Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek. Melakukan investasi sudah tidak sesulit dulu, sekarang mudah dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Tujuan untuk menanam modal pastinya agar mendapatkan keuntungan dan tidak merugi.

Dengan begitu kamu perlu mencari tempat yang tepat untuk bisa menanamkan modal. Terlebih pada penanaman modal jangka pendek memiliki resiko yang cukup besar.

Pengertian Investasi Jangka Pendek

Investasi Jangka Pendek

Memulai penanaman modal sangat penting untuk menggunakan uang dingin atau uang yang tidak digunakan dalam kebutuhan pengeluaran harian. Sementara itu untuk penanaman modal jangka pendek yakni memiliki sifat hanya sementara dan pada umumnya sangat mudah untuk ditarik dalam jangka waktu pendek.

Jangka pendek secara umumnya dapat dilakukan hanya dalam waktu 1 hingga 3 tahun. Sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan lebih cepat pada jangka pendek.

Tujuan Melakukan Investasi Jangka Waktu Pendek

Berikut inilah beberapa tujuan melakukan penanaman modal dalam jangka waktu pendek:

1. Mempunyai tujuan tertentu

Penanaman modal untuk jangka pendek dapat ditarik dalam jangka waktu yang pendek juga. Sehingga bisa menjadi cara menabung yang sangat tepat dan menguntungkan jika kamu mempunyai rencana untuk membeli kebutuhan.

Seperti halnya membeli mobil di tahun depan, menyiapkan uang untuk membeli rumah ataupun membuat rencana liburan keluar negeri bersama keluarga. Sehingga bentuk penanaman modal ini sangat tepat dan efektif untuk dipilih.

2. Mengantisipasi kebutuhan dadakan yang tidak terduga

Secara umumnya, semua tabungan seperti jangka pendek merupakan pilihan yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga sewaktu-waktu. Seperti halnya jika kamu mengalami kesulitan penghasilan dalam rumah tangga.

Dana jangka pendek bisa kamu jadikan sebagai dana darurat yang bisa kamu ambil dan gunakan. Investasi jangka waktu pendek itu memiliki sifat sementara yang dapat diambil jika kamu membutuhkannya secara dadakan.

3. Menghindari hutang

Saat tagihan datang secara tidak terduga dan kamu tidak memiliki tabungan lebih. Banyak dari sebagian besar orang meminjam kepada orang lain atau hutang.

Namun tidak semua orang mau berhutang untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga perlunya melakukan investasi. Mengatur perencanaan keuangan agar terhindar dari utang bisa melindungi rumah tangga untuk ke depannya.

4. Belajar memulai komitmen dari sekarang

Jangka pendek sifatnya adalah sementara, namun hal ini akan melatih kamu untuk belajar komitmen dalam menabung. Kamu bisa mengatur keuangan serta menyisihkan uang untuk menanam modal.

Jika hal itu kamu lakukan maka lama kelamaan akan menjadi terlatih dan bisa melanjutkan ke jenjang jangka panjang. Maka sedari sekarang penting sekali untuk melakukan penanaman modal dan mendapatkan banyak keuntungan kelak.

Kelebihan Menanam Modal Jangka Pendek

Untuk kamu investor pemula harus paham dengan investasi jangka pendek yang biasanya akan berlangsung dalam 1 tahun sehingga return bisa lebih cepat. Kelebihan yang dapat kamu rasakan yakni fleksibilitas investor untuk mencairkan uang.

Maka kamu dapat mengambil keuntungan dengan waktu yang singkat dan tidak akan terlalu lama. Itulah yang membuat jangka pendek sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan darurat dan bahkan juga bisa mencukupi keperluan harian.

Kelemahan Menanam Modal Jangka Pendek

Meskipun jangka pendek memiliki keuntungan bisa mengambil uang lebih cepat. Namun kamu juga harus memperhatikan resiko, sebab pergerakan dari nilai instrumennya jangka pendek berjalan dengan cepat dan meluangkan waktu banyak untuk mengecek rutin.

Selain itu kamu juga harus jeli untuk memilih waktu dalam melakukan transaksi jual beli jika ingin memperoleh keuntungan berlipat. Penanaman modal jangka pendek juga dipengaruhi oleh inflasi yang bisa mengurangi return dari penanaman modal itu sendiri.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Jenis Investasi Jangka Waktu Pendek

Dengan kamu mengetahui tujuan, kelebihan hingga kelemahannya dalam penanaman modal jangka pendek. Berikut inilah jenis dari penanaman modal yang dapat kamu ketahui:

1. Deposito

Deposito merupakan jaminan yang bentuknya berupa barang, properti ataupun uang pada pihak bank ataupun pihak yang diberikan kepercayaan untuk menyimpan dan mengembalikan dengan bentuk natura. Instrumennya adalah transaksi berupa transfer uang kepada pihak lain agar bisa segera diamankan.

Depisito berjangka menjadi yang paling terkenal dan keamanannya dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Sehingga jika nantinya terjadi suatu hal yang tidak diinginkan maka uang bisa segera terproteksi dengan cepat.

2. Investasi Reksadana

Pada kenyataannya reksadana sangat populet di kalangan anggota investor pemula. Reksadana merupakan jenis penanaman modal keuangan yang asalnya dari kumpulan uang investor kemudian ditanamkan pada sekuritas.

Seperti halnya obligasi, saham, aset dan juga instrumen pasar uang. Sekarang ini kamu dimudahkan dengan menemukan banyak aplikasi untuk membeli Reksadana melalui online.

3. P2P Lending

P2P atau peer to peer merupakan layanan untuk pinjam meminjamkan uang dengan mata uang rupiah secara langsung dari kreditur dan debitur menggunakan teknologi informasi. P2P Lending juga bisa disebut dengan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi atau LPMUBTI.

Pertumbuhan dari P2P Landing sangat pesat dan mudah diakses oleh kalangan masyarakat yang mana masih kesulitas dalam mendapakan pinjaman dana. P2P Lending juga memberikan akses untuk pinjaman bagi mereka yang membutuhkan dana pendidikan serta perawatan kesehatan sesuai standar.

4. Surat Utang Negara (SUN)

Surat Utang Negara atau SUN adalah surat pernyataan hutang yang telah diterbitkan oleh negara dalam bagi investor dana. Produk dari penanaman modal SUN sangat menguntungkan dan juga aman sebab negara telah menjamin pembayaran modal serta bunga untuk jangka waktu tertentu.

Cara kerjanya SUN yakni negara akan mengeluarkan sebuah surat yang diberikan untuk investor. Investor berperan sebagai piutang dan menanamkan sejumlah dana untuk negara agar dananya dapat dikelola oleh negara.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah beberapa penjabaran tentang investasi jangka waktu pendek yang bisa diambil sewaktu- waktu untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Dalam memulai penanaman modal sebaiknya menentukan pilihan terlebih dahulu untuk memilih jenis jangka pendek yang menguntungkan.