tips mengajukan working holiday visa amerika serikat agar diterima

Bisa bekerja di Amerika Serikat adalah impian banyak pekerja. Hal itu bisa terjadi bukan tanpa alasan. Sebab, prospek kerja di negeri Paman Sam begitu menggiurkan. Salah satu cara tercepat untuk dapat bekerja di sana adalah mengajukan Working Holiday Visa Amerika Serikat.

Untuk kamu yang belum paham, Working Holiday Visa atau WHV Amerika Serikat adalah sebuah program khusus seperti visa. Hanya saja, keberadaan WHV ini diperuntukan pada remaja atau lulusan kuliah yang ingin bekerja di luar negeri.

Dengan adanya WHV ini, kamu bisa bekerja sekaligus liburan di negara lain. Untuk pengajuan WHF Amerka Serikat bisa diterima, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Pahami Jenis Visa yang Digunakan

Kamu perlu memiliki visa yang sesuai untuk bekerja di luar negeri. Amerika Serikat menawarkan visa non imigran untuk berbagai keperluan, termasuk pengunjung, turis, pekerjaan, bisnis, pendidikan, dan transit.

Dengan kata lain, kamu tidak dapat masuk ke Amerika Serikat sebagai imigran dengan visa ini. Salah satu cara untuk membuktikan hal itu adalah dengan menunjukkan bahwa kamu memiliki ikatan sosial dan ekonomi dengan negara asal. Lalu, kamu juga memiliki uang yang cukup untuk membayar perjalanan atau tinggal di Amerika.

Visa kerja di Amerika terbagi menjadi beberapa jenis seperti:

  • Visa H-1B :

Visa ini diberikan untuk pekerja profesional terampil yang dipekerjakan oleh perusahaan Amerika. Pekerja ini biasanya memiliki pendidikan tinggi dan keahlian khusus yang terkait dengan pekerjaan yang ditawarkan. Perusahaan Amerika dapat menggunakan visa H-1B untuk mempekerjakan tenaga kerja asing dalam industri yang membutuhkan keahlian khusus, seperti teknologi informasi, keuangan, dan kesehatan. Visa ini berlaku selama 3 tahun dan dapat diperpanjang hingga 6 tahun.

  • Visa L-1:

Individu yang akan berpindah dari perusahaan asing ke perusahaan Amerika yang sama atau terafiliasi harus memiliki visa ini. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah transfer yang terjadi di dalam perusahaan dan melibatkan manajer, eksekutif, atau pekerja yang memiliki pengetahuan khusus. Perusahaan asing dapat menggunakan visa L-1 untuk mempekerjakan tenaga kerja asing di cabang perusahaan mereka di Amerika Serikat. Masa berlakunya adalah selama 3 tahun dan dapat diperpanjang hingga 7 tahun.

  • Visa O-1:

Untuk mendapatkan visa ini, mereka harus memiliki keahlian atau prestasi luar biasa dalam bidangnya, seperti seniman, atlet, ilmuwan, atau profesional lainnya. Bahkan, harus membuktikan betapa unggulnya mereka dalam bidang tersebut. Mereka yang memiliki kemampuan dan prestasi luar biasa dalam seni, ilmu pengetahuan, olahraga, atau bisnis dapat menerima visa O-1. Masa berlakunya selama tiga tahun dan dapat diperpanjang tanpa batas waktu.

  • Visa J-1:

Selanjutnya ada Visa J-1 yang ditujukan pada program pertukaran pekerjaan sementara, magang, atau kunjungan ilmiah. Artinya, visa ini sering dipakai untuk pertukaran pendidikan, penelitian, atau pelatihan.

  • Visa E-2:

Investor yang ingin mendirikan bisnis di Amerika Serikat dapat menerima visa ini. Akan tetapi, mereka harus memiliki kewarganegaraan dari negara yang memiliki perjanjian perdagangan dengan Amerika Serikat.

2. Siapkan Berbagai Dokumen Secara Lengkap

prep documents for working holiday visa amerika serikat

Proses pengajuan Working Holiday Visa di Amerika Serikat membutuhkan persiapan dokumen yang lengkap. Pastikan paspormu masih berlaku setidaknya enam bulan setelah kedatangan. Isi DS-160 atau formulir aplikasi visa. Pastikan semua informasi dimasukkan dengan benar.

Selain itu, kamu harus menyediakan foto terbaru sesuai dengan persyaratan visa AS. Siapkan juga bukti dukungan keuangan, seperti laporan bank atau dokumen yang menunjukkan sumber dana untuk menutupi biaya hidup selama berada di Amerika Serikat.

Jika Anda memiliki sponsor, sertakan surat undangan atau kontrak kerja dari mereka. Dokumen lain yang mungkin diperlukan meliputi sertifikat kesehatan, bukti akomodasi, dan rencana perjalanan.

3. Dapatkan Sponsor yang Terpercaya

working holiday visa amerika serikat dapatkan sponsor yang terpercayaPengajuan Working Holiday Visa di Amerika Serikat juga membutuhkan sponsor yang dapat diandalkan. Peserta program sangat dibantu oleh sponsor yang biasanya berupa organisasi atau perusahaan tertentu. Mereka harus terakreditasi dan memiliki reputasi yang baik karena dapat memengaruhi pilihan imigrasi. Sebelum memilih sponsor, lakukan penelitian menyeluruh untuk memastikan bahwa mereka terdaftar dalam program pertukaran yang diakui oleh pemerintah AS.

Pilih sponsor yang menawarkan pengalaman kerja yang relevan dan bermanfaat serta menawarkan dukungan selama masa tinggal Anda. Pastikan sponsor memberikan dokumen yang diperlukan, seperti surat undangan atau pernyataan dukungan, yang menjelaskan tujuan program dan hubungan Anda dengan mereka. Dengan sponsor yang terpercaya, Anda tidak hanya meningkatkan kemungkinan Anda diterima visa, tetapi juga akan memiliki pengalaman positif selama berada di Amerika Serikat.

4. Buktikan keterikatan Kembali ke Negara Asal

Perlu kamu pahami bahwa Working Holiday Visa Amerika Serikat bersifat sementara. Artinya, para pemohon diharuskan kembali ke negara asalnya saat masa visa berakhir. Kamu dapat menunjukkan keterikatan ini dalam beberapa cara. Contohnya bukti yang menunjukkan bahwa kamu memiliki keluarga, seperti pasangan atau orang tua, yang tinggal di negara asal.

Kamu bisa juga ajukan kontrak kerja atau surat dari atasan. Hal ini menunjukkan bahwa kamu memiliki pekerjaan yang menani ketika kembali.

Selanjutnya, kamu bisa bawa bukti pemilik properti, seperti tanah atau rumah. Cara ini juga menunjukkan bahwa kamu memiliki alasan untuk kembali.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 70 Negara

5. Periksa Persyaratan Khusus Negara Asal

Terakhir, ketentuan dan persyaratan untuk program visa ini berbeda untuk setiap negaranya. Memahami batasan usia, jangka waktu tinggal, dan jenis pekerjaan yang diizinkan sangatlah penting. Selain itu, ada kemungkinan bahwa negara-negara tertentu memiliki perjanjian khusus dengan AS yang berdampak pada standar kelayakan.

Selain situs web resmi konsulat atau kedutaan AS, kamu dapat menemukan informasi ini di situs web pemerintah lainnya. Mengabaikan persyaratan ini dapat memiliki konsekuensi fatal, termasuk menolak pengajuan WHV. Pastikan bahwa semua dokumen dan bukti yang diperlukan telah dikumpulkan dengan benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bacaan Menarik dari Transfez Lainnya Seputar Amerika Serikat

Penyabab Terjadinya Inflasi Amerika yang Memperburuk Keadaan
Krisis Ekonomi 2008 Tidak Hanya Indonesia, Amerika Bangkrut
Kota Termahal di Amerika Berdasarkan Biaya Hidup
Tradisi Lebaran di Amerika Serikat di Tengah Mayoritas

download Transfez

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore