Program Kerja di Jepang by transfez

Hallo FezFriend,

Siapa yang tidak kenal dengan negara Jepang? Selain dikenal sebagai negara Sakura, Jepang juga dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sistem kerja yang sangat efisien dan produktif. Program kerja di Jepang ini merupakan kunci keberhasilan para pekerja yang membuat bukan hanya warga Jepang sendiri saja, melainkan banyak warga negara lain yang tertarik juga untuk mengaplikasikannya.

Baca juga: Inilah 9 Panduan Saat Kuliah di Jepang Banyak Dicari Oleh Mahasiswa

Adapun program kerja yang dijalankan di negara tersebut terbukti memberikan banyak manfaat. Pasti kalian penasaran apa saja yang dimaksud dengan program tersebut bukan? Supaya bisa memperoleh gambaran yang jelas dan tidak berandai-andai lagi, berikut adalah 7 program kerja di Jepang yang dapat menjadi inspirasi bagi negara lain termasuk di Indonesia.

1. Program Kerja di Jepang 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke)

Yang pertama yaitu program kerja di Jepang berupa program 5S. Program ini merupakan singkatan dari Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke. Yang mana program tersebut merupakan konsep manajemen lingkungan kerja yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih, rapi, dan terorganisir.

Adapun secara umum diharapkan bahwa dengan menerapkan konsep 5S ini, karyawan di Jepang dapat bekerja dengan lebih efisien dan produktif. Karena itu program tersebut cocok sekali untuk menjadi contoh program yang menarik untuk diimplikasikan di Indonesia juga. Melakukan program tersebut dapat membantu karyawan bekerja secara optimal.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Belgia
Cara Kirim Uang ke Austria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura

2. Program Kerja di Jepang, Kaizen

Kemudian yang tidak kalah menarik yaitu program kerja di Jepang yang sering dikenal dengan istilah Kaizen. Kaizen ini merupakan konsep perbaikan berkelanjutan yang diterapkan di berbagai perusahaan di Jepang. Dimana program tersebut bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi dalam proses kerja.

Menerapkan konsep Kaizen sama artinya dengan perusahaan di Jepang dapat terus berkembang dan bersaing di pasar global. Karena itu sangat tepat memilih program tersebut untuk diterapkan di perusahaan yang ada di Indonesia saat ini. Melalui konsep berkelanjutan, pastinya akan membantu perusahaan untuk sedikit demi sedikit berubah ke arah yang lebih baik sesuai dengan visi dan misi perusahaan yang ditetapkan.

3. Program Kerja di Jepang Gemba Kaizen

Ada juga program kerja di Jepang yang banyak dikenal dengan istilah Gemba Kaizen. Adapun program kerja Gemba Kaizen ini adalah program yang mengutamakan perbaikan yang dilakukan secara langsung di tempat kerja. Para karyawan diajarkan untuk terlibat langsung dalam proses perbaikan dan inovasi, sehingga mereka dapat merasakan manfaat langsung dari perubahan tempat mereka bekerja.

Program ini membantu membuat karyawan serasa ikut memiliki perusahaan yang mereka upayakan setiap harinya. Menerapkan hal ini di Indonesia bisa menjadi pilihan yang baik agar karyawan merasa ikut memiliki peranan penting dalam kemajuan perusahaan. Sehingga dengan demikian karyawan akan jauh lebih loyal serta otomatis lebih totalitas menjalankan pekerjaannya.

4. Program Kerja di Jepang: Just-In-Time (JIT)

Just-In-Time adalah program yang bertujuan untuk mengurangi pemborosan dalam proses produksi. Dengan menerapkan konsep JIT, perusahaan di Jepang dapat mengurangi biaya produksi, meningkatkan efisiensi, dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Program kerja di Jepang ini merupakan program yang bagus bagi perusahaan yang ingin mengatur dana semaksimal mungkin. Termasuk untuk perusahaan di Indonesia yang dimulai dengan dana terbatas. Menggunakan sistem atau program semacam ini akan memastikan seluruh operasional dan pekerjaan berjalan sesuai rencana keuangan yang dimiliki.

5. Program Kerja di Jepang, Total Productive Maintenance (TPM)

Ada juga program kerja di Jepang yang menarik selanjutnya yaitu Total Productive Maintenance atau disingkat dengan istilah TPM. Adapun TPM adalah program yang bertujuan untuk merawat dan memelihara mesin dan peralatan produksi agar tetap dalam kondisi optimal. Berkat adanya penerapan konsep TPM, perusahaan di Jepang dapat mengurangi downtime mesin, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi biaya perawatan.

Tingginya tingkat industri di tanah air tentu saja akan terbantu dengan program tersebut. Karena itu mencoba menerapkan program ini di berbagai industri yang ada di Indonesia tentunya akan membawa pengaruh positif tertentu. Terutama untuk memastikan perawatan mesin yang lebih optimal untuk membantu melakukan penghematan dana terkait dengan kebutuhan operasional dan perawatan tersebut.

6. Program Kerja di Jepang Hoshin Kanri

Berikutnya yaitu program kerja di Jepang Hoshin Kanri. Program yang satu ini adalah program yang bertujuan untuk mengalokasikan sumber daya dan energi perusahaan ke arah yang benar. Dengan menerapkan konsep Hoshin Kanri, perusahaan di Jepang dapat memastikan bahwa semua aktivitas yang dilakukan sesuai dengan visi dan strategi perusahaan.

Program ini juga merupakan salah satu bentuk program kerja yang juga cocok untuk diterapkan bagi banyak perusahaan di Indonesia. Melalui penerapan program tersebut, setidaknya perusahaan akan lebih mudah untuk mencapai visi dan misi yang diharapkan. Otomatis hal ini juga memimpin pada keberhasilan perusahaan dalam mengalami peningkatan dan perluasan.

7. Program Kerja di Jepang Lean Management

Lean Management adalah program yang bertujuan untuk menghilangkan pemborosan dalam proses produksi dan manajemen. Dengan menerapkan konsep Lean Management, perusahaan di Jepang dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Maka dari itu program kerja di Jepang ini cocok untuk dilaksanakan bagi perusahaan yang ingin memaksimalkan biaya serta modal yang dimiliki. Melalui program tersebut, perusahaan tentu akan berhemat secara optimal.

Berkat program kerja di Jepang yang efisien dan produktif tadi, tentunya hal ini membuat Jepang berhasil menciptakan lingkungan kerja yang berkualitas tinggi dan mampu bersaing di pasar global. Terbukti dari peranan penting negara Jepang di dunia saat ini.

Mau kirim uang ke luar negeri? Transfer internasional dari Indonesia menggunakan Transfez

Official Youtube Account Transfez

Bagaimana dengan transfer internasional ke luar negeri dari Indonesia? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Akun Transfez dapat dibuat dengan gratis, serta mampu memfasilitasi pengiriman uang internasional dengan biaya yang lebih hemat, transparan, aman dan cepat ke rekening bank di luar negeri.

Langkah pengiriman dengan Transfez dengan mudah dan sederhana:

1. Daftarkan akun di aplikasi Transfez,
2. Tentukan jumlah yang akan dikirim,
3. Verifikasi identitas kamu,
4. Masukkan informasi penerima uang,
5. Lakukan pembayaran,
6. Pengiriman uang selesai dilakukan.

Pelajari lebih lengkap tentang cara kirim uang ke luar negeri dengan Transfez di sini, selain itu, kamu juga mungkin tertarik untuk mencoba kalkulator kurs Transfez atau daftar destinasi negara tujuan untuk melihat jumlah uang yang akan diterima oleh penerima ketika menggunakan Transfez.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Melihat kenyataan tersebut, tentunya negara lain termasuk juga Indonesia diharapkan dapat belajar dari pengalaman Jepang dalam menerapkan program-program kerja ini. Melalui hal tersebut diharapkan nantinya bisa membantu untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi di tempat kerja.