Contoh Reimbursement Biaya Transportasi

Reimbursement merupakan salah satu aktivitas dalam transaksi keuangan terutama pada berbagai macam bisnis dan perusahaan. Hal ini sudah sangat familiar terutama bagi siapa saja yang menjadi para profesional ataupun menjadi pekerja di dunia bisnis. Namun bisa saja masih banyak yang kurang memahami contoh reimbursement seperti apa secara nyata sekalipun berkecimpung di dunia kerja.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Pada dasarnya reimbursement sendiri bisa disebut pula dengan istilah lain yaitu penggantian biaya. Istilah ini sendiri memiliki suatu makna tersendiri yaitu sebagai salah satu mekanisme yang umum digunakan oleh perusahaan untuk mengganti berbagai biaya. Dalam hal ini yang dimaksud biaya ialah sejumlah uang yang dikeluarkan oleh karyawan dalam rangka menjalankan seluruh tugas atau pekerjaan dan tanggung jawabnya.

Berbagai contoh reimbursement tentunya bisa menjadi referensi bagi Anda yang saat ini ingin tahu lebih jelas mengenai hal tersebut. Berikut beberapa contoh yang dimaksudkan pada lingkungan kerja.

Contoh Reimbursement Biaya Transportasi

Reimburse Biaya Transportasi

Salah satu contoh reimbursement yang berlaku di tiap perusahaan adalah penggantian biaya transportasi. Beberapa karyawan mungkin melakukan perjalanan dinas atau sejenisnya. Jika hal ini terjadi maka perjalanan dinas yang dilakukan oleh karyawan ini akan diganti oleh perusahaan.

Karyawan yang telah melakukan perjalanan dinas ini biasanya memang mendapatkan pengganti biaya yang telah dikeluarkannya. Memang perjalanan dalam rangka keperluan pekerjaan atau sejenisnya yang dilakukan oleh karyawan seringkali berhak untuk mendapat reimbursement. Tentunya penggantian ini diperuntukkan atas biaya transportasi yang sudah dikeluarkan dalam menjalani perjalanan dinas.

Biaya transportasi ini antara lain meliputi biaya tiket pesawat atau biaya transportasi darat hingga biaya parkir. Jadi karyawan tidak perlu khawatir akan kehilangan banyak uang saat melakukan perjalanan seperti ini.

Contoh Reimbursement Biaya Akomodasi Perjalanan Bisnis

Selain transportasi rupanya ada pula contoh reimbursement yang lainnya dan bisa diterima oleh karyawan. Biaya ini mencakup biaya penginapan dan makan selama perjalanan dinas dialami atau dilakukan oleh karyawan. Biaya penginapan pada umumnya meliputi biaya tempat bermalam atau menginap seperti misalnya hotel atau bahkan sewa room apartemen. Dengan kata lain tempat bermalam yang dipilih oleh karyawan nantinya juga akan diganti oleh perusahaan.

Namun penggantian biaya karyawan dalam hal ini umumnya bergantung pula pada kebijakan perusahaan. Umumnya perusahaan turut menentukan batasan yang dapat diterapkan oleh karyawan dalam memilih tempat tinggal dan akomodasi lainnya.

Contoh Reimbursement Biaya Representasi

Karyawan yang melakukan kegiatan representasi perusahaan juga tak perlu khawatir akan semua biaya yang sudah dikeluarkannya. Sebab perusahaan akan mengganti biaya tersebut pada karyawan yang bersangkutan.

Namun perlu diketahui pula beberapa hal yang sekiranya terkait dengan contoh reimbursement yang satu ini. Sehingga karyawan berhasil mendapatkan dananya kembali. Hal ini antara lain meliputi kegiatan makan malam dengan klien atau mitra bisnis. Selain itu karyawan seringkali juga memiliki kesempatan untuk dapat mengajukan reimbursement atas biaya-biaya yang terkait dengan kegiatan tersebut.

Baca juga: Cash Disbursement Adalah Bagian Dari Sistem Akuntansi Perusahaan

Contoh Reimbursement Biaya Kesehatan

Masih ada lagi contoh reimbursement lainnya oleh pihak karyawan kepada perusahaan tempatnya bekerja. Hal ini rupanya berkaitan dengan biaya kesehatan ataupun pengobatan yang pastinya dibutuhkan oleh setiap orang termasuk pula karyawan perusahaan.

Beberapa perusahaan juga memberikan fasilitas reimbursement atas biaya kesehatan yang meliputi pemeriksaan untuk kesehatan secara rutin. Selain itu reimbursement juga diterapkan pada karyawan dengan pengobatan akibat sakit atau kecelakaan yang terjadi dalam lingkup pekerjaan. Jadi karyawan yang sedang menjalankan tugasnya tak perlu khawatir. Terutama bagi karyawan yang harus mengalami perjalanan dinas cukup jauh. Anda bisa tetap memeriksa kesehatan dimana saja Anda melakukan tugas pekerjaan.

Contoh Reimbursement Biaya Pendidikan dan Pelatihan

Karyawan yang mengikuti pendidikan atau pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan mereka seringkali dapat mengajukan reimbursement atas biaya-biaya terkait. Sebut saja seperti halnya biaya pendaftaran dan biaya bahan pelatihan dan sebagainya.

Mungkin beberapa karyawan memang merasa perlu mengikuti pelataihan atau pendidikan tertentu untuk semakin meningkatkan kinerjanya. Maka nantinya karyawna dapat bekerja dengan lebih baik lagi sesuai dengan ilmu dan pengalamannya yang diperoleh melalui berbagai peLatihan atau pendidikan.

Contoh Reimbursement Biaya Komunikasi

Masih ada lagi contoh reimbursement untuk perusahaan. Sebut saja mulai dari biaya telepon dan internet hingga biaya perangkat komunikasi. Beberapa perangkat komunikasi yang bisa ditemukan dengan sangat mudah seperti misalnya ponsel atau laptop yang mungkin dapat direimburse sesuai kebijakan perusahaan. Segala panggilan bisnis pastinya akan diganti oleh perusahaan melalui adanya sistem reimbursement. Maka Anda tak perlu bingung memikirkan biaya yang memang mengikuti aktivitas Anda.

Contoh Reimbursement Biaya Lainnya

Selain berbagai macam contoh di atas rupanya masih ada lagi contoh reimbursement yang dapat diajukan penggantiannya. Reimbursement ternyata juga dapat mencakup berbagai jenis biaya lainnya sesuai dengan kegiatan dan kebutuhan karyawan. Namun tentunya penggantian biaya ini dilakukan pada karyawan yang telah mengeluarkan uang pribadinya dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Pengeluaran seperti ini memang harus diganti oleh perusahaan manapun.

Contoh reimbursement di atas pastinya bisa menambah pemahaman Anda mengenai hal ini. Penggantian biaya memang sudah biasa terjadi di setiap perusahaan yang bergerak di bdiang apa saja. Namun tentunya biaya apa saja yang dapat diganti oleh perusahaan tidak diterapkan tanpa adanya aturan dan Batasan dan yang jelas. Sebaliknya biaya apa saja yang dapat diganti oleh perusahaan perlu dipahami oleh setiap karyawan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dengan memahami berbagai contoh reimbursement yang mungkin terjadi maka nantinya para karyawan dapat lebih memahami segala hak mereka. Terutama hak yang terkait dengan penggantian biaya yang telah dikeluarkan dalam rangka menjalankan tugas pekerjaan. Maka pada akhirnya tidak akan sampai ada pihak yang dirugikan baik para pekerja maupun pengusaha yang mempekerjakannya.