Biaya Hidup di Kota Bandung

Bandung selalu menjadi destinasi orang dari luar kota untuk berkunjung ke Kota Kembang ini yang bertujuan untuk berwisata kuliner atau sekedar untuk menikmati panorama kota Bandung yang asri.

Sejak pandemi 2020 lalu, banyak orang memutuskan untuk ke luar kota untuk mendapatkan penghasilan, dan salah satunya adalah Bandung. Namun yang harus diketahui adalah berapa sebenarnya biaya hidup yang dibutuhkan ketika ingin memulai karir di kota Bandung.

Biaya Hidup di Kota Bandung

Biaya Hidup di Kota Bandung

Berdasarkan Survei Biaya Hidup (SBH) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, biaya hidup di kota Bandung dibedakan dalam beberapa kelompok tergantung pendapatan per orang atau per kepala keluarga.

Hasil dari survei tersebut adalah Bandung memiliki biaya hidup kisaran Rp 1.448.049 sampai dengan Rp 5.571.254 tergantung pada tiap kelompok pendapatannya.

Mirip seperti Ibukota Jakarta, Bandung sebagai Ibukota Provinsi Jawa Barat sering dijadikan orang-orang sebagai destinasi utama khususnya para perantau. Baik datang untuk bekerja, menetap bersama sanak famili atau keperluan studi ke perguruan tinggi. Salah satu hal yang perlu diketahui saat kamu ingin menetap dan memulai karir di Bandung adalah kamu harus mengetahui UMR yang ada di kota ini.

Berdasarkan data forensik, kota Bandung memiliki UMR sekitar Rp 3.623.770 pada tahun 2020, sedangkan untuk kabupaten Bandung memiliki UMR dengan nilai Rp 3.139.275.

Jika dibandingkan dengan kota-kota metropolitan lain seperti Jakarta, Bandung memang memiliki biaya hidup yang tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menetap di Bandung, kamu harus tau rincian biaya hidup yang ada di Kota Kembang ini.

Rincian Biaya Hidup di Bandung

Biaya tempat tinggal di Bandung

Untuk kamu yang berencana akan menetap di kota Bandung, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tempat tinggal. Untuk kamu yang akan pergi ke Bandung seorang diri, ada beberapa pilihan tempat tinggal sewaan seperti kost hingga apartemen. Namun jika kamu membawa sanak famili yang jumlahnya lebih dari 1 orang, maka pilihan rumah kontrakan merupakan pilihan yang baik.

Biaya hidup di Bandung khususnya tentang tempat tinggal, tarifnya berkisar Rp.600 ribu sampai dengan Rp. 10 juta per bulan tergantung dari jenis hunian apa yang kamu pilih. Untuk sewa apartemen, biasanya dikenakan tarif mulai dari 2-4 juta Rupiah per orangnya.

Namun jika kamu tipikal yang berhemat dengan low budget kamu bisa mendapatkan kost berfasilitas stkamur dengan tarif mulai dari Rp.600 ribuan per bulan per orang. Sedangkan untuk biaya sewa rumah atau villa di Bandung dipatok mulai dari harga 1 juta sampai dengan 4 juta per bulannya.

Hal ini sangat relatif bergantung dari lokasi dan fasilitas yang diberikan. Harga itu biasanya mencakup biaya listrik, air dan bahan bakar, tapi juga biasanya pemilik bangunan membebankan biaya utilitas sendiri sehingga jika dihitung per tahunnya, harga rumah sewa di Bandung sekitar Rp.15 juta per tahun.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Biaya makan di Bandung

Kebutuhan primer yang tak kalah penting untuk dipenuhi ketersediaannya selain tempat tinggal adalah biaya makan dan minum sehari-hari. Biaya makan dan minum di Bandung tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan biaya di Jakarta.

Harga makanan dan minuman di Bandung dibanderol mulai dari Rp.5000 saja dan bahkan cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp.15.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan 1 kali porsi makan. Cukup murah mengingat bahwa Bandung merupakan kota besar padat penduduk layaknya Jakarta.

Harga tersebut merupakan harga untuk 1 kali porsi makan perorangan.Jadi, jika kamu membawa keluarga maka tinggal kalikan saja biaya yang tadi sesuai dengan jumlah anggota keluarga kamu.

Menu satu kali makan saja sudah mendapatkan nasi dengan lauk pauk, sayur dan minuman, namun kamu harus pkamui-pkamui memilih tempat makan yang terjangkau. Tapi jika dirasa harga tersebut masih tinggi, alternatif selanjutnya adalah dengan memasak masakan sendiri yang bahan-bahannya bisa dibeli di supermarket atau pasar tradisional.

Namun jika kamu ingin pergi berwisata khususnya ke tempat yang banyak menjajakan wisata kuliner, setidaknya kamu bisa membawa budget sebesar Rp50.000 untuk tarif perorangan. Namun jika ingin makan kenyang dan aman kamu cukup tambahkan setengah menjadi Rp.100.000. Apabila ingin mendapatkan suasana yang berbeda, jajanan kaki lima di Bandung cukup worth it buat kamu yang suka jajan.

Banyak jenis jajanan kaki lima di Bandung seperti seblak, cimol, cuanki, bandrek, cireng dan lainnya banyak dan sangat mudah dijumpai di pinggiran jalan di Bandung. Cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp.2000 saja kamu bisa mendapatkan jajanan ini. Biasanya kuliner jajanan seperti ini menjadi jajanan anak-anak muda di malam hari.

Biaya Transportasi Di Bandung

Secara umum, biaya transportasi di Bandung relatif cukup rendah jika dibandingkan dengan kota-kota besar lain seperti Jakarta. Dikarenakan jangkauan wilayahnya masih relatif dekat dari wilayah satu ke wilayah lainnya sehingga menjadikan biaya transportasi yang tidak terlalu tinggi.

Tersedianya transportasi online di Bandung juga bisa memberikan kamu keringanan jika ingin pergi ke tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau oleh transportasi umum dengan biaya stkamur seperti layaknya di kota-kota lain.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan angkutan kota atau angkot dengan tarif mulai dari 3 ribu sampai 5 ribu Rupiah.

Kurang lengkap jika kota besar seperti Bandung tidak memiliki bus kotanya sendiri. Resmi beroperasi pada tahun 2009, Trans Metro Bandung sangat memudahkan mobilitas masyarakatnya untuk bepergian.

Hampir sama dengan tarif Trans Jakarta, untuk umum dikenakan biaya sebesar Rp.4000 dan pelajar Rp.1000. Jika menggunakan uang elektronik, pelajar bisa mendapatkan potongan sehingga hanya cukup membayar sebesar Rp.1000 saja dengan BNI TapCash dan BRIZZI.

Kota besar yang merupakan Ibukota Provinsi Jawa Barat ini terbukti merupakan salah satu kota yang maju di Jawa Barat.

Kota Bandung merupakan sel dari berbagai macam kuliner, industri pariwisata dan ladang pekerjaan ini seringkali menarik banyak mata para perantau untuk menginjakan kaki ke Kota Kembang ini untuk mendapatkan pekerjaan atau menimba ilmu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Lengkapnya sarana dan fasilitas di kota Bandung, tidak menjadikan biaya hidup di kota Bandung melambung tinggi. Namun hal ini juga harus kamu perhatikan untuk kamu yang akan berencana untuk pergi ke kota ini, karena di setiap wilayah pasti memiliki biayanya masing-masing. Jadi kamu-kamulah mengatur keuangan agar kamu tidak kewalahan saat berada jauh dari kampung halaman maupun sanak keluarga.

Instagram