Kuliah S2 di Singapura

Untuk kamu yang sedang ingin kuliah S2 di Singapura, mungkin bisa pertimbangkan ke Singapura. Sudah sejak lama negara tetangga Indonesia ini dianggap sebagai negara maju. Artiya, kualitas yang diberikan sudah sangat baik, termasuk dalam hal pendidikannya.

Baca juga: Aturan Kerja di Singapura untuk Memulai Bekerja

QS World University Rangkings sempat menempatkan Singapura dalam daftar negara paling layak dikunjungi oleh mahasiswa asing. Berbagai alasan kamu perlu kuliah S2 di Singapura adalah sebagai berikut.

1. Mempunyai Standar Pendidikan Global

Alasan pertama kamu pilih kuliah S2 di Singapura adalah standar pendidikannya yang sudah global. Singapura merupakan rumah untuk universitas swasta dengan kelas-kelas berstandar global. Bahkan, sudah memiliki berbagai ketentuan di kampus.

Bagian yang memberikan keunggulan untuk universitas di Singapura adalah hubungannya dengan universitas lain di seluruh dunia. Kampus di Singapura memiliki keterjangkauan dan koneksi industri kuat. Efeknya tentu dapat memainkan peran penting selama penempatan kerja di akhir semester.

Beberapa universitas terkemuka di Singapura antara lain Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS) dan Singapore Management University (SMU). Kamu bisa pilih universitas tersebut sesuai dengan jurusan yang diinginkan.

2. Terdapat Banyak Mahasiswa Asing

Bisa dikatakan, Singapura merupakan wadah yang memungkinkan siswa menerima berbagai budaya. Sebagai tujuan wisata bagi siswa internasional, Singapura melihat sebagian besar siswa internasionalnya datang dari Inggris dan negara-negara Eropa.

Universitas-universitas di Singapura juga dianggap rumah untuk kampus-kampus internasional populer. Kita bisa sebut Curtin University of Australia, University of Nevada Amerika Serikat dan Shanghai Jiaotong University of China.

Hal tersebut memungkinkan para siswa di Singapura memiliki peluang menerima banyak budaya. Bahkan, bisa juga memaparkan diri untuk budaya di seluruh dunia ketika sudah berada di kampus. Dari sudut pandang relasi, tentunya hal ini sangat baik untuk kita dalam menjalin kerja sama. Selain itu bisa juga memahami seperti apa budaya dari negara lain.

3. Biaya pendidikan Cukup Terjangkau

Salah satu pertimbangan untuk kuliah S2 di Singapura adlaah biayanya. Pendidikan di Singapura secara umum mempunyai biaya lebih efisien. Tentunya perbandingan ini lebih mengarah pada negara maju lainnya seperti Inggris, Amerika Serikat dan Australia.

Biaya kuliah tahunan di Singapura rata-rata bisa mencapai USD 11.800 per tahun. Untuk biaya tahunan program MBA penuh waktu bisa berbeda di universitas internasional ternama. Kita bisa ambil contoh seperti National University of Singapore Business School yang jumlahnya mencapai USD 45.074.

Selain itu, ada hak istimewa dari biaya subsidi. Inilah bagian yang menjadikan Singapura tempat bagus untuk pendidikan tinggi. Apabila kamu bekerja untuk pemerintah Singapura sebagai mahasiswa sarjana, maka bisa mendapatkan subsidi untuk biaya sekolahmu. Bagian tersebut juga berlaku untuk mahasiswa pascasarjana ketika mereka bekerja untuk Pemerintah Singapura selama tiga tahun.

4. Peluang Kerja yang Luas

Tidak hanya pendidikannya saja yang bagus. Singapura juga memiliki kebijakan kerja paruh waktu yang baik untuk siswa internasional yang ingin bekerja di sana. Hal tersebut sesuai dengan peraturan Kementerian Tenaga Kerja di Singapura. Isinya adalah dapat bekerja paruh waktu sebanyak 16 jam seminggu selama masa kuliah. Bagian itu berlaku untuk siswa internasional yang memakai  Student Pass dan memenuhi persyaratan.

Ketika selesaikan kuliah, maka siswa internasional itu bisa melamar untuk Kunjungan Jangka Panjang atau Long-term Visit Pass. Bagian ini memungkinkan mereka untuk tinggal di Singapura selama satu tahun lagi.

Untuk Siswa yang melakukan pekerjaan aman dalam rentang waktu ini, nantinya diberikan Work Pass yang memungkinkanya bekerja di Singapura secara penuh. Tentunya ini adalah informasi menarik untuk kamu yang ingin melanjutkan karier di Singapura.

5. Punya banyak Tempat Menarik

Bagi beberapa orang, Singapura merupakan rumah untuk berbagai tempat rekreasi. Ekosistem alam srta margasatwa di sana berkembang sangat pesat. Kita bisa lihat pada hutan hujan, dan cagar alam sangat terawat baik. Kondisi itu membuat negara kepulauan ini jadi tempat menyenangkan bagi mahasiswa asing.

Jika kamu suka dengan rekreasi, maka bisa jalan-jalan di Singapura. Apalagi, di sana juga sudah  penuh  dengan pusat perbelanjaan, museum, dan berbagai street food. Hal itu semakin membuat diri kita terhibur.

Untuk pecinta olahraga, siap-siap untuk melihat wakeboarding, selancar angin, dan balap perahu naga yang merupakan kegiatan tahunan di Singapura. Lalu, untuk pecinta makanan tidak perlu berkecil hati. Singapura sudah menyediakan hidangan lezat dari masakan Cina, Melayu, India, Peranakan dan masih banyak lagi.

6. Tidak Jauh Dengan Indonesia

Kamu ingin kuliah S2 di luar negeri tapi tidak ingin jauh dari indonesia? Singapura adalah jawabannya. Kedekatan dari sisi geografis ini juga memudahkan mobilitas mahasiswa asing, khususnya Indonesia. Kamu bisa pulang mengunjungi keluarga maupun saat ada keperluan mendesak.

Selain itu, waktu tempuhnya singkat dan akses transportasi di Singapura juga mudah. Hal ini jadi pilihan praktis bagi mereka yang tidak ingin berpisah jauh dari tanah air. Singapura juga memiliki lingkungan multikultural yang ramah untuk pelajar internasional seperti pada poin sebelumnya.

7. Termasuk negara yang Aman dan Bersih

Poin terakhir adalah negara ini termasuk aman dan bersih. Singapura dikenal sebagai negara dengan tingkat keamanan tinggi untuk daerah Asia. Bagian tersebut sudah dibuktikan dengan angka kriminalitasnya begitu rendah. Kamu tidak perlu khawatir jalan sendiri di malam hari. Apalagi, Polisi selalu siaga dan CCTV pun terpasang di setiap penjuru kota.

Selain itu, warganya juga terkenal tertib dan disiplin. Aturan kebersihan sudah digalakkan di negara ini sejak puluhan tahun. Dari hal itu, kondisi lingkungan di Singapura selalu bersih. Kamu pun dapat merasa aman dan nyaman saat berada di sana. Hal ini juga berlaku selama beberapa waktu dalam menempuh pendidikan.

Mau kirim uang ke luar negeri? Transfer internasional dari Indonesia menggunakan Transfez

Official Youtube Account Transfez

Bagaimana dengan transfer internasional ke luar negeri dari Indonesia? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Akun Transfez dapat dibuat dengan gratis, serta mampu memfasilitasi pengiriman uang internasional dengan biaya yang lebih hemat, transparan, aman dan cepat ke rekening bank di luar negeri.

Langkah pengiriman dengan Transfez dengan mudah dan sederhana:

1. Daftarkan akun di aplikasi Transfez,
2. Tentukan jumlah yang akan dikirim,
3. Verifikasi identitas kamu,
4. Masukkan informasi penerima uang,
5. Lakukan pembayaran,
6. Pengiriman uang selesai dilakukan.

Pelajari lebih lengkap tentang cara kirim uang ke luar negeri dengan Transfez di sini, selain itu, kamu juga mungkin tertarik untuk mencoba kalkulator kurs Transfez atau daftar destinasi negara tujuan untuk melihat jumlah uang yang akan diterima oleh penerima ketika menggunakan Transfez.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore