cara melihat tagihan pdam

Bagi kamu yang pernah terlambat membayar tagihan PDAM, mungkin kamu bertanya-tanya “bagaimana cara bayar tagihan PDAM yang telat?” Adakah cara khusus yang harus dilakukan? Sebelum kita bahas tentang hal tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu terkait apa itu PDAM.

Sejarah Berdirinya PDAM

Perusahaan Daerah Air Minum atau biasa disingkat PDAM merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Jauh sebelum berdirinya PDAM, tepatnya pada masa kolonial Hindia Belanda di tahun 1920-an, usaha pengelolaan air bersih sudah dikenal di nusantara. Saat itu, pemerintah kolonial mendirikan perusahaan pengelolaan air bersih yang dikenal dengan nama Waterleiding.

Setelah merdeka, tepatnya pada tahun 1962, lahirlah peraturan yang mengatur terkait perusahaan daerah. Dari sanalah lahir peraturan terkait PDAM melalui UU no. 5 Tahun 1962 tentang Perusahaan Daerah.

Cara Melihat Tagihan PDAM

Lewat Aplikasi

Salah satu cara untuk melihat tagihan PDAM adalah melalui aplikasi. Sayangnya, sejauh ini, belum ada aplikasi resmi yang dikelola oleh PDAM sehingga aplikasi yang saat ini beredar adalah milik pihak ketiga. Meski begitu, hal ini tetaplah dapat dimanfaatkan oleh para pelanggan. Aplikasi ecommerce seperti Tokopedia dapat digunakan untuk melihat tagihan PDAM kamu.

Lewat Website

Berbeda dengan aplikasi yang sejauh ini masih dikelola oleh pihak ketiga, beberapa PDAM sudah memiliki website yang juga bisa dimanfaatkan untuk melihat tagihan pelanggan. Untuk mengetahui besaran jumlah biaya tagihan yang harus dibayarkan, kamu cukup memasukkan nomor pelanggan yang kamu miliki.

Beberapa website PDAM yang dapat kamu manfaatkan untuk mengetahui tagihanmu adalah sebagai berikut:

  1. PDAM Tangerang
  2. PDAM Surakarta
  3. PDAM Surabaya

cara bayar tagihan pdam

Lewat ATM

Cara lain yang bisa kamu coba untuk melihat tagihan PDAM adalah lewat ATM. Untuk dapat melihatnya, cukup datang ke ATM dan pilih layana pembayaran. Dari sana kamu bisa memilih pembayaran lain-lain dan masukkan kode PDAM kota kamu diikuti dengan nomor pelanggan yang kamu miliki.

Cara Bayar Tagihan PDAM

Cara Bayar Lewat Mini Market

  1. Datanglah ke Alfamart atau Indomaret di dekat rumahmu
  2. Datangilah kasir dan katakan keperluanmu ingin membayar tagihan PDAM
  3. Sebutkan nomor sambungan/nomor pelangganmu dan pastikan jangan salah

Cara Bayar Lewat Aplikasi Ecommerce

  1. Buka aplikasi ecommerce misalnya Tokopedia
  2. Masuk ke menu pembayaran
  3. Pilih pembayaran PDAM
  4. Pilih kota di mana kamu tinggal
  5. Masukkan nomor pelanggan
  6. Selesaikan pembayaranmu

Cara Bayar Lewat ATM

  1. Masukkan kartu ATM beserta PIN-mu
  2. Pilih menu pembayaran
  3. Pilih pembayaran lain-lain
  4. Masukkan kode PDAM daerahmu dan nomor pelanggan
  5. Selesaikan pembayaran

Lewat Aplikasi Transfez

Selain ketiga cara di atas, sekarang ada cara baru untuk membayar tagihan PDAM. Kini, kamu bisa membayar tagihan airmu di PDAM melalui aplikasi Transfez Singapore. Dengan aplikasi ini, meski kamu tinggal di SIngapura, kamu tetap bisa membayar tagihan PDAM kamu tanpa harus menitipkan uang kepada saudaramu yang ada di Indonesia.

Bagaimana Jika Telat Bayar Tagihan PDAM?

Pernahkah kamu mengalami terlambat bayar tagihan indihome ataupun penyedia layanan internet lainnya? Biasanya, kalau kamu terlambat membayar tagihan internetmu, jaringanmu akan diputus secara sepihak sampai kamu membayarnya kembali.

Berbeda dengan keterlambatan pembayaran tagihan internet, aturan keterlambatan pembayaran tagihan PDAM bisa berbeda-beda tergantung dengan PDAM mana yang kamu gunakan layanannya. Sebagai gambaran, jika kamu menggunakan PDAM dari PAM Jaya (PDAM DKI Jakart), kamu akan dikenakan denda apabila kamu terlambat membayar tagihan.

Besaran denda tergantung dengan layanan mana yang kamu gunakan. Denda yang dikenakan pada hotel berbeda dengan rumah. Besaran dendanya mulai dari belasan ribu rupiah sampai dengan puluhan ribu. Supaya kamu tidak dikenakan denda, bayarlah tagihanmu tepat waktu.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Itu dia beberapa cara transfer uang ke rekening orang tanpa ATM yang dapat dilakukan. Dengan kemudahan teknologi yang ada saat ini tentu sudah menjadi keuntungan tersendiri saat ingin mengirimkan uang ke rekening orang lain meski tanpa datang ke ATM secara langsung.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram