Investasi Sektor Riil

Pernah mendengar tentang investasi sektor riil? Terjun di dunia investasi tidak cukup hanya mengenal profit dan resiko saja. Banyak hal yang harus kamu pahami dan pelajari lagi seperti halnya instrumen, wujud hingga jenisnya.

Dengan begitu pemahaman akan penanaman modal memang haruslah ditambah agar tidak hanya covernya saja yang dipahami. Penanaman moda mempunyai banyak lingkup instrumen.

Pengertian Investasi Sektor Rill

Investasi Sektor Riil

Jenis dari penanaman modal yang asetnya riil atau dikatakan nyata, artinya bahwa aset pada penanaman modal terlihat dan dapat kamu pegang secara langsung. Berbeda dengan sektor finansial atau aset finansial yang hanya terlihat di dalam sebuah cek, dokumen lain atau kontrak.

Penanaman modal dalam properti serta emas masuk dalam kategori sektor riil. Tidak hanya itu saja, penanaman modal untuk usaha bisa masuk pada sektor riil.

Keuntungan Sektor Riil

Tidak hanya sektor finansial saja yang mempunyai keuntungan banyak namun sektor rill pun juga memiliki beberapa keuntungan yang dapat kamu ketahui. Berikut keuntungan dari penanaman modal sektor riil:

• Menjadi sumber untuk mendapatkan penghasilan tambahan
• Sebagai dana pensiun
• Tabungan untuk masa depan
• Jaminan bisnis atau usaha
• Tabungan untuk kebutuhan lainnya seperti pesta pernikahan, travelling, pendidikan dan lain sebagainya)
• Modal tambahan untuk ekspansi menjalankan bisnis

Resiko Sektor Riil

Investor pada sektor riil sangat cocok menggunakan investasi ini untuk jangka panjang maupun pendek. Namun jangan lupa setiap kegiatan uang melibatkan dana pastinya terdapat resiko yang harus kamu ketahui.

Baik itu sifatnya kecil ataupun besar seperti halnya resiko ekonomi, ketidakmampuan dalam memanajemen ataupun melakukan pengelolaan aset, kekurangan modal, resiko perubahan atas kebijakan dan yang lainnya. Sebelum kamu terjun untuk ke sektor riil sebaiknya memahami resiko yang harus siap kamu hadapi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Jenis dari Penanaman Dana Sektor Rill yang Cukup Populer

Untuk kamu yang tertarik dengan penanaman modal. Berikut inilah jenis-jenis yang bisa kamu ketahui untuk sektor rill yang cukup populer di Indonesia dan mempunyai profit tinggi.

1. Sektor Riil Emas

Emas sudah menjadi bentuk dari penanaman modal yang mana keberadaannya sangat lama dan pastinya masih menjadi salah satu dari pilihan instrumen favorit hingga sekarang ini. Sekarang ini kamu bisa merasakan kemudahan tidak harus membeli emas terlebih dahulu untuk memulai penanaman modal.

Platform online seperti halnya aplikasi pegadaian online serta aplikasi menabung emas secara online bisa menjadi pilihan untuk kamu. Investasi emas dengan cara dicicil sesuai dengan keinginan dan jika nantinya sudah lunas maka akan merasakan secara fisiknya atau dapat menjualnya lagi pada platform yang sama.

2. Sektor riil properti

Salah satu jenis dari penanaman aset properti yang masuk ke dalam jenis sektor riil dan dapat memberikan keuntungan lebih tinggi. Hal ini dikarenakan harganya properti selalu menunjukkan kenaikan yang sangat pesat.

Bahkan tidak perlu dalam hitungan tahun saja harga properti sudah naik secara signifikan. Kamu juga bisa melakukan pencicilan tanah maupun bangunan yang kamu inginkan dengan menggunakan sistem KPR atau Kredit Perumahan Rakyat namun cek terlebih dahulu persyaratannya cocok untuk KPR atau tidak.

3. Sektor riil modal bisnis

Penanaman modal bisnis untuk sektor riil berarti kamu akan menanamkan sejumlah uang sebagai modal pemilik bisnis yang akan kamu modalkan. Saat berbisnis sudah menghasilkan keuntungan lebih, maka kamu dapat meminta bagiannya dari keuntungan yang sudah didapatnya sesuai dengan perjanjian.

Bisnis yang dimodalkan bisa bergerak dalam bidang apa aja, baik itu bisnis makanan, pakaian, penjualan barang dan lain sebagainya. Pada intinya bisnis tersebut dapat kamu lakukan pengawasan lebih dan bisa dilihat berjalan sesuai dengan rencana.

4. Sektor rill investasi logam mulia

Tidak hanya emas saja, kamu juga bisa melakukan penanaman modal pada logam mulia. Bentuknya memang serupa dengan emas, namun logam mulia seperti halnya platina maupun perak.

Meskipun keberadaannya memang tidak begitu populer namun penanaman modal untuk logam mulia juga sangat menguntungkan. Profit yang akan kamu dapatkan juga begitu tinggi.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

5. Sektor riil tanah

Tanah adalah jenis dari penanaman modal untuk jangka panjang yang mana harganya selalu naik dari tahun ke tahun. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat dari modal awalnya asalkan siap untuk bersabar tidak menjual dalam waktu cepat.

Jika kamu belum mempunyai modal untuk melakukan penanaman modal bisa melanjutkan dengan pengajuan KPT atau Kredit Kepemilihan Tanah ke pihak bank. KPT ini memiliki sistem sama dengan KPR, namun perbedaannya hanya berlaku dalam pembelian tanah kosong saja.

Tips Melakukan Investasi untuk Sektor Riil

1. Melihat kebutuhan dan tujuan

Dalam melakukan penanaman modal perlunya kamu menentukan kebutuhan serta tujuan kamu. Dengan adanya tujuan serta kejelasan kebutuhan maka akan lebih bisa mengetahui instrumen yang cocok.

Selain itu juga harus menentukan jangka waktu serta berapa modal yang memang harus kamu siapkan. Seperti halnya menabung untuk masa depan atau dana pensiun bisa menggunakan jangka waktu panjang seperti halnya properti maupun tanah, namun jika untuk liburan bisa dengan emas ataupun logam mulia.

2. Jangan menggabungkan dana investasi dan tabungan

Meskipun mempunyai tujuan yang sama dalam hal penyimpanan uang. Akan tetapi dana yang sudah kamu dapatkan dari penanaman modal dan tabungan dapat dipisahkan mengingat mempunyai tujuan berbeda.

Ini merupakan bentuk dari manajemen keuangan tetap rapi dan penggunaan uangnya sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak campur menjadi satu yang mana akan membuat uang terpakai.

3. Memilih instrumen yang sesuai dengan kemampuan finansial

Pemilihan instrumen menjadi salah satu hal yang sangat penting karena kaitannya dengan kemampuan dana. Jika dana yang kamu miliki tidak begitu banyak maka bisa lakukan penanaman modal yang mencukupi dana.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai investasi tentang sektor riil. Banyak jenis dari sektor riil yang menguntungkan kamu untuk masa depan.

Instagram