Panduan Kuliah di Inggris

Sobat, kalian ingin bisa melanjutkan studi ke Eropa, tepatnya di Inggris? Wah, sebaiknya pahami dulu seperti apa panduan kuliah di Inggris agar nantinya tidak mengalami kegagalan. Maklum saja, cukup banyak yang bermimpi untuk bisa melanjutkan studi di negara yang super keren ini. Akan tetapi sayangnya ngga semua pelajar loh yang bisa berhasil meneruskan kuliahnya di negara bergengsi tersebut.

Baca juga: Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Inggris

Untuk membantu kalian agar lebih mudah mengurus persyaratan studi di Inggris, artikel ini akan memberikan informasi memadai yang diperlukan. Bahkan demi berhasil melanjutkan studi ke salah satu destinasi yang populer untuk menempuh pendidikan tinggi di Inggris, artikel ini akan menjabarkan rahasia sukses mengurus syarat administratifnya. Lebih jelasnya, berikut adalah 7 syarat kuliah di Inggris secara administratif.

Panduan Kuliah di Inggris Pertama, Urus Visa Pelajarmu!

Sudah tentu dong, bagi para sobat sekalian yang ingin kuliah di Eropa terutama di Inggris wajib banget mengurus visa pelajar. Karena ini adalah salah satu syarat administratif pertama yang akan ditanyakan jika hendak menjalankan studi di negara Inggris.

Penting diketahui bahwa untuk bisa belajar di Inggris, mahasiswa internasional perlu memiliki visa pelajar yang valid. Visa ini biasanya dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Inggris di negara asal mahasiswa. Proses pengajuan visa pelajar biasanya melibatkan pengajuan dokumen-dokumen seperti surat tawaran dari universitas, bukti keuangan, dan hasil tes bahasa Inggris seperti IELTS.

Nah, jika kalian adalah pelajar dari Indonesia, maka tentunya perlu untuk mengurus visa pelajar di kedutaan besar yang ada di Jakarta. Mengurus visa sebagai salah satu panduan kuliah di Inggris ini adalah langkah dasar yang bisa kalian kerjakan lebih dulu jika dokumen pendukung sudah lengkap.

Pastikan Mendapat Surat Tawaran Dari Universitas

Sebelum bisa mengajukan visa pelajar, mahasiswa internasional perlu mendapatkan surat tawaran resmi dari universitas yang akan dijadikan tempat belajar. Surat tawaran ini biasanya berisi informasi tentang program studi yang akan diikuti, biaya kuliah, dan persyaratan lainnya.

Demikian juga jika kalian adalah pelajar dari Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Inggris, maka ini merupakan panduan kuliah di Inggris berikutnya yang wajib dilaksanakan di awal. Berbekal surat tersebut, maka akan lebih mudah melanjutkan syarat administratif berikutnya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Belgia
Cara Kirim Uang ke Austria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura

Panduan Kuliah di Inggris yang Tidak Kalah Penting, Cek Biaya kuliah

Sobat harus ingat bahwa kuliah di Inggris bisa cukup mahal, terutama untuk mahasiswa internasional. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memastikan bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk menutup biaya kuliah, akomodasi, dan biaya hidup selama studi di Inggris. Karena itu alangkah baiknya jika melakukan sedikit riset kecil-kecilan terkait biaya hidup, biaya transportasi, serta besarnya biaya kuliah di negara tersebut.

Sebaiknya siapkan dana yang cukup supaya nantinya tidak mengalami kendala dalam menjalankan kuliah saat berada di negara ini. Pastikan juga memiliki dana mencukupi untuk kehidupan sehari-hari agar jangan sampai mengalami masalah. Jika memungkinkan bisa juga mendapatkan dana beasiswa untuk biaya kuliah tersebut.

Sebaiknya Miliki Asuransi Kesehatan

Informasi terkait panduan kulilah di Inggris selanjutnya yaitu bahwa mahasiswa internasional di Inggris ternyata diwajibkan memiliki asuransi kesehatan yang valid selama studi. Asuransi ini akan melindungi mahasiswa dari biaya pengobatan yang tinggi jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan selama tinggal di Inggris.

Oleh sebab itu sebaiknya pastikan untuk mengurus asuransi ini lebih dulu sebelum berangkat ke Inggris. Agar jika terjadi sesuatu saat menjalani masa perkuliahan tidak akan terbentur dengan kesulitan terkait biaya pengobatan di Inggris.

Panduan Kuliah di Inggris Terkait Pemilihan Akomodasi

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah terkait pemilihan akomodasi yang sesuai dan diperlukan. Mahasiswa internasional perlu mencari akomodasi yang sesuai selama studi di Inggris termasuk dari sisi lokasi dengan tempat perkuliahan.

Beberapa universitas memang menyediakan akomodasi khusus untuk mahasiswa internasional, namun ada juga yang harus mencari akomodasi sendiri di luar kampus. Karena itu sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu terkait hal ini. Apakah nantinya sobat bisa memutuskan untuk tinggal di akomodasi kampus yaitu asrama kampus, atau nantinya harus mencari tempat tinggal sendiri di seputar kampus. Jangan lupa juga untuk mengecek biayanya dan sesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Mengurus Izin kerja

Info menarik selanjutnya yaitu bahwa mahasiswa internasional di Inggris diizinkan bekerja selama studi. Namun demikian hal ini bukan tanpa batasan, melainkan ternyata ada batasan jumlah jam kerja yang bisa dilakukan. Sehingga jika ada yang ingin melanjutkan perkuliahan sambil bekerja di Inggris, ini adalah salah satu panduan kuliah di Inggris yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Mahasiswa perlu memperhatikan aturan ini dan memastikan bahwa mereka tidak melanggar ketentuan izin kerja yang berlaku. Karena jika melakukan pelanggaran tentu saja bisa berakibat fatal. Mulai dari resiko penangguhan perkuliahan, hingga resiko deportasi karena dianggap melanggar peraturan yang berlaku di Inggris.

Registrasi Kepolisian Juga Merupakan Panduan Kuliah di Inggris yang Penting

Panduan kuliah di Inggris ini juga sangat penting, dimana rupanya mashasiswa di Inggris diwajibkan mendaftar ke kepolisian setempat dalam waktu 7 hari setelah kedatangan. Proses registrasi ini biasanya dilakukan di kantor polisi terdekat dan memerlukan dokumen-dokumen seperti paspor dan surat tawaran dari universitas.

Maka dari itu segera lakukan pengurusan persyaratan ini agar terhindar dari resiko administratif di negara tersebut. Sebaiknya utamakan hal ini lebih dulu begitu tiba di Inggris.

Mau kirim uang ke luar negeri? Transfer internasional dari Indonesia menggunakan Transfez

Official Youtube Account Transfez

Bagaimana dengan transfer internasional ke luar negeri dari Indonesia? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Akun Transfez dapat dibuat dengan gratis, serta mampu memfasilitasi pengiriman uang internasional dengan biaya yang lebih hemat, transparan, aman dan cepat ke rekening bank di luar negeri.

Langkah pengiriman dengan Transfez dengan mudah dan sederhana:

1. Daftarkan akun di aplikasi Transfez,
2. Tentukan jumlah yang akan dikirim,
3. Verifikasi identitas kamu,
4. Masukkan informasi penerima uang,
5. Lakukan pembayaran,
6. Pengiriman uang selesai dilakukan.

Pelajari lebih lengkap tentang cara kirim uang ke luar negeri dengan Transfez di sini, selain itu, kamu juga mungkin tertarik untuk mencoba kalkulator kurs Transfez atau daftar destinasi negara tujuan untuk melihat jumlah uang yang akan diterima oleh penerima ketika menggunakan Transfez.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dengan memenuhi ketujuh syarat administratif di atas, mahasiswa internasional dapat memulai studi mereka di Inggris dengan lancar dan tanpa masalah. Terapkan seluruh panduan kuliah di Inggris satu demi satu hingga lengkap. Niscaya sobat sekalian akan mudah melangkahkan kaki untuk melanjutkan studi perkuliahan di negara keren yang satu ini. Selamat mencobanya ya!