunakan untuk studi adalah visa jangka panjang, maka Anda akan memperoleh Carte Vitale. Hak ini akan didapat setelah Anda melakukan validasi izin tinggal. Sementara itu bila visa yang Anda gunakan untuk studi adalah VLS-T, maka Anda tidak akan mendapatkan Carte Vitale. Walau begitu, Anda tetap dapat memanfaatkan dukungan biaya kesehatan selama berada di Perancis.

Biaya Kontribusi Kehidupan Mahasiswa dan Kampus

Biaya ini sering dikenal dengan istilah CVEC (Contribution Vie Etudiante et de Campus). CVEC wajib dibayarkan oleh setiap mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa tahun pertama di institusi pendidikan tinggi swasta maupun negeri di Perancis. Adapun biaya ini mencakup fasilitas penerimaan siswa dan dukungan sosial, budaya, kesehatan, dan olahraga mahasiswa.

Namun, CVEC juga memiliki pengecualian. Bila Anda termasuk dalam satu dari beberapa kategori ini, maka Anda hanya perlu untuk melakukan akses dan validasi pembebasan biaya tanpa harus membayar CVEC.

  • Penerima beasiswa dengan kriteria sosial yang dikelola oleh CROUS.
  • Penerima beasiswa yang dibayarkan oleh daerah tertentu.
  • Penerima manfaat status pengungsi atau perlindungan subsidi.
  • Terdaftar sebagai pencari suaka dan berhak tinggal di Perancis.

Informasi Wilayah Setempat

Perancis memiliki banyak kota lainnya selain Paris. Masing-masing wilayah ini pun mempunyai karakter dan budaya yang berbeda. Seperti contoh, orang-orang yang berada di kawasan selatan Perancis cenderung lebih terbuka karena cukup banyak dipadati imigran, sedangkan wilayah pusat kota seperti Paris justru sangatlah terbuka.

Kawasan tengah Perancis juga relatif terbuka walau tak sehangat dua wilayah sebelumnya. Namun jika Anda berada di kawasan barat Perancis, jangan terlalu kaget melihat karakter orang-orangnya yang cenderung lebih sombong, rasis, dan kebanggaan yang sangat tinggi terhadap identitas mereka. Walau demikian, hal ini tak selalu bersifat mutlak.

Di samping tentang hubungan sosial budaya, perbanyak pula informasi pendukung lainnya. Mengenai biaya hidup misalnya, Paris mempunyai angka yang terbilang sangat tinggi dibandingkan kota-kota lainnya. Mengingat Anda akan menghabiskan waktu yang tidak sebentar untuk menempuh studi, persiapan semacam ini sebaiknya benar-benar disiapkan dengan matang.

Berburu Tempat Tinggal

Banyak universitas di Perancis yang menawarkan akomodasi untuk mahasiswa. Namun isu umum bahwa akomodasi penginapan dari pihak kampus yang kurang nyaman juga bukannya tak terjadi di Perancis meski tidak seluruhnya memiliki kondisi demikian. Karena itu, cari info seakurat mungkin tentang penawaran tersebut.

Sebagai alternatif, Anda dapat mencari akomodasi lain di luar fasilitas kampus seperti di www.leboncoin.fr, www.seloger.fr, dan www.appartager.fr. Properti yang ditawarkan tak hanya berupa kamar untuk satu orang, tetapi juga jenis flat-shares dan spare rooms. Namun untuk mendapat harga terbaik dan masih banyaknya pilihan unit yang tersedia, lakukan pencarian dan pemesanan dari jauh-jauh hari hingga beberapa bulan sebelum kedatangan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa beberapa jenis properti tersebut juga mensyaratkan adanya garant. Garant merupakan orang (biasanya warga negara Perancis) yang dapat menjamin penyewaan unit tersebut. Salah satu solusi bila tak ada kerabat atau orang terdekat yang dapat memberikan garant adalah dengan meminta kesediaan profesor atau pembimbing.

Namun bila hal ini tak memungkinkan, Anda juga dapat melakukan nego kepada penyedia akomodasi. Faktanya tak sedikit mahasiswa yang mendapat kesempatan menyewa hunian walau tidak memiliki garant. Kendati demikian, kompensasi yang diberikan adalah penyewa membayar deposit lebih banyak.

Tips Berhemat Ala Mahasiswa di Perancis

Meski terlihat begitu mewah dan eksklusif, menjalani hidup dengan pengeluaran yang tak mencekik di Perancis juga sangat memungkinkan. Walau hal ini kembali pada gaya hidup masing-masing individu, setidaknya beberapa tips berhemat bagi mahasiswa di Perancis ini dapat menjadi referensi bagi Anda.

Berada di Lokasi yang Berada Jauh dari Paris

Salah satu hal pertama yang sangat dapat Anda antisipasi sedari awal adalah memilih lokasi studi. Ada sangat banyak pilihan kampus bergengsi yang tak berada di Paris, sehingga biaya untuk hidup pun dapat ditekan seperti di Lyon dan Cannes.

Namun jika Anda sudah terlanjur terdaftar di kota-kota yang memiliki biaya hidup tinggi seperti Paris, tak perlu menyesal. Ada beberapa cara lain yang dapat Anda maksimalkan sehingga biaya hidup di Perancis tidak begitu tinggi.

Kuliah di Perancis Sebelum Usia 26 Tahun

Anda yang berusia di bawah 26 tahun mempunyai banyak benefit saat menempuh studi di Perancis. Ada banyak diskon yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki International Youth Travel Card. Beberapa keunggulan kartu ini antara lain potongan harga di restoran dan bebas tiket masuk ke berbagai galeri, museum, tempat-tempat bersejarah, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga berhak memiliki kartu Navigo dengan keuntungan diskon sebesar 50%. Kartu Navigo merupakan kartu pintar yang dapat diisi ulang untuk keperluan transportasi Anda berupa bus, metro, RER, dan kereta antarkota. Adapun proses pengajuan fasilitas ini rata-rata mencapai 3 hingga 4 minggu.

Mengajukan CAF

Studi di Perancis
CAF

Untuk menghemat anggaran tempat tinggal, Anda dapat menggunakan fasilitas CAF (Caisses d’Allocations Familiales). Anda bisa melakukan pengajuan dengan mengisi formulir permohonan secara online di situs resmi CAF. Setelah itu, tanda tangani dokumen yang tercetak untuk kemudian diserahkan pada bagian sekretariat residen. Sekretariat residen kemudian akan mengirim berkas Anda kepada CAF.

Bila pengajuan diterima, Anda akan memperoleh surat resmi dari CAF yang berisi sejumlah bantuan sewa tempat tinggal yang diberikan. Besarnya nominal setiap pemohon tidaklah sama, tetapi mahasiswa pemohon yang berstatus penerima beasiswa mendapat jumlah yang lebih besar dibandingkan mahasiswa pemohon tanpa beasiswa.

Skema pencairan dana CAF juga tak selalu sama, tergantung kesepakatan di awal. Pencairan dapat diberikan secara langsung kepada pihak residen sehingga pemohon hanya perlu membayar biaya sewa yang sudah dikurangi oleh dana bantuan CAF. Namun, pencairan juga dapat diberikan utuh ke rekening pemohon.

Selektif Memilih Tempat Makan

Studi di Perancis
Memilih tempat makan

Pilihan paling aman adalah dengan memasak sendiri. Namun dalam kondisi yang tak memungkinkan, Anda bisa memilih makan di restoran atau tempat makan yang tidak ramai oleh turis. Mengingat sebagian besar tempat semacam ini semua menggunakan bahasa Perancis, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu menguasai bahasa Perancis.

Opsi lainnya adalah makan di kantin universitas. Biayanya yang murah memungkinkan Anda untuk tetap kenyang dan makan sepuasnya dengan paket 4 sehat 5 sempurna.

Aplikasi yang Perlu Dimiliki Saat Studi di Perancis

Untuk mempermudah kehidupan Anda selagi menjalani studi di Perancis, manfaatkan berbagai kemudahan yang kini hadir dalam bentuk aplikasi. Paling tidak, pastikan 4 aplikasi yang wajib kamu miliki saat studi Perancis ini terpasang di ponsel.

Transfez

Selama beberapa tahun menjalani studi di Perancis, tidak akan mungkin Anda sama sekali tak melakukan transfer uang dari Indonesia ke Perancis. Untuk memenuhi kebutuhan ini Anda dapat menggunakan Transfez.

Transfez yang telah memiliki izin dari Bank Indonesiamenyediakan layanan paling mudah dan nyaman untuk transfer uang ke mancanegara. Dengan menggunakan Transfez, Anda dapat menghemat biaya remitansi hingga 91%. Seluruh biaya transfer dan nilai kurs di Transfez semuanya bersifat transparan sehingga Anda tak pelu takut akan adanya hidden fee. Selain itu, tentu saja, exchange rate di Transfez juga sangat bersaing.

Prosedur pengiriman uang menggunakan Transfez juga sangat mudah. Setelah mengunduh dan mendaftarkan diri, Anda dapat langsung menggunakan kalkulator cerdas untuk mengetahui perhitungan biaya transfer berikut estimasi kapan uang yang dikirim akan sampai. Setelah itu, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi, memasukkan informasi penerima dana, dan melakukan pembayaran ke rekening lokal Transfez baik melalui internet banking maupun ATM. Mudah, bukan?

Dengan adanya aplikasi transfer uang internasional seperti Transfez, Anda tak perlu lagi bingung jika harus melakukan transfer uang ke Perancis di mana pun dan kapan pun. Anda juga dapat melakukan remitansi hanya dengan sekali mendaftar sehingga prosedur pengiriman jadi lebih cepat dan praktis.

Brainscape French

Menjadi lancar berbahasa Perancis terutama bila Anda tak terbiasa dengan bahasa ini sejak kecil tentu membutuhkan waktu. Karena itu, memiliki aplikasi bahasa Perancis di ponsel akan sangat membantu Anda dalam berkomunikasi sehari-hari.

Brainscape French memiliki teknologi pembelajaran yang adaptif untuk membantu Anda mengenal ribuan kosakata Perancis berikut pengucapan dan gramatikanya. Dengan demikian, setiap kata dalam bahasa Perancis dapat benar-benar Anda kuasai. Piranti lunak ini juga menggunakan algoritma khusus untuk menghasilkan repetisi yang efektif.

Brainscape French juga mempunyai komponen Sentence Builder. Fitur ini akan sangat membantu Anda dalam menguasai tata bahasa melalui translasi konstan. Selain itu, aplikasi ini juga baru-baru ini menambahkan fitur listening comprehension.

City Mapper

Menggunakan kendaraan bermotor sendiri bukanlah hal terbijak yang dapat Anda lakukan saat menempuh studi di Perancis, Sebaliknya, berjalan kaki dan menggunakan transportasi publik adalah hal yang akan sangat familier bagi Anda dalam menjalani ratusan hari di negara cantik ini.

City Mapper memberikan informasi tentang transportasi dan perjalanan Anda ke setiap sudut kota langkah demi langkah. Aplikasi ini dapat menjadi penasihat Anda saat memutuskan transportasi terbaik apa untuk Anda saat ini. Seperti contoh, dalam rentang waktu yang mepet, cara terbaik saat ini untuk mencapai destinasi yang dapat Anda ambil adalah dengan menggunakan kereta bawah tanah dan bus.

Software ini juga punya banyak fitur seru lainnya. Salah satunya ialah jumlah kalori yang Anda bakar saat menggunakan masing-masing jenis transportasi. Di samping itu, selama terhubung dengan internet, Anda dapat melakukan update secara real time bila ada gangguan atau kendala pada transportasi yang digunakan.

The Fork

Aplikasi yang wajib dimiliki saat studi di Perancis berikutnya adalah the Fork. Aplikasi ini tidak tersedia di seluruh negara. Selain Perancis, The Fork baru dapat ditemui di Spanyol, Denmark, Italia, Portugal, Spanyol, Swiss, Belgia, Belanda, Swedia, Brazil, dan Australia.

The Fork memungkinkanmu untuk melakukan reservasi restoran dengan harga yang lebih murah. Seperti contoh, jika Anda memilih untuk melakukan reservasi makan malam di rentang waktu normal pada satu dari 30.000 mitra yang terdaftar melalui aplikasi The Fork, maka Anda mendapat kesempatan potongan harga 20 hingga 50 persen dari harga semestinya. Sangat lumayan, bukan?

Bonne chance dans vos études!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram