Cara Mengganti Lupa PIN Gopay dengan Mudah Lewat Aplikasi Gojek

Gimana kalau kita lupa pin Gopay? Keberadaan Gopay sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia sebagai dompet digital yang diresmikan oleh Gojek. Sebagai dompet digital tentunya menggunakan PIN sebagai keamanan atas kegiatan transaksi, apabila lupa PIN Gopay akan jadi masalah karena tidak bisa melakukan transaksi.

Selain itu semua fitur yang disediakan oleh Gojek seperti hanya Gopay telah dilengkapi dengan adanya kemanan dengan PIN. Sehingga memberikan keamanan yang tinggi dan pastinya mampu menjaga kegiatan transaksi tanpa sepengetahuan kamu.

Apa Itu PIN Gopay?

Cara Mengganti Lupa PIN Gopay dengan Mudah Lewat Aplikasi Gojek

Gopay merupakan layanan dompet digital yang menggunakan PIN dan pastikan bahwa kamu tidak lupa PIN Gopay. Gopay merupakan kode yang sifatnya sangat rahasia dan harus diisi di aplikasi Gojek khususnya saat menggunakan Gopay.

Baca Juga Artikel Cara Transfer dan Top Up Lainnya dari Transfez

Cara Transfer Uang Dari DANA Ke Bank
Cara Transfer Uang Lewat Indomaret
Cara Transfer Uang Lewat Alfamart
Cara Transfer Uang Melalui HP

PIN ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan PIN kartu ATM sebagai kode rahasia yang wajib untuk dimasukkan sebelum melakukan kegiatan transaksi baik itu transfer ataupun tarik tunai dengan Gopay. Maka dengan demikian PIN sama halnya seperti kode OTP, verifikasi, kata sandi melalui pengiriman pesan SMS, sehingga kode PIN tidak boleh diketahui oleh orang lain.

Cara Ganti Lupa PIN Gopay

Dengan mengetahui apa itu PIN Gopay maka akan lebih mudah untuk mengganti PIN ketika terjadi kelupaan. Masalah seperti ini sebenarnya sangat wajar dan namun harus diperhatikan agar tidak lupa dengan PIN secara berulang.

Berikut inilah beberapa uraian mengenai cara ganti PIN pada akun Gopay:

1. Membuka Aplikasi Gojek

Langkah pertama yang harus dilakukan dengan membuka aplikasi Gojek di dalam ponsel kamu. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan perangkat Android ataupun iPhone untuk mendukung membuka aplikasi Gojek.

Lalu di halaman utama kamu bisa langsung memilih menu Lainnya. Menu ini terletak di bagian pojok kanan agar diarahkan pada halaman berikutnya.

2. Memilih Menu Pengaturan

Selanjutnya kamu akan diarahkan pada halaman dengan beberapa menu di dalamnya. Namun kamu hanya perlu memilih satu menu saja pada tampilan tersebut yakni menu Pengaturan karena menu tersebut akan membawa kamu ke halaman untuk mengatur PIN baru.

Langkah berikutnya pada halaman tersebut adalah memasukkan kode PIN baru pada kolom yang tersedia. Kemudian memasukkan kode PIN baru sekali kali dan pastikan PIN tersebut sama dengan yang sebelumnya.

3. Mengirim Pesan Verifikasi

Setelah memasukkan PIN baru maka dari sistem akan mengirimkan kode verifikasi pada nomor telepon yang terdaftar di aplikasi Gojek. Pastikan bahwa nomor yang terdaftar pada Gojek masih aktif dan masih kamu gunakan di ponsel.

Jika sudah mendapatkan kode OTP lalu masukkan kodenya tersebut agar PIN baru kamu terkonfirmasi kembali. Dengan demikian maka kamu sudah bisa menggunakannya setelah lupa PIN Gopay.

4. Selesai

Apabila kode OTP yang dimasukkan sudah benar maka proses mengganti PIN Gopay akan dilakukan oleh sistem. Setelah itu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa kode OTP sudah benar dan PIN Gopay yang sebelumnya lupa berhasil diganti baru.

Lihat Juga Video Cara Mudah Mengirim Uang Ke Luar Negeri

Cara Mudah Membuat PIN Gopay

Selain terdapat cara untuk mengganti lupa PIN Gopay, kamu juga bisa membuat PIN Gopay. Pembuatan PIN ini biasanya dilakukan pada awal penggunaan PIN Gopay.

Adapun untuk langkah pembuatan PIN Gopay simak cara berikut ini:

• Membuka aplikasi Gojek dan di halaman utama silahkan memilih pasang PIN
• Maka dengan demikian akan diarahkan pada tampilan layar untuk memasukkan PIN yang diinginkan
• Setelah itu masukkan kembali PIN yang sama sebagai konfirmasi dan pastikan memasukkan PIN yang benar dan sama dengan PIN sebelumnya
• Kemudian akan ada pesan yang mengirimkan kode OTP pada nomor aktif yang terdaftar pada aplikasi Gojek
• Masukkanlah kode OTP atau kode verifikasi tersebut pada kolom yang tersedia pada tampilan layar aplikasi Gojek
• Jangan berikan kode OTP ini sama siapa pun untuk menghindari penyalahgunaan akun Gojek atau Gopay kamu
• Jika kode OTP yang dimasukkan sudah benar maka dengan demikian PIN sudah berhasil dipasang dan kamu bisa memanfaatkan kode keamanan ini dengan baik untuk melakukan transaksi melalui dompet digital Gopay.

Lihat Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Cara Mengubah PIN Gopay

Penggunaan dompet digital Gopay tidak hanya bisa digunakan untuk membuat PIN, mengganti PIN yang lupa atau bahkan pengubahan PIN bukan karena lupa. Kemudahan untuk mengganti kemananan pada PIN Gopay bisa dirasakan oleh semua pengguna.

Sebab menjaga kemananan kode PIN merupakan hal yang penting untuk dilakukan, tidak heran banyak di antara pengguna yang mengganti PIN secara berkala. Berikut inilah beberapa langkah mudah untuk mengganti PIN Gopay:

• Langkah pertama yang harus dilakukan dengan membuka aplikasi Gojek dan arahkan pada menu Lainnya yang berada di bagian pojok kanan
• Lalu masukklah ke menu pengaturan agar diarahkan untuk mengubah PIN lama dengan yang baru
• Klik pilihan menu Ubah PIN pada daftar dan akan tersedia kolom yang digunakan untuk mengubah PIN lama. Masukkan 6 digit angka PIN lama sekali saja
• Lalu masukkan 6 digit angka PIN baru sebanyak 2 kali sebagi bentuk konfirmasi PIN tersebut. Pastikan PIN yang kamu masukkan pada kedua kolom sama benarnya agar cepat dikonfirmasi oleh sistem aplikasi Gojek
• Jika PIN yang dimasukkan sudah benar maka akan segera diproses oleh sistem aplikasi Gojek. Lalu jika berhasil maka akan mendapatkan pemberitahuan bahwa PIN tersebut berhasil diperbarui
• Dengan demikian kamu bisa menggunakannya sebagai kode keamanan atas transaksi yang nantinya dilakukan pada aplikasi Gojek saat melakukan pembelian, transfer ataupun menerima uang.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian mengenai cara mudah untuk ganti lupa PIN Gopay pada aplikasi Gojek. Pastikan setelah mengganti PIN yang baru tidak melupakan lagi agar tidak mengulangi penggantian PIN secara terus menerus.

Instagram