apa itu payroll

Pengertian Payroll dan cara menggunakan sebenarnya terbilang sangat mudah mengingat keberadaan aplikasi yang satu ini bisa membantu pengguna untuk proses pembayaran gaji. Biasanya keberadaan aplikasi Payroll ini digunakan oleh sebagian besar perusahaan guna melakukan pembayaran gaji untuk karyawan.

Nama Payroll sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi di kalangan pengguna khususnya di perusahaan karena memiliki peranan yang sangat penting untuk melakukan pembayaran gaji.

Baca Juga Artikel Tentang Gaji TKI dan Gaji TKW Lainnya dari Transfez

Gaji TKI dan TKW di Dubai
Gaji TKI dan TKW di Taiwan
Gaji TKI dan TKW di Arab
Gaji TKI dan TKW di Malaysia
Gaji TKI dan TKW di Qatar
Gaji TKI dan TKW di Kuwait
Gaji TKI dan TKW di Hongkong
Gaji TKI dan TKW di Jepang

Di era digital sekarang ini banyak diantara perusahaan yang lebih menggunakan aplikasi Payroll guna memudahkan membayar gaji karyawan tepat waktu dan prosesnya yang cepat.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Pengertian Payroll dan Cara Menggunakan

apa itu payroll

Payroll merupakan sistem untuk pembayaran ataupun pemberian gaji yang dilakukan oleh perusahaan pada karyawan untuk jangka waktu tertentu dan banyak yang menggunakan bahwa sistem Payroll ini merupakan layanan digital yang memberikan banyak kemudahan.

Terlebih dengan perusahaan skala besar tentunya memiliki jumlah karyawan hingga ratusan yang tidak mungkin membayarkan gajinya satu persatu karena hal ini akan cukup sulit jika dilakukan secara manual.

Dengan menggunakan sistem Payroll maka nantinya karyawan akan diberikan detail secara jelas terkait komponen gaji yang telah dibayarkan pada waktunya.

Kelengkapan detail komponen tersebut seperti halnya uang makan, uang lembur, biaya transportasi, BPJS ketenagakerjaan hingga potongan pajak atas gaji yang didapatkan oleh karyawan tersebut.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Manfaat Payroll

Dengan kamu mengetahui pengertian Payroll dan cara menggunakan layanan aplikasi tersebut maka tidak akan ragu lagi untuk memanfaatkannya sebagai sistem pembayaran yang cepat dan mudah. Berikut inilah manfaat yang bisa kamu ketahui dengan menggunakan layanan aplikasi Payroll:

1. Lebih Hemat Waktu

Manfaat Payroll di dalam lingkungan perusahaan tentunya bisa lebih menghemat waktu untuk proses pembagian gaji kepada semua karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Bab dengan adanya sistem Payroll maka bisa membantu perusahaan untuk membuat laporan gaji setiap bulan yang nantinya akan diberikan pada karyawan.

Apabila ada karyawan yang absen dalam satu hari pun aplikasi Payroll bisa mendeteksi secara otomatis untuk melakukan penghitungan gaji sesuai dengan ketentuan. Demikian untuk penghitungan gaji karyawan tidak perlu dilakukan secara manual oleh bagian HR ataupun administrasi.

2. Mengetahui Laporan Gaji Bulanan

Untuk semua perusahaan memang penting mengetahui pengertian Payroll dan cara menggunakannya, sehingga perusahaan bisa memanfaatkan sistem layanan ini untuk melakukan kegiatan pembayaran atau penggajian karyawan setiap bulan.

Manfaat yang dapat dirasakan oleh karyawan dengan adanya sistem layanan Payroll adalah bisa diketahui laporan gaji keuangan setiap bulan.

Viral akan memberikan gambaran dengan detail dan jelas pada karyawan terkait berapa persentase potongan pajak hingga pembayaran BPJS ketenagakerjaan sehingga bisa diketahui total gaji bersih yang nantinya diterima setiap bulan.

Selain itu juga pembayaran Payroll memberikan kemudahan karyawan dalam mengetahui slip gaji karena akan dikirimkan langsung melalui email.

Cara Melakukan Pembayaran Gaji Karyawan

Apabila kamu sudah mengetahui pengertian Payroll dan cara menggunakan maka akan lebih mudah untuk melakukan pembayaran gaji karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan.

Berikut ini langkah mudah yang dapat kamu ikuti dalam proses pembayaran gaji karyawan menggunakan layanan aplikasi Payroll:

• Ketika kamu sebagai pengguna yang baru memulai menggunakan fitur layanan Payroll online pajak maka silakan menginput daftar karyawan yang bekerja di perusahaan terlebih dahulu
• Apabila sudah menginput semua daftar karyawan perusahaan lanjutkan dengan klik tombol tambah yang ada di halaman aplikasi Payroll guna menginput data karyawan baru tersebut
• Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melengkapi informasi pribadi secara detail atas daftar karyawan yang bersangkutan. Namun harus kamu ketahui dalam melakukan pengisian nomor telepon maka perlu menggunakan kode negara tanpa tambahan spasi ataupun simbol
• Setelah itu silakan kamu melengkapi kontrak dan informasi lainnya serta kelengkapan secara detail mengenai bank account atas karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut
• Setelah mengetahui pengertian Payroll dan cara menggunakan maka lakukan langkah berikutnya dengan mengisi detail perhitungan untuk gaji karyawan seperti rincian gaji dan detail BPJS
• Jika sudah,lanjutkan dengan mengisi semua detail informasi karyawan. Setelahnya silakan kamu klik tombol simpan yang ada di halaman aplikasi Payroll tersebut
• Dengan begitu kamu akan melihat rincian perhitungan atas pembayaran gaji karyawan dengan cara klik tombol YA, silakan kamu melihat detail penghasilan yang nantinya didapatkan oleh masing-masing karyawan
• Lanjutkan proses ini ketika kamu sudah melihat detail perhitungan gaji karyawan maka pilih menu daftar gaji yang ada di dalam menu Payroll
• Kamu akan melihat totalan gaji yang telah dibayarkan, sisa gaji yang harus dibayarkan oleh perusahaan, gaji yang telah dijadwalkan oleh perusahaan dan menunggu konfirmasi dari pihak bank serta melihat jumlah total gaji untuk semua karyawan yang harus dibayarkan oleh perusahaan tempat bekerja
• Klik tombol lanjutkan pembayaran dan pilih tombol konfirmasi pembayaran
• Dalam hal ini kamu bisa melanjutkan dengan pilih bank untuk melakukan transfer gaji dan ikutilah instruksi guna melakukan transaksi dana tersebut,namun kamu juga harus memastikan bahwa saldo yang ada di dalam wallet kamu cukup untuk melakukan pembayaran
• Apabila sudah transfer dana maka langkah berikutnya dengan klik tombol lanjutkan pembayaran dan juga konfirmasi pembayaran
• Sementara itu jika ingin melakukan penjadwalan pembayaran gaji maka kamu dapat melakukan pengisian tanggal sesuai dengan keinginan dan jumlah gaji yang seharusnya dibayarkan
• Kamu akan melihat status berhasil dengan tulisan pembayaran dijadwalkan pada aplikasi tersebut
• Dengan demikian tunggulah sampai status pembayaran berhasil dilakukan dari aplikasi Payroll itu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Itulah beberapa uraian terkait penjabaran pengertian Payroll dan cara menggunakan untuk melakukan pembayaran gaji karyawan yang bekerja di perusahaan. Layanan digital ini memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi perusahaan dalam proses pembayaran gaji namun juga karyawan untuk melihat detail komponen gaji yang didapatkan.

Instagram