Investasi Properti

Berapa keuntungan investasi properti? Pemilihan produk investasi sekarang ini beraneka macam dengan keuntungan yang berbeda setiap masing-masingnya. Penanaman modal menjadi suatu hal sangat penting dalam kondisi sekarang ini mengingat kondisi ekonomi sedang tidak stabil.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Penanaman modal khususnya dalam jangka panjang akan memberikan manfaat lebih untuk masa depan. Salah satunya yakni investasi properti yang masih populer dan menjadi pilihan.

Apa Itu Investasi Properti?

Investasi Properti

Jenis dari penanaman modal yang kaitannya dengan pembelian, penyewaan, kepemilikan, pengelolaan hingga penjualan real estate agar bisa mendapatkan keuntungan lebih. Dalam pembelian properti real estate bisa mendapatkann Return of Investmen atau ROI baik itu dengan sewa ataupun penjualan kembali.

Properti bisa saja dimiliki oleh investor perorangan, kelompok ataupun korporasi. Jika dilihat dari jangka waktunya, penanaman modal untuk properti cukup fleksibel untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Keunggulan dari Investasi Jenis Properti

Sebelum terjun langsung untuk memulai penanaman modal maka sebaiknya kamu mencari informasi secara lengkap mengenai keunggulan yang dimilikinya. Seperti halnya nilai properti yang cenderung lebih stabil dari waktu ke waktu.

Hal ini memang sudah tidak perlu kamu ragukan lagi sebab kebutuhan akan tempat tinggal menjadi prioritas utama. Penanaman modal dalam properti mempunyai nilai aset yang tinggi dan akan sangat menguntungkan untuk jangka panjang.

Tips yang Harus Dilakukan Sebelum Investasi Produk Properti

Sebelum memulai pada penanaman modal untuk properti kamu harus mengetahui beberapa hal. Sehingga tidak terjerumus pada cara yang salah, berikut inilah uraiannya:

1. Memilih lokasi yang tepat

Cara melakukan penanaman modal dalam jenis properti yang paling mudahn dilakukan yakni membeli tanah atau lahan, rumah hingga apartment. Namun kamu tidak bisa langsung membelinya begitu saja, perlun pertimbangan mengenai lokasi keberadaan properti tersebut.

Memilih lokasi yang cukup strategis dan mempunyai prospek menjanjikan seperti halnya di kawasan kota mandiri. Selain itu kamu juga bisa memilihnya yang berada dekat dengan transportasi massal serta nilai penanaman modalnya cukup besar.

2. Menyiapkan dana lebih dari cukup

Pembelian properti memang tidaklah murah, maka penting bagi kamu menyediakan dana yang lebih. Hal itu sebagai ancang-ancang jika nantinya terdapat pengeluaran yang tidak terduga dan mendesak.

Dana juga harus menyesuaikan dengan jenis properti yang nantinya akan kamu pilih. Selain itu perhatikan juga untuk biaya tambahan seperti halnya perbaikan bangunan yang harus dilakukan perbaikan terlebih dahulu.

3. Memilih pengembang aman dan terpercaya

Dalam pembelian properti memang penting untuk memilih pengembang yang sudah ternama dan terpercaya. Hal tersebut sebagai langkah antisipasi untuk meminimalisir terjadinya penipuan, mengingat sekarang ini banyak oknum yang melakukan segala cara untuk mendapatkan uang tanpa memikirkan keadaan korban.

Cara mengetahuinya dengan melihat cek track record pengembang, sehingga akan merasa aman saat melakukan transaksi dengannya. Pemilihan pengembang bukan suatu hal yang sepele untuk diacuhkan bagi para investor.

Cara Melakukan Penanaman Aset Properti

Setelah kamu memahami keunggulan dari investasi, kemungkinan besar kamu akan tertarik untuk memulainya ketika terdapat dana yang lebih. Terdapat beberapa cara untuk memulai bisnis properti ini.

Berikut inilah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memulai penanaman modal properti:

1. Investasi properti sewa

Cara yang paling umum dilakukan oleh investor saat memulai yakni dengan membangun terlebih dahulu atau membeli properti secara pribadi. Jika properti hanya digunakan untuk sebatas kepemilikan maka kurang terasa keuntungannya, sehingga kamu bisa melakukan bisnis sewa untuk mendapatkan penghasilan secara pasif dan berkala.

Terlebih jika kamu mempunyai kesibukan tersendiri dan masih menginginkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Maka cara terbaiknya dengan bisnis properti sewa yang mana penghasilannya sangat menjanjikan untuk kebutuhan setiap hari.

2. Bisnis flip properti

Bisnis flip properti ini merupakan proses ataupun cara yang dapat kamu lakukan untuk mempunyai rumah ataupun properti lain. Setelah selesai melakukan tahapan renovasi kamu bisa menjualnya dalam waktu singkat namun mendapatkan keuntungan tinggi dan menjanjikan.

Pelaku bisnisnya flip properti disebut dengan flipper serta proses untuk melakukan penjualan disebut flipping. Bisnis flipping yang ada di Indonesia ini memang kurang populer namun jika kamu menggelutinya pasti mendapatkan keuntungan lebih mengingat tidak banyak yang melakukan ide kreatif ini.

3. Penanaman aset properti online

Investasi properti dapat dilakukan secara online dengan melalui platforn khususs dan bisa menghubungkan property asset manager dengan investornya. Namun sebelum memulainya, pastikan kamu melakukan langkah transaksi yang aman dan mendapatkan keuntungan dari penanaman modal tersebut dan jangan sampai kecolongan.

Memulai penanaman modal pada bidang properti memang sangat menguntungkan jika dimulai dengan pemahaman yang lengkap. Sehingga tidak terjadi kerancuan dalam informasi yang menyebabkan kesalahpahaman atau miss communication.

Jenis Penanaman Modal Properti yang Menguntungkan

1. Properti kantor

Banyak sekali para pengusaha yang justru tertarik untuk menanamkan modalnya pada gedung perkantoran. Hal itu disebabkan bahwa properti untuk kantor dianggap dapat memberikan profit tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Lokasinya yang berada pada pusat bisnis perkantoran menjadi peluang bisnis properti menguntungkan. Permintaan untuk ruangan kantor sebagain besar dari perusahaan yang mana membutuhkan tempat di dalam ruangan dalam memenuhi berbagai macam fungsi.

2. Properti untuk ritel dan perdagangan

Besarnya permintaan dalam properti ritel memang dipengaruhi oleh beberapa hal. Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, properti ritel mempunyai kinerja yang dianggap terbaik di negara berkembang, terlebih jika penjualannya tinggi.

Properti ini bisa terjadi karena adanya sewa yang telah dilakukan lebih panjang. Sementara itu pengecer jarang berpindah dibandingkan dengan penyewa kantor.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah beberapa uraian pembahasan mengenai investasi dalam bidang properti yang terbilang sangat menguntungkan untuk masa depan. Pasalnya properti mempunyai harga yang tidak pernah turun, justru semakin meningkat dengan banyaknya permintaan yang cukup tinggi.