Investasi Reksadana

Pernah mendengar investasi condotel? Memahami kegiatan investasi memang cukup menguntungkan dalam mendapatkan penghasilan. Tidak hanya itu saja, kegiatan yang bergerak pada penanaman modal ini juga sebagai penyelamat dari finansial sekarang untuk masa depan.

Salah satunya kehadiran investasi condotel yang banyak digunakan karena dianggap cukup menguntungkan investor. Akan tetapi sebelum kamu terjun secara langsung sebaiknya mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu.

Keuntungan Investasi pada Condotel

Investasi Reksadana

Sebelum memulai penanaman modal pada kondotel ini sebaiknya kamu mengetahui apa saja keuntungan yang akan diperoleh nantinya. Sehingga bisa meningkatkan komitmen serta semangat kamu dalam menambahkan dana untuk menanam modal.

Berikut inilah beberapa keuntungan dari penanaman modal kondotel:

1. Mendapatkan pendapatan yang cenderung cukup tinggi

Seperti halnya menanam modal pada sektor apartment atau hotel yang mampu menghasilkan pendapatan operasional untuk investor. Pada umumnya investor akan mendapatkan keuntungan antara 8 persen hingga 12 pesen per tahunnya dari harga beli condotel.

Selain itu, terdapat kondotel yang telah memberikan imbal balik dari 8 hingga 10 persen untuk setiap 2 sampai 3 tahun saat melakukan serah terima unit. Sehingga investor bisa mendapatkan cash back atas pembeliannya kondotel.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

2. Investor bisa mendapatkan fasilitas bermalam gratis

Keuntungan dalam melakukan penanaman modal pada kondotel ini dapat dirasakan oleh investor yang mendapatkan fasilitas bermalam gratis pada unitnya. Semua fasilitas yang ada pada hotel tersebut bisa kamu nikmati sepuasnya dan tanpa biaya.

Waktu menginap gratis ini hanya berlaku untuk 18 hingga 30 hari. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal.

3. Harga unit kondotel selalu meningkat

Banyak orang yang melakukan investasi kondotel tidak lain karena harganya selalu naik tiap tahunnya. Harga kondotel untuk setiap unit meningkat seiring berjalannya waktu mengikuti kenaikan tingkat inflasi.

Bahkan untuk harga unitnya pada setiap kondotel bisa mengalami kenaikan hingga 20 persen per tahunnya. Berkat harga yang tinggi itulah terdapat beberapa bank memperbolehkan kepemilikan investor untuk angunan dalam meminjam uang di bank.

4. Bisa dibeli dengan menggunakan sistem KPA

Modal awal untuk melakukan penanaman aset kondotel dapat dibayar dengan menggunakan KPA atau Kredit Pemilikan Apartment. Dengan adanya KPA ini kamu tidak perlu mengeluarkan uang tambahan lagi untuk melakukan penanaman modal.

Kelebihan yang satu ini memang cukup menggiurkan para investor. Tidak heran jika penanaman modal kondotel menunjukkan peningkatannya yang cukup pesat belakangan ini.

Kerugian Melakukan Investasi pada Condotel

Di samping banyaknya kelebihan yang bisa didapatkan oleh investor dari penanaman modal ini. Ternyata juga diimbangi dengan adanya kerugian yang dapat kamu rasakan.

Memang melakukan penanaman modal tidak ada yang sempurna mendapatkan keuntungan saja. Simak uraian di bawah ini tentang kekurangan melakukan penanaman modal untuk kodotel sebelum kamu memulainya:

1. Harga tidak bisa meningkat jika berada pada lokasi sepi

Salah satu hal yang bisa menjadi pengaruh harga dari kondotel tidak lain karena lokasi strategis. Jika kamu melakukan pembelian kondotel yang tidak segera naik maka bisa dipastikan bahwa minat masyarakat untuk menginap di tempat tersebut mengalami penurunan.

Kerugian seperti ini tidak bisa kamu hindari ketikan memulai penanaman modal yakni memilih lokasi yang strategis. Seperti pada kawasan yang berkembang, akses cukup banyak, dekat dengan fasilitas umum dan nyaman.

2. Peluang untuk kena tipu pengelola tinggi saat investasi

Banyaknya pihak yang tertarik dengan penanaman modal dari kondominium hotel membuat sejumlah pihak melakukan penipuan. Dalam menghindari kejadian seperti ini sebaiknya kamu melakukan penelusuran proyek yang sedang dikembangkan oleh pengelola.

Sehingga dapat memastikan bahwa pengelola tersebut dapat dipercaya pertanggung jawabannya serta tidak pernah terjerat oleh hukum. Dengan begitu kecil kemungkinan kamu terkena penipuan jika sudah dipastikan dengan benar.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Cara Menghindari Kerugian dalam Penanaman Modal Condotel

Memang dalam menanam modal akan ada resiko yang akan dihadapi, namun kamu tetap bisa menghindarinya jika sudah mengerti dan paham tentang condotel. Inilah beberapa cara dalam menghindari kerugian kondotel:

1. Jangan cepat mengambil keputusan pembelian

Harga investasi pada kondotel yang dianggap tidak sesuai dengan keberadaan lokasi serta penawaran fasilitasnya. Tawaran harga yang overpriced akan membuat kamu kesulitan untuk balik modal sehingga lakukan cara untuk menghindari hal tersebut.

Jangan terlalu mengambil keputusan dengan cepat, lakukan perbandingan dulu serta survei lokasi hingga harga tanah pasarannya. Selain untuk menghindari harga pembelian yang mahal, kamu juga harus menghindari harga sewa tinggi.

2. Mendatangi langsung lokasi condotel tanpa perantara

Kurangnya peningkatan pada capital gain bisa menyebabkan kerugian yang cukup banyak seperti harga kondotel tidak segera naik. Tentunya terdapat faktor yang mempengaruhinya seperti lokasi kurang berkembang, kurang aman dan harus dihindari.

Untuk menghindari kerugian atas kejadian tersebut sebaiknya kamu datang langsung ke lokasinya dan memastikan bahwa lokasinya terjangkau dari berbagai arah. Perhatikan juga lingkungannya di antaranya keramaian, kedekatan dengan fasilitas umum sekolah, perguruan tinggi, pusat perbelanjaan atau yang lainnya.

3. Memperhatikan perijinan condotel

Setiap ingin membeli kondotel pastikan kamu menanyakan perijinan yang berhubungan dengan pembangunan. Apakah bangunan yang akan kamu beli ini legal di mata hukum.

Dengan begitu perlunya mengetahui pada agen tentang sertifikasi yang sudah dimiliki oleh kondotel tersebut. Sehingga bisa menghindari resiko mendapatkan bangunan ilegal.

Perjanjian dengan pihak pengembang

Tidak hanya kaitannya dengan perijinan saja, masalah perjanjian dari pihak pengembang dan pengelola juga berpengaruh besar. Pastikan kamu mengetahui ketentuan dalam bentuk tertulis pada perjanjian yang sudah dipahami oleh kedua belah pihak.

Pada perjanjian tersebut isinya tentang skema pembagian hasil dan kamu harus mengetahui hal itu dari ketetapan pengelola. Sehingga sebelum menandatangani surat perjanjian pastian sudah membaca dan memahami seluruh isinya agar tidak timbul kerugian di masa depan.

Demikianlah beberapa uraian tentang investasi dari condotel yang bisa kamu mengerti. Sebelum melakukan penanaman modal, sebaiknya kamu mempelajari keuntungan dan kekurangannya.

Instagram