swift code itu apa sih

Anda pernah mendengar istilah SWIFT code saat menggunakan layanan transfer uang internasional?

Ya, SWIFT sebetulnya berupa akronim yang sering terdengar saat berbicara mengenai transaksi keuangan. SWIFT singkatan dari Society for Worldwide Interbank Finansial Telecommunication. Organisasi tersebut berdiri di Brussels tahun 1973 dan bertujuan menetapkan beberapa standar umum terkait transaksi keuangan di seluruh dunia.

Salah satunya mengenai proses transfer uang lintas negara. Untuk melakukan transaksi keuangan tersebut, Anda membutuhkan SWIFT code agar bank atau layanan transfer bisa mengirimkan uang pada penerima yang dituju.

Masih bingung? Yuk, simak dulu 4 hal mengenai SWIFT code berikut ini.

Apa itu SWIFT code?

SWIFT code sering juga disebut sebagai BIC (Bank Identifier Code), SWIFT BIC, atau SWIFT ID. Sebuah SWIFT code mempunyai 8-11 karakter untuk mengidentifikasi bank tertentu dalam sebuah transaksi internasional. Tujuannya, agar uang yang dikirim sampai di tempat atau penerima yang tepat.

Bagaimana bentuk SWIFT code?

Coba perhatikan informasi yang Anda peroleh saat melakukan layanan transfer uang internasional, pasti akan muncul kode seperti ini: AAAABBCCDDD. Setiap bagian dalam kode itu mewakili arti berikut.

  • AAAA : 4 karakter kode bank
  • BB       : 2 karakter kode negara
  • CC        : 2 karakter kode lokasi
  • DDD    : 3 karakter kode cabang bank (opsional)

Apa fungsi SWIFT code untuk Anda?

Sepanjang bank yang Anda percayakan berafiliasi dengan SWIFT, maka bisa dipastikan pengiriman uang melalui jaringan bank tersebut aman dan pasti sampai di penerima. Namun, Anda harus mencermati hal berikut.

  • Perhatikan besaran biaya yang dikenakan oleh bank koresponden dan penerima.
  • Ketika transfer tersebut melibatkan dua mata uang, bank kerap menerapkan nilai tukar rendah dan mengambil selisih dari perbedaan nilai tukar tersebut.
  • Transfer uang dengan SWIFT code bisa berlangsung hingga 5 hari kerja.

Transfer uang lewat SWIFT bisa lebih mahal

layanan transfer uang internasional
Finansialku

Transfer uang melalui SWIFT bisa lebih mahal, terutama jika Anda hanya mengirim uang dalam jumlah kecil. Belum lagi tambahan biaya yang dikenakan bank perantara atau nilai tukar rendah yang dikenakan bank. Hal ini bisa memberatkan Anda karena nominal uang yang dikirim jadi bertambah tanpa memberi keuntungan pada Anda maupun penerima uang.

Mengirim uang lintas negara menggunakan SWIFT code hanya salah satu cara transfer uang. Ada cara lain yang lebih menguntungkan untuk Anda dan penerima uang, yaitu menggunakan Transfez.

Sebagai penyedia layanan transfer uang internasional tepercaya, Transfez menjanjikan penghematan biaya transfer uang hingga 91%. Anda hanya perlu download aplikasi dan daftar akun secara gratis, serta mengikuti langkah mudah selanjutnya. Mulai dari menentukan jumlah uang yang dikirim, verifikasi identitas, memasukkan informasi penerima uang, dan membayar biaya pengiriman ke rekening lokal Transfez.

Menariknya, setiap langkah itu cukup Anda lakukan melalui smartphone tanpa perlu repot pergi ke bank. Dengan Transfez, Anda tetap bisa produktif bekerja, serta menghemat waktu dan tenaga untuk mengirimkan uang ke negara lain.

Sisanya, Anda tinggal bersantai menanti pesan “terima kasih” dari penerima uang. Bahkan, saat menemui suatu kendala, Anda cukup mengontak customer service yang siap  membantu setiap saat.

Jadi, sekarang Anda sudah menemukan cara paling mudah dan nyaman untuk kirim uang ke mancanegara. Yuk, download Transfez di smartphone Anda!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram