wisata religi di mesir

Mesir merupakan salah satu negara dengan peradaban tertua di planet bumi. Hal itu terihat dengan banyaknya warisan sejarah, arsitektur, hingga budayanya yang cukup berpengaruh di dunia hingga sekarang. Hal itu membuat Mesir termasuk salah satu wisata religi populer oleh para turis. Beberapa rekomendasi wisata religi di Mesir adalah sebagai berikut.

1. Masjid Al-Azhar, Kairo

wisata religi di mesir masjid al azhar kairoRekomendasi pertama ada Masjid Al-Azhar di Kairo. Bisa dikatakan, ini merupakan salah satu tempat religius terkenal di Mesir. Dinasti Fatimiyah mendirikan masjid ini pada tahun 970–972 M. Hal tersebut membuatnya jadi salah satu pusat pendidikan Islam tertua dan paling terkenal di dunia.

Masjid Al-Azhar bukan hanya tempat ibadah semata, tetapi juga pusat ilmu pengetahuan Islam. Keberadaan Universitas Al-Azhar di dalam kompleksnya menawarkan kursus pendidikan luas. Beberapa ilmu yang dipelajari adalah teologi, hukum Islam, dan filsafat.

Dengan aula besar, pilar marmer, dan kubah indah, masjid ini adalah salah satu bangunan bersejarah penting di Kairo. Arsitekturnya adalah contoh khas gaya Fatimiyah. Para wisatawan dapat menikmati kunjungan ke Masjid Al-Azhar sebagai pengalaman spiritual dan edukatif. Di dalamnya dapat menawarkan pemahaman tentang sejarah, budaya, dan perkembangan pendidikan Islam di dunia Arab.

2. Masjid Amr bin Ash, Kairo

Masjid Amr bin Ash didirikan oleh panglima Muslim yang menaklukkan Mesir, Amr bin Ash, pada tahun 642 M. Bisa dikatakan, Ini adalah masjid pertama di Mesir dan Afrika. Dengan begitu, masjid ini juga merupakan tempat bersejarah penting dalam sejarah Islam.

Masjid ini sudah mengalami banyak renovasi, tetapi beberapa bagian asli masih ada yang lama. Contohnya seperti ruang salat yang luas, halaman tengah terbuka, dan tiang-tiang penyangga sederhana. Dalam tradisi Islam, arsitektur masjid mencerminkan kesederhanaan dan keindahan desain awal masjid.

Masjid Amr bin Ash adalah tempat ibadah dan pusat pendidikan Islam. Para ulama banyak yang mengajar ilmu agama di tempat ini. Hal itu menjadikannya salah satu pusat intelektual paling penting dalam sejarah peradaban Islam.

3. Sinagog ben Ezra, Kairo

wisata religi di mesir sinagog ben ezra

Tidak hanya masjid, Mesir juga memiliki beberapa wisata religi untuk kelompok tertentu. Contohnya ada Sinagog Ben Ezra untuk komunitas Yahudi. Sebelum dijual kepada komunitas Yahudi, sinagog ini adalah gereja Kristen Koptik. Tempat ini telah menjadi simbol perdamaian agama dan telah menyaksikan banyak periode sejarah di Mesir.

Sinagog Ben Ezra memiliki arsitektur yang memadukan elemen Kristen dan Yahudi. Terdapat motif yang kompleks dan detail artistik yang di dalamnya. Bangunan ini terkenal karena penemuan Genizah Kairo, kumpulan naskah dan dokumen bersejarah yang menunjukkan kehidupan Yahudi di zaman pertengahan.

Sinagog tersebut ada di tengah kawasan Koptik Kairo dan dekat dengan banyak situs bersejarah lainnya, seperti Gereja Gantung dan Gereja Abu Serga. Hal Ini membuatnya bagian dari rute wisata religius Kairo yang begitu lengkap.

4. Masjid Ibnu Tulun, Kairo

wisata religi di mesir ibnu tulun mosqueMasjid Ibnu Tulun adalah salah satu masjid tertua di Kairo dan dibangun oleh pendiri dinasti Tulunid Ahmad Ibn Tulun pada tahun 876–879 M. Bangunan ini memakai bata merah dan elemen dekoratif yang minimalis namun elegan. Hal itu membuat masjid tersebut mencerminkan gaya arsitektur Islam abad kesembilan.

Masjid ini memiliki beberapa fitur paling mencolok, salah satunya adalah menara spiralnya yang unik. Menara tersebut terinspirasi oleh Menara Samarra di Irak. Dengan begitu, para pengunjung melihat kota Kairo dari ketinggian. Halaman pada masjid ini luas dengan serambi dan lengkungan besar di sekitarnya. Hal itu memberikan suasana tenang dan damai yang ideal untuk berpikir spiritual.

Tidak hanya penting sebagai tempat ibadah, tetapi juga salah satu monumen tertua yang masih berdiri dari era awal Islam di Mesir. Hal Ini membuatnya situs penting untuk mempelajari sejarah dan perkembangan peradaban Islam.

Baca juga: Kisaran Gaji TKI dan TKW di Mesir

5. Masjid Muhammad Ali, Kairo

Jika kamu mencari masjid yang sangat megah di Mesir, maka bisa mengunjungi Masjid Muhammad Ali. Masjid ini memiliki arsitektur megah dengan gaya Ottoman begitu menonjol. Konsepnya sendiri mirip dengan masjid-masjid besar di Istanbul, Turki. Bangunan tersebut memiliki kesan mewah dan elegan berkat marmer alabaster putihnya.

Masjid ini dibangun oleh pendiri Mesir modern, yakni Muhammad Ali Pasha antara tahun 1830 dan 1848. Fungsinya adalah sebagai simbol kekuatan dan kekuasaan dinasti Muhammad Ali. Makam Muhammad Ali sendiri di dalam masjid juga menarik bagi pengunjung.

Lokasi ini ada di dalam Benteng Kairo (Citadel) yang merupakan salah satu kompleks bersejarah terbesar di Kairo. Hal itu bersama dengan banyak atraksi lainnya. Dari ketinggian, masjid ini menawarkan pemandangan menakjubkan kota Kairo. Masjid Muhammad Ali adalah salah satu masjid terbesar dan paling terkenal di Kairo. Bangunan ini bisa menjadi pusat aktivitas keagamaan dan simbol penting bagi umat Muslim Mesir.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60+ Negara

6. Masjid Sultan Hassan, Kairo

Wisata religi di Mesir terakhir yang layak kamu kunjungi adalah Masjid Sultan Hassan. Masjid ini dibangun oleh Sultan Hassan bin Al-Nasir Muhammad bin Qalawun dari tahun 1356 hingga 1363. Bahkan, masjid ini dibangun oleh salah satu karya arsitektur Mamluk terbaik.

Masjid Sultan Hassan terkenal dengan arsitekturnya yang megah. Hal itu ditunjukkan oleh pintu masuknya yang menjulang tinggi, halamannya yang luas, dan mihrabnya indah. Lengkungan besar dan desain rumit ruang utama bisa memukau para pengunjung.

Panjang bangunan ini ada di kisaran 150 meter dan tingginya 36 meter. Dengan data tersebut, tentunya jadi salah satu masjid terbesar di dunia pada saat itu. Bahkan, masih menjadi simbol kebesaran dan kemegahan masjid hingga hari ini.

Tidak hanya tempat ibadah, tetapi juga sekolah untuk empat mazhab Islam utama, yakni Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali. Karena lokasinya yang dekat dengan Benteng Kairo dan Masjid Al-Rifa’i, ini adalah salah satu rute perjalanan religius yang paling populer di Kairo.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis AndaID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store 350px appstore