Tips Memasang Harga Produk Sesuai Ketentuan di Pasaran

Tips memasang harga produk memang perlu dilakukan supaya harga tersebut tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah ketika sudah dijual di pasaran. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan guna menentukan harga jual produk yang dapat kamu ketahui supaya harga tidak terlalu tinggi ataupun rendah.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Dengan demikian produk yang kamu jual bisa bersaing di pasaran dan memiliki minat yang cukup banyak di kalangan masyarakat. Cara penentuannya harus memperhatikan beberapa komponen sehingga bisa bersaing dengan produk yang dijual oleh kompetitor.

Tips Memasang Harga Produk Sesuai Ketentuan di Pasaran

Tips Memasang Harga Produk

1. Mark Up Pricing Methods

Mark up pricing methods pada dasarnya mempunyai konsep yang tidak jauh berbeda dengan cos plus pricing methods. Akan tetapi untuk mark up pricing methods memiliki perhitungan yang jauh lebih sederhana dikarenakan pihak penjual hanya perlu menambahkan modal dengan keuntungan yang nantinya ingin didapatkan, berikut ini untuk rumus perhitungannya:

Harga jual = modal + Mark up

Sementara itu untuk harga satuan bisa didapatkan dengan cara membagi total harga jual dengan banyaknya porsi jual. Jangan di begitu akan diketahui seberapa nilai mark up pricing methods yang dihasilkan.

2. Cost Plus Pricing Methods

Tips memasang harga produk yang bisa digunakan untuk menentukan harga yaitu menggunakan cost plus pricing methods. Cost plus pricing methods merupakan harga jual setiap produk yang dihitung dengan cara menjumlahkan keseluruhan biaya modal terlebih dahulu dan setelahnya baru ditambahkan lagi guna mendapatkan keuntungan.

Modal yang perlu dihitungkan tidak hanya dari harga beli bahan baku namun kamu juga harus menambahkan biaya operasional seperti halnya listrik dan juga tenaga. Cost plus pricing methods apabila disederhanakan maka kamu bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Harga jual = modal + persentase laba

3. Break Even Pricing

Salah satu tips memasang harga produk bisa dengan break event pricing, dalam hal ini permintaan pasar memiliki peranan yang sangat penting guna menentukan harga jual pada sebuah produk dan tentunya bisa selaras dengan prinsip ekonomi. Apabila permintaan naik maka harga produk juga naik dan begitu pula saat permintaan turun tentunya harga produk pun akan ikut turun, break even pricing lebih memperhatikan ongkos produksi di samping adanya permintaan pasar untuk penentuan harga.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Jika penjualan berada di bawah ambang batas break event tentunya usaha akan merugi dan apabila penjualan lebih tinggi dari titik break event barulah kamu akan berhasil mendapatkan keuntungan. Metode break event pricing tidak dapat diterapkan pada semua penjualan karena terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut:

• Semua produk bisa dipastikan terjual
• Semua modal usaha bisa dikategorikan dalam jenis konstanta dan variabel
• Modal setiap variabel persatuan produk memiliki nilai yang sama

4. Keystone Pricing

Tips memasang harga produk bisa menggunakan Keystone pricing dan metode ini mengartikan bahwasanya sebuah produk jual dengan harga bisa dua kali lipat dari total modal yang telah dibutuhkan ketika produksi. Metode yang satu ini telah dipraktikkan oleh beberapa perusahaan ritel sejak lama dan bahkan banyak brand terkenal yang sukses dengan menggunakan metode Keystone pricing.

Tidak heran lagi jika harga jual produk yang menggunakan metode Keystone pricing terbilang cukup mahal. Akan tetapi perlu diketahui metode yang satu ini Tidak sembarangan digunakan, hal ini dikarenakan kualitas produk harus disesuaikan dengan harga jual, sehingga makin tinggi harga jual maka kualitas produk pun harus semakin bagus.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

5. Value Based Pricing

Tips memasang harga produk bisa menggunakan metode value based pricing karena bisa ditentukan secara langsung oleh pelanggan bukan dari pihak penjual. Harga jual yang menggunakan metode ini bisa disesuaikan dengan besarannya nilai barang untuk pembeli dan metodenya sangat sulit diterapkan karena tidak memiliki patokan secara khusus.

Adapun untuk langkah yang bisa dilakukan penjual supaya mendapatkan harga jual yang tepat sebagai berikut:

  • Melakukan survei pada beberapa orang guna menemukan harga rata-rata
  • Apabila tidak mempunyai akses pada responden tetapkan saja harga yang paling tinggi di awal dan orang akan menganggap barang mempunyai value tinggi sehingga rela membayar mahal
  • Model value based pricing banyak ditemukan pada transaksi jual beli barang koleksi atau antik.

6. Manufacturer Suggested Retail Price

Salah satu cara yang digunakan untuk menentukan harga yang sangat mudah karena penjual tidak perlu bingung untuk melakukan penghitungan. Manufacturer suggested retail price pada dasarnya menjual barang yang menggunakan harga dengan ketetapan dari pabrik.

Metode ini biasanya digunakan dalam melakukan penjualan kendaraan bermotor, obat ataupun barang elektronik, meskipun sudah mendapatkan ketetapan dari pabrik namun harga yang ada di lapangan tentunya bisa mengalami perubahan. Hal ini bisa dikarenakan retailer ingin mendapatkan keuntungan lebih ataupun memang permintaan pasar pada barang tersebut sudah mengalami penurunan sehingga akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan baik itu lebih tinggi ataupun lebih rendah.

7. Penerapan Harga Sesuai Pasar

Metode ini guna menentukan harga produk dengan menggunakan modal sebagai dasar acuannya. Namun pada metode yang satu ini harga pasarlah yang nantinya akan menentukan besaran modal yang harus dikeluarkan dan besarnya keuntungan yang nanti akan didapatkan.

Dengan adanya patokan harga jual tersebut kamu bisa memperhitungkan modal yang harus dikeluarkan. Selain itu kamu juga harus memikirkan bagaimana strategi yang tepat supaya tetap bisa menghasilkan keuntungan dari menjalankan bisnis tersebut sehingga kamu bisa memenangkan persaingan dengan meningkatkan mutu produk.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait tips memasang harga produk melalui metode yang tepat. Dalam hal ini kamu bisa menyesuaikan metode dengan bisnis yang kamu jalankan supaya mendapatkan keuntungan dan bisa menghindari tingkat resiko kerugian pada penggunaan metode yang digunakan dalam menentukan harga produk.

Instagram