artikel tentang sukuk dari transfez

Surat berharga yang dikeluarkan negara disebut Sukuk sebagai bukti bahwa kamu telah membeli aset negara. Sukuk merupakan produk investasi berbasis syariah di Indonesia.

Pengertian Sukuk

Dalam fatwa Dewan Syariah Nasional No. 32/DSN MUI/IX/2002 dijelaskan bahwa Sukuk adalah bukti kepemilikan suatu aset yang diterbitkan oleh negara. Pemilik sukuk berhak mendapat bayaran dari pemilik obligasi syariah dengan sistem bagi hasil.

Sederhanya sukuk merupakan bukti kepemilikan aset berupa sertifikat, karena kamu telah membantu suatu aset negara dalam periode yang sudah ditentukan dalam sukuk tersebut.

Seringkali banyak yang salah paham bahwa Sukuk dan Obligasi merupakan dua hal yang sama. Sebenarnya dalam prakteknya keduanya berbeda.

Sukuk sendiri merupakan bukti kepemilikan aset yang dimiliki perusahaan. Nah, obligasi adalah surat utang. Perbedaan sukuk telah dilegalkan secara sah dan diakui oleh fatwa MUI yang nantinya akan diawasi oleh dewan syariah nasional. Jadi, sukuk dapat dipertanggungjawabkan hukum syariah serta keasilian sukuk.

Perbedaan paling mencolok di antara keduanya adalah terletak dari pendapatan keuntungan, jika sukuk didapatkan dari bagi hasil atau prinsip nisbah. Sedangkan obligasi keuntungannya didapatkan dari bunga hutang.

artikel tentang sukuk dari transfez

Jenis-jenis Sukuk

Sekarang kamu sudah mengetahui pengertian sukuk, serta sedikit gambaran tentang perbedaan sukuk dan obligasi. Kini, saatnya kamu mengetahui jenis-jenis sukuk yang ada dalam produk keuangan, silahkan kamu disimak!

Jenis-jenis Sukuk Secara Umum

Masyarakat Indonesia sering menggunakan sukuk secara umum antara lain:

a. Sukuk Ritel

Sukuk ritel merupakan SNSD atau Surat Berharga Syariah Negara jenis sukuk lain yang diterbitkan untuk investor perorangan atau ritel tapi dengan pengelolaan dan akad syariah.

b. Sukuk Tabungan

Sukuk Tabungan diterbitkan oleh pemerintah khusus untuk mayarat umum sebagai wadah investasi dan di kelola dengan akad perinsip syariah berupa sukuk dan SBSN (Surat Berharga Syariah Negara)

Jenis-jenis Sukuk dari Pihak yang Menerbitkan

Selanjutnya Sukuk dibedakan dari pihak yang menerbitkannya, yaitu sukuk negara dan sukuk korporasi. Penjelasan dibawah ini!

a. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)

Nama lain dari SBSN adalah sukuk negara. Sukuk negara merupakan bukti atas salah satu aset kepemilikan negara yang dikeluarkan oleh negara sebagai bukti.

b. Sukuk Korporasi

Sukuk Korporasi diterbitkan oleh pemilik obligasi syariah dalam suatu perusahaan dalam bentuk sukuk.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Jenis-jenis Sukuk dari Akad

Sukuk dapat dibedakan dari akad syariahnya. Berikut dibawah ini adalah rinciannya:

a. Sukuk Mudharabah

Sukuk Mudharabah merupakan sukuk yang dilakukan dengan perjanjian mudharabah, di Sukuk Mudharabah ini ada pihak pemberi modal atau yang disebut rab al mal, dan pengelola modal atau mudharib.

kerugian akan ditanggung sepenuhnya oleh rab al maal atau pemilik modal. Sedangakan keuntungnnya dibagai sesuai dengan perjanjian di awal sukuk.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

b. Sukuk Ijarah

Sukuk Ijarah merupakan sukuk dengan perjanian hanya memindahkan hak ata barang dan jasa dalam menggunakannya, tanpa memindahakan kepemilikan dari barang dan jasa tersebut. Sederhananya akad ijarah adalah sukuk berupa sewa menyewa.

Sehingga kepemilikan dari barang dan jasa yang di akad-an tersebut masih pada orang yang sama.

c. Sukuk Salam

Sukuk salam merupakan cara memperoleh modal dengan mengeluarkan sukuk.

d. Skuk Istishna

Sukuk Istishna merupakan perjanjian sukuk dengan akad istishna yang berisi kesepakatan jual beli untuk permodalan proyek tertentu.

e. Sukuk Musyarakah

Sukuk Musyarakah merupakan suku yang berasal dari modal kedua belah pihak yang digabungkan lalu diterbitkan dengan tujuan membangun proyek baru bersama. Keuntungan dan kerugian sukuk akan ditanggung kedua belah pihak susia jumlah modal yang telah mereka setorkan.

f. Sukuk Murabaha

Sukuk Murabahah merupakan akad sukuk yang memiliki prinsip jual beli.

g. Sukuk Wakalah

Sukuk Wakalah merupakan sukuk dengan perjanjian atau akad wakalah yang memberi mandate kepada seseorang untuk mengelola usaha atas nama pemegang sukuk.

h. Sukuk Muzara’ah

Sukuk Muzara’ah merupakan sukuk dengan perjanjian atau akad muzara’ah yang tujuannya untuk memberi modal pada sektor pertanian. Keuntungannya berupa hasil panen dengan kesepakatan yang telah disetujui pada akad sukuk muzara’ah.

i. Sukuk Musaqah

Sukuk Musaqah adalah sukuk dengan akad Musaqah yang dalam perjanjiannya untuk kegiatan irgasi, yang berasal dair dana hasil penerbitan sukuk.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Contoh Sukuk

Contoh Cara Membeli Sukuk

Cara membelinya sangat sederhanya. Kamu dapat membelinya melalui e-SBN atau disebut juga dengan elektronik Surat Berharga Negara. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Registrasi

Kamu daftarkan diri pada salah satu mitra distribusi salah satunya adalah OCBC NISP. Lalu kamu buka m-banking OCBC NISP masuk ke dalam menunya dan pilih “Wealth Management”.
Kemudian setelah masuk ke menu tersebut kamu akan menemukan empat investasi dan silahkan pilih “online retail SBN”.

2. Mengisi Data Diri

Pada bagian tersebut isi identitas diri pada halam registrasi, dan lanjutkan step-stepnya.

3. Melakukan Pemesanan

Setelahnya kamu memiliki rekening sumber dana investasi. Lalu klik kotak syarat dan persetujuan konfirmasi, dan muncul “Online rtiel SNN” pilih dan lanjutkan pada tombol pemesanan.

4. Pilih Produk Sukuk

Selanjutnya kamu harus memilih produk sukuk sesuai keinginan dan kebutuhan kamu yang dimana disana telah terpanjang seluruh produk SABUN yang tersedia. Jika sudah memilih lanjutkan dengan klik pemesanan.

5. Pembayaran

Terakhir masukan jumlah investasi yang ingin anda keluarkan, klik selanjutnya dan konfirmasi data nominal jumlah sukuk lalu konfirmasi. Kemudian kamu akan menerika kode token SMS klik oke, dan pembayaran.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Nah, sekarang kamu sudah tau bukan penjelasan, jenis, serta contoh membeli sukuk. Kini, kamu dapat berinvestasi secara syariah dan sudah dijamin dengan fatwa MUI. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram