Cara Menggunakan Kode Bank BNI Pada Transaksi Keuangan Online Maupun Offline

Transaksi bank umumnya berlangsung menggunakan kode tertentu. Demikian halnya di Bank BNI, terdapat serangkaian kode bank BNI yang diperlukan agar transaksi berjalan lancar tanpa masalah. Namun demikian masyarakat masih awam dengan kode tersebut dan seringkali menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada petugas bank. Padahal tidak ada salahnya memahami kode yanh digunakan pada transaksi bank agar bisa mengetahui apakah proses transaksi telah berjalan dengan benar atau tidak.

Baca juga: Daftar Kode Transfer Bank Lengkap: Bank Swasta, Bank Negara, dan Bank Daerah

Di paragraf berikut di bawah ini terdapat berbagai informasi mengenai kode Bank BNI mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara melakukan transaksi menggunakan kode tersebut. Agar konsumen bank yang satu ini tidak mengalami kendala transaksi, simak penjelasan yang diberikan berikut di bawah ini.

Pengertian Kode Bank BNI

Kode Bank BNI

Pertama-tama mari memahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan kode Bank BNI dan seperti apa mekanismenya. Agar hal ini dapat memberikan pandangan seperti apa ke depannya kode tersebut akan digunakan dalam setiap transaksi terkait dengan Bank BNI.

Kode bank merupakan nomer khusus yang identik dengan suatu bank tersebut. Dimana nomer terdiri dari serangkaian angka khusus yang pada intinya melakukan identifikasi secara spesifik terhadap sistem perbankan sebuah bank di dalam transaksi. Kode ini secara resmi diberikan oleh pihak Bank Indonesia kepada seluruh bank yang beroperasi di tanah air supaya memudahkan proses transaksi keuangan. Sehingga antara satu bank dengan bank yang lain memiliki kode nomor yang berbeda.

Demikian juga halnya dengan kode Bank BNI yang terdiri dari angka tertentu untuk memudahkan sistem perbankan mengetahui bahwa transaksi dilakukan oleh dan atau ditujukan kepada Bank BNI. Saat ini dari ketentuan yang ada, kode Bank BNI yang berlaku yaitu 009. Sehingga setiap transaksi yang ditujukan kepada Bank BNI harus diawali dengan kode nomor 009 terutama untuk transaksi pengiriman dana.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Manfaat Kode Bank BNI

Berikutnya tentu saja mengetahui sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari kode Bank BNI. Perlu dipahami bahwa kode bank ini dibuat untuk memastikan beragam manfaat bagi para nasabah setia bank yang bersangkutan. Demikian halnya kode Bank BNI yang dimaksudkan untuk memberi sejumlah manfaat kepada para nasabahnya seperti yang tertera berikut ini.

Membantu Melakukan Proses Identifikasi Pihak Penerima

Manfaat pertama menggunakan kode bank yaitu untuk dapat memudahkan proses identifikasi dari penerima transaksi keuangan yang dilakukan. Seperti yang telah dijelaskan bahwa masing-masing bank memiliki kode spesifik tersendiri.

Melalui penggunaan kode bank akan membantu mempermudah pihak bank memverifikasi hingga melakukan proses identifikasi pihak penerima dengan benar. Dengan demikian maka secara tidak langsung hal ini mencegah serta menghindari resiko kesalahan dalam transaksi keuangan yang berpotensi merugikan.

Manfaat Dalam Mengarahkan Transaksi Keuangan

Kemudian manfaat kode bank juga digunakan sebagai sarana untuk mengarahkan transaksi. yang dilaksanakan. Apalagi setiap kode memiliki makna sendiri-sendiri termasuk bermakna sebagai identitas jenis transaksi tertentu. Misalnya identitas untuk transaksi pengiriman dana atau transaksi pembayaran dana tertentu. Melalui adanya kode bank yang spesifik tentu hal ini akan memudahkan pihak bank untuk menjalankan transaksi dan mengarah kepada kebutuhan atau maksud dari transaksi yang dilaksanakan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Bulgaria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Cara Bertransaksi Menggunakan Kode Bank BNI

Tidak cukup mengetahui berapa kode Bank BNI saja, akan tetapi juga penting untuk mengetahui seperti apa cara melakukan transaksi dengan kode tersebut. Perlu diketahui bahwa nasabah bisa melakukan transaksi umumnya dengan dua cara, yaitu secara offline di kantor cabang terdekat atay secara online menggunakan smartphone dan jaringan internet. Untuk caranya secara spesifik seperti yang dijelaskan berikut di bawah ini.

Menggunakan Kode Bank BNI Secara Offline

Menggunakan Kode Bank BNI Secara Offline

Cara melakukan transaksi yang pertama yaitu secara offline baik dengan datang ke kantor cabang ataupun dengan menggunakan mesin ATM. Cara pertama ini meski dianggap memakan waktu tapi hasil yang diperoleh nantinya ajan lebih minim resiko kegagalan. Karena saat melakukan transaksi langsung di kantor cabang, maka petugas teller bank akan menginformasikan nomor kode secara otomatis saat permintaan transaksi dilakukan.  Petugas akan memberikan kode sesuai tujuan transaksi, demikian juga kode bank yang dituju.

Demikian halnya jika memilih untuk melakukan transaksi menggunakan ATM, maka kode akan tertera di layar ATM dengan jelas. Sehingga nasabah cukup memilih mana transaksi yang akan dilakukan dan kepada pihak mana transaksi ini ditujukan. Nantinya mesin ATM akan menginformasikan kode bank tersebut dan nasabah cukup memastikan pilihan serta kebenaran kode yang diberikan ini.

Menggunakan Kode Bank BNI Secara Online

Menggunakan Kode Bank BNI Secara Online

Berikut yaitu melakukan transaksi menggunakan kode bank secara online. Cara ini dianggap lebih praktis dan efisien karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan bantuan smartphone serta koneksi internet. Sehingga cukup banyak nasabah yang mengandalkan transaksi dengan metode tersebut.

Dalam melaksanakan transaksi via online, maka kode bank yang dibutuhkan umumnya juga sudah tertera secara otomatis. Sehingga nasabah cukup melakukan pilihan transaksi pada pihak bank atau merchant tertentu supaya transaksi dapat diproses lebih lanjut. Dimana nantinya kode ban secara otomatis akan tercatat saat pemilihan tujuan transaksi telah ditetapkan. Sehingga transaksi semacam ini juga tergolong mudah bagi siapa saja yang memanfaatkannya.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dengan informasi yang telah disebutkan tadi, tentu kini para nasabah BNI mendapatkan gambaran seperti apa yang dimaksud dengan kode bank itu tadi, lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan kode tersebut. Tak lupa informasi tentang bagaimana cara agar dapat bertransaksi dengan mudah memakai kode yang telah diberikan. Sehingga apabila nasabah melakukan transaksi yang membutuhkan informasi kode bank, setidaknya sudah mengetahui kode yang dimaksud dan dapat melakukan transaksi tanpa masalah.