Mengatur Retur

Mengatur retur barang dapat membantu suatu perusahaan untuk terhindar dari sebuah kerugian. Retur barang sendiri pastinya sudah bukan lagi menjadi suatu hal asing dalam bisnis jual dan beli. Terkadang dalam dunia bisnis terjadilah retur barang karena adanya berbagai faktor penyebab.

Retur barang pada dasarnya merupakan suatu proses pengembalian barang oleh konsumen pada pihak penjual. Hal ini biasanya dilakukan karena kondisi barang yang ternyata tidak sesuai dengan harapan konsumen. Tentu saja kondisi ini menimbulkan adanya rasa tidak puas pada pihak konsumen hingga terjadilah proses pengembalian barang.

Umumnya proses retur ini tidak dilakukan secara sembarangan. Sebaliknya proses ini dilakukan dengan melalui beberapa langkah. Apa saja langkah yang harus ditempuh untuk melakukan retur barang bisa disimak di keterangan dan penjelasan di bawah ini.

Mengatur Retur Dengan Info Kebijakan Pengembalian

Proses mengatur retur memang tak jarang dilakukan oleh pihak pembeli atau konsumen. Sekalipun mungkin hal ini tidaklah sering diketahui oleh masyarakat awam. Namun pengembalian produk yang dibeli bisa saja dikembalikan pada toko penjual.

Untuk dapat mengatur berbagai macam retur ini maka Anda selaku pemilik usaha tak perlu bingung. Pertama-tama berikan informasi mengenai kebijakan retur pada pelangan Anda. Ketika pelanggan ingin mengajukan retur maka pastikan untuk menjelaskan kebijakan retur dengan jelas kepadanya. Berikan instruksi tentang apa yang perlu dilakukan seperti melalui formulir online atau menghubungi layanan pelanggan.

Selain itu pastikan untuk menyediakan informasi kontak yang jelas sehingga pelanggan dapat menghubungi Anda dengan pertanyaan atau masalah terkait retur. Kebijakan pengembalian barang ini memang perlu diketahui oleh para pelanggan. Hal ini perlu mencakup informasi seperti jangka waktu untuk mengajukan retur.

Kemudian perlu diinformasikan juga kebijakan mengenai apakah ada biaya restocking atau pengembalian dana dan persyaratan lainnya. Pastikan kebijakan retur ini tercantum dengan jelas di tempat yang dapat diakses oleh pelanggan seperti misalnya pada situs web atau toko fisik.

Baca Juga:

Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke Cina

Identifikasi Alasan Dalam Upaya Mengatur Retur

Sebagai pemilik usaha maka Anda perlu untuk mengidentifikasi alasan mengapa pelanggan ingin mengembalikan barang. Apakah hal tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada barang yang dibeli ataukah karena kesalahan pengiriman. Atau bisa juga berbagai macam alasan lainnya muncul pada pelanggan sehingga kondisi ini memaksanya untuk mengajukan retur barang.

Bisa saja proses pengembalian produk atau baraag ini terjadi bukan oleh satu pelanggan saja melainkan banyak pelanggan. Jika hal ini memang benar-benar terjadi maka bisa saja toko Anda menjadi kewalahan dalam menanggapi hal ini. Untuk itu tentukan dengan benar prosedur pengembalian barang yang sekiranya memang sesuai. Kemudian saat pelanggan ingin mengajukan retur sebaiknya pastikan untuk menjelaskan kebijakan retur secara lebih rinci.

Tak lupa pula untuk pastikan bahwa Anda telah menyediakan informasi kontak yang jelas. Jadi pelanggan dapat menghubungi Anda saat hendak menyetakan pertanyaan atau masalah terkait bagaimana perusahaan Anda mengatur retur.

Mengatur Retur Dengan Efisien

Setelah pelanggan mengajukan retur maka pastikan untuk memprosesnya dengan efisien. Berikan petunjuk tentang bagaimana mereka harus mengirimkan barang yang akan dikembalikan. Misalnya saja seperti menggunakan pengiriman yang dilacak atau pengiriman yang diasuransikan.

Selain itu berikan juga pembaruan tentang status retur kepada pelanggan secara teratur. Hal ini dapat membantu pelanggan bahwa retur mereka sedang diproses. Pelanggan yang sudah tahu dengan jelas aturan mengenai retur mungkin akan tetap mengajukannya jika memang ingin mengganti barang yang dibeli. Maka hal ini perlu ditanggapi dan direspon dengan baik melalui langkah yang benar. Untuk dapat mengatur retur dengan baik, maka sebaiknya lakukan pengembalian produk secara efisien.

Pantau Proses Retur Sebagai Bagian Dari Mengatur Retur Barang

Proses retur barang atau pengembalian barang bagaimanapun juga perlu mendapatkan pengawasan lebih. Setelah pihak pelanggan mengajukan retur barang maka pemilik usaha bisa segera melakukan proses pengembalian barang agar efisien. Ini merupakan salah satu proses mengatur retur yang tidak kalah penting.

Proses ini mungkin memerlukan ketelitian seperti misalnya dalam melakukan packing barang.  Tentunya produk yang akan dikirim kembali ke pelanggan harus dipastikan tingkat keamanannya. Hal ini dapat membantu mengurangi peluang terjadinya retur kembali sehingga pengeluaran bisa lebih dihemat.

Setelah barang dikirim maka perlu dilakukan proses pemantauan proses pengembalian. Anda bisa memperhatikannya dengan cara melakukan pelacakan. Dengan demikian proses pengiriman produk menuju pelanggan bisa dipatikan keamanannya. Jika sampai terjadi masalah maka Anda bisa segera menghubungi pihak pengirim atau kurir. Dengan adanya pemantauan proses pengembalian produk maka kemungkinan besar pelanggan akan merasa puas dengan tanggapan toko.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik
Bisnis Jasa Service AC
Bisnis Jasa Setrika
Bisnis Jasa Kebersihan

Evaluasi dan Memperbaiki Proses Mengatur Retur Barang

Setelah proses retur selesai maka pihak penjual atau pemilik toko dapat melakukan proses evaluasi. Tentu saja proses evaluasi ini sangatlah penting untuk dilakukan. Terlebih lagi proses retur pada dasarnya bukanlah merupakan hal yang mudah dan murah.

Maka dari itu sebaiknya apa yang menjadi kesalahan toko sudah seharusnya dievaluasi. Mulai dari proses penyimpanan sampai dengan distribusi produk perlu diperhatikan. Dengan melakukan evaluasi ini maka nantinya Anda dapat meningkatkan pengalaman retur pelanggan di masa mendatang.

Sebisa mungkin proses retur bisa ditekan semaksimal mungkin. Bahkan proses retur ini sebaiknya tidak sampai terjadi agar keuntungan toko bisa menjadi lebih maksimal. Melalui cara ini, maka mengatur retur akan lebih optimal dan efisien.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Mengatur retur barang tentu saja bisa dilakukan dengan melakukan berbagai macam langkah seperti di atas. Dengan melalui berbagai tahapan di atas maka proses pengembalian barang akan berjalan dengan lebih lancar. Terutama saat proses tersebut berjalan sesuai dengan prosedur yang ada.

Namun hal yang perlu diingat oleh tiap konsumen adalah bahwa setiap toko atau perusahaan memiliki ketentuan dan kebijakan yang tidak sama. Jadi ketentuan retur dari tiap tempat bisa saja berbeda antara yang satu dengan yang lain.