Kota Termahal di Korea Selatan dan Kota Terkenal

Korea Selatan sebagai salah satu negara yang sangat terkenal karena memiliki budaya pop yang sudah mendunia seperti K-Drama, K-Pop dan K-Beauty yang sudah sangat ternama di seluruh para penggemarnya. Tidak heran jika banyak sekali kota termahal di Korea Selatan karena dampak dari perkembangan ekonomi dan beberapa faktor lain yang membuat biaya hidupnya semakin tinggi.

Baca juga: Kirim USD ke Korea Selatan Dengan Transfez

Korea Selatan juga menjadi negara yang menyuguhkan destinasi wisata menarik untuk para pelancong asing. Sebelum datang ke negeri ginseng ini sebaiknya sudah mengetahui adanya sejumlah kota yang memiliki biaya hidup sangat tinggi dan perlu Anda perhatikan.

Kota Termahal di Korea Selatan

Kota Termahal di Korea Selatan dan Kota Terkenal

1.      Seoul

Seoul merupakan ibukota Korea Selatan yang juga menjadi kota termahal di sini karena untuk biaya hidup tinggal di Seoul kisaran 26% lebih tinggi dibandingkan biaya hidup rata-rata secara global dengan harga sewa apartemen berada di pusat kota bisa mencapai kisaran 20 jutaan per bulan. Seoul menjadi kota termahal tidak hanya dari pertumbuhan ekonominya yang sangat pesat namun juga ketersediaan perumahan yang terbatas dengan permintaan yang sangat tinggi tentunya membuat harga di pusat kota Seoul terbilang sangat mahal.

Seoul merupakan pusat kota paling luas di Korea Selatan dan wilayahnya sendiri telah mencangkup provinsi Gyeonggi serta kota metropolitan Incheon yang muncul menjadi ekonomi metropolitan terbesar peringkat keempat di dunia di tahun 2014 dan hanya tertinggal dari kota New York, Tokyo serta Los Angeles yang telah menampung lebih dari sebagian populasi Korea Selatan. Di Seoul menjadi kota yang sangat layak dihuni di kawasan Asia karena menawarkan kualitas hidup tertinggi peringkat kedua secara global di tahun 2015 serta PDB per kapita kisaran 40.000 dolar, yang bahkan juga terdapat perusahaan raksasa berdiri di Seoul.

2.      Busan

Busan merupakan salah satu kota termahal di Korea Selatan setelah Seoul, bahkan keberadaannya sendiri sudah mengalami kenaikan peringkat karena harga-harga di Busan terus mengalami lonjakan secara signifikan. Kota di Korea Selatan inilah yang mengalami kenaikan biaya hidup lebih cepat daripada kota New York Amerika Serikat.

Kota metropolitan busan sebagai kota paling padat kedua di Korea Selatan yang menjadi pusat ekonomi, budaya hingga pendidikan di negara Korea Selatan serta terdapat pelabuhan yang menjadi pelabuhan paling sibuk di Korea Selatan hingga tersibuk urutan keenam di dunia. Busan sebagai pusat konvensi internasional menjadi tuan rumah pada pertemuan puncak APEC di tahun 2005 dan memiliki departemen store terbesar di dunia yang dapat menunjang perekonomian lebih maju di Busan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

3.      Gangnam

Gangnam masuk dalam daftar kota termahal di Korea Selatan dan Oktober 2022 kota ini sebagai daerah dengan rata-rata harga jual untuk apartemen paling mahal urutan nomor 1 di Korea Selatan. Kisaran 2,28 miliar won untuk rata-rata harga jual pada sebuah apartemen yang ada di pusat Gangnam.

Daerah Gangnam menjadi salah satu lingkungan paling kaya di Korea Selatan karena ada International Trade Association atau KITA, COEX serta beberapa perusahaan besar lain yang telah membuka dan menjalankan bisnisnya di tengah-tengah Gangnam. Hal inilah yang memicu biaya hidup di kota Gangnam terbilang sangat mahal, sehingga ketika ingin datang liburan ke Gangnam pastikan telah menyiapkan budget yang mencukupi untuk kebutuhan akomodasi dan makan setiap hari.

4.      Yongsan

Yongsan berada di seberang kota Gangnam yang merupakan daerah elit di kawasan Korea Selatan dan menjadi daerah yang memiliki properti paling mahal peringkat ketiga di Korea Selatan karena untuk harga jual rata-ratanya kisaran 1,75 miliar won. Daerah Yongsan juga menjadi keberadaan dari Hannam-dong yang masuk dalam kategori lokasi elite dan banyak dijadikan sebagai tempat favorit dari berbagai selebriti ternama Korea Selatan.

Di daerah inilah tepat berada di seberang sungai Han dan akan terlihat apartemen Hannam The Hill sebagai salah satu apartemen paling mahal karena memiliki jumlah transaksi yang dapat mencapai angka kisaran 7,75 miliar won. Ternyata banyak sekali dari orang-orang Amerika Serikat yang datang ke Yongsan untuk tinggal di kawasan ini karena memiliki gaya arsitektur yang lebih condong dengan gaya barat sehingga tidak heran jika perumahan daerah Yongsan memang sangat populer.

5.      Cheongnam-dong

Salah satu kota termahal di Korea Selatan yang masuk dalam daerah jajaran produk dari berbagai brand mewah yang ada di wilayah ini dan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap tingginya biaya hidup. Jika Anda tertarik dengan berbagai pilihan fashion Korea Selatan tentunya harus datang ke kota Cheongdam-dong untuk memilih berbagai model fashion yang disukai karena kawasan ini menjadi salah satu pusat elit dengan tokoh-tokoh dan rumah mewah dari banyak brand besar baik itu dalam ataupun luar negeri.

Anda akan melihat jajaran toko Gucci, Valentino, Prada, Louis Vuitton dan beberapa brand besar lain yang dapat ditemukan dengan sangat mudah, tentunya seperti drama yang terlihat di Cheongdamdong Alice di daerah ini yang menggiurkan karena bisa berbelanja pakaian dengan memilih brand lokal ataupun internasional. Cheongdam-dong masih satu daerah dengan Apgujeong yang merupakan kawasan elit dengan berbagai brand mewah untuk menunjukkan eksistensinya yang pastinya ini menjadi surga untuk Anda yang suka berbelanja barang mewah.

6.      Seocho-gu

Seocho-gu adalah daerah yang juga memiliki biaya hidup paling mahal dengan urutan nomor 3 di Korea Selatan. Hal ini diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan oleh statistik dan sudah dipublikasikan di tanggal 3 Desember 2023 lalu dan menjadikan Seocho-gu masuk dalam daftar kategori kota termahal di Korea Selatan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Tidak heran jika harga jual setiap apartemen di kota ini rata-rata mencapai 2 miliar won di akhir tahun 2022 lalu, mengingat kebutuhan perumahan untuk tempat tinggal memiliki permintaan yang sangat tinggi namun tidak ditunjang dengan ketersediaan perumahan di kota ini. Daerah ini selayaknya pusat kebudayaan Seoul karena terdapat beberapa pusat diantaranya Saebitseom, Seoul Arts Center, Shinsege Mall, Statue of Peace, Banpodaegyo Bridge, The National Library of Korea, dan terdapat Heolleung, pemakaman dari Raja Taejong.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 26 Mei 2024