Bagaimana contoh surat penawaran tanah yang benar? Tanah adalah aset yang sangat berharga karena selalu memiliki harga tinggi dan setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan harga. Oleh karenanya mengapa tanah selalu dijadikan investasi oleh banyak orang.

Karena harga tanah akan terus naik dan sulit mengalami penurunan harga. Jika Pun mengalami penurunan harga pasti karena di sebab sesuatu eksternal yang mempengaruhinya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang mencari contoh surat penawaran tanah yang digunakan untuk promosi penjualan tanah.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa berinvestasi tanah tidak akan mengalami kerugian, apalagi ketika diatas tanah tersebut dibangun bangunan yang disewakan kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Nah, buat kamu yang sedang ini melakukan penawaran atau penjualan tanah kepada orang lain. Berikut dibawah ini adalah contoh surat penawaran tanah yang bisa kamu tiru, silahkan disimak dengan baik!

Pengertian dan Tujuan Surat Penawaran Tanah

Contoh Surat Penawaran Tanah

Surat penawaran tanah memiliki pengertian sebagai mediator antara pemilik tanah selaku penjual dengan pembeli tanahnya. Surat penawaran tanah keberadaanya harus ada dalam transaksi jual beli tanah, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tujuan Surat Penawaran Tanah

Surat Penawaran Tanah dibuat dengan tujuan yaitu:

a. Menyampaikan informasi yang jelas kepada calon pembeli tentang kondisi tanah. Informasi yang tertuang di surat penawaran tanah yaitu berupa luas tanah, lokasi tanah, dan tentang bangunan yang ada diatasnya, segalanya harus dituangkan di surat penawaran tanah

b. Surat penawaran tanah merupakan bukti bahwa telah terjadinya transaksi jual beli tanah yang sah. Ini sangat berguna di kemudian hari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

c. Menghindari kesalahpahaman yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang. Oleh karenanya surat penawaran tanah harus dibuat dengan Bahasa yang dimengerti oleh seluruh pihak yang terlibat.

Poin yang Wajib Ada dalam Surat Penawaran Tanah

Surat penawaran tanah memiliki beberapa poin yang wajib ada. Oleh karenanya pembuatan surat penawaran tanah harus dibuat dengan proses yang benar dan tidak boleh sembarangan.

Surat penawaran tanah biasanya dibuatkan oleh orang yang ahli. Tapi, sebenarnya kamu bisa membuat surat penawaran sendiri dengan memperhatikan beberapa poin yang wajib ada di surat penawaran tanah:

1. Identitas Diri

Surat Penawaran tanah wajib memuat tentang informasi yang jelas tentang identitas penawar serta pemilik tanah. Apabila penawar sebuah tanah adalah pihak perusahaan maka bisa diwakili dari kop surat.

Sedangkan yang menandatangani surat penawaran tanah yaitu pimpinan atau orang yang bertanggung jawab akan surat tersebut.

2. Data Tanah

Poin wajib berikutnya di surat penawaran tanah yaitu data tanah yang menjelaskan tentang luas tanah, lokasi, status, kondisi tanah yang dimasukan dengan sangat lengkap dan jelas. Didalam surat penawaran tanah juga kamu ber penegasan bahwa tanah sedang tidak dalam sengketa.

3. Cara Pembayaran dan Ketentuan Harga

Didalam surat penawaran tanah harus tercantum ketentuan harga serta cara pembayarannya. Akan tetapi umumnya ketentuan bersifat fleksibel, dimana masih bisa didiskusikan atas kesepakatan kedua belah pihak.

4. Kontak dan Alamat

Selanjutnya poin yang wajib ada di surat penawaran tanah yaitu kontak dan alamat yang bisa dihubungi oleh calon pembeli.

Contoh Surat Penawaran Tanah

Kamu sekarang sudah mengetahui surat penawaran tanah lebih jauh mulai dari pengertian, tujuan, hingga poin-poin wajibnya. Kini kamu harus mengetahui contoh surat penawaran tanah yang baik dan benar agar transaksi jual beli tanah kamu sah.

Berikut dibawah ini adalah contohnya.

a. Contoh Surat Penawaran Tanah Perorangan

Kepada Yth
Ibu Ani Suryani
Di Kebumen

Dengan Hormat,

Melalui surat penawaran ini, saya berniat untuk mengajukan penawaran tanah kepada ibu Ani Suryani dengan spesifikasi tanah sebagai berikut:

Atas Nama : Bambang Haryono
Lokasi Tanag : Jalan Kesambi Raya No.10, Kebumen
Luas Tanah : 120 m2
Status : Sertifikat Hak Milik (SHM) sendiri
Harga : Rp. 230.000.000, terbilang dua ratus tiga puluh juta rupiah

Lokasi tanah yang saya tawarkan tersebut keberadaannya sangat strategis, dekat dengan pasar, pusat kuliner, dan ruang terbuka hijau. Sehingga tanah tersebut sangat cocok digunakan untuk kepentingan bisnis maupun tempat tinggal pribadi.

Demikian surat penawaran ini saya sampaikan, diharapkan ibu menindaklanjuti penawaran saya ini. Apabila ada yang ingin ditanyakan Ibu dapat menghubungi saya di nomor Hp 08979913453.

Kebumen, 15 Januari 2021

(Bambang Haryono)

Catatan:
– Harga yang dicantumkan diatas belum termasuk pengurusan notaris dan balik nama
– Harga masih bisa dinegosiasikan
– Pembayaran dapat dilakukan ketika menandatangani surat jual –beli

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

b. Contoh Surat Penawaran Tanah Perusahaan

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan PT Bintang Indah
Jalan Wahidin No.38
Bandung Barat

Dengan hormat,

Perkenalkan saya Nita Ardiana sangat berterima kasih kepada Bapak/Ibu pimpinan PT Bintang Indah karena telah diberikan kesempatan untuk mengajukan penawaran sebidang tanah dengan spesifikasi seperti dibawah ini:

Atas Nama : Anita Ardiana
Lokasi Tanah : Jalan Belimbing No. 6, Sumurboto, Banyumanik, Bandung Barat
Luas Tanah : 1.500 m2
Status Tanah : Sertifikat Hak Milik (SH) Sendiri
Harga Tanah : Rp. 5.0000.0000.000 (negosiasi), terbilang 5 milyar rupiah

Perlu Bapak/Ibu Pimpinan ketahui bahwa lokasi tanah yang saya tawarkan berada di jalan utama yang sangat dekat dengan pusat perbelanjaan, sehingga sangat strategis. Selain itu lokasi tanah juga dikelilingi oleh lingkungan perkantoran dan perumahan.

Sehingga sangat cocok apabila tanah tersebut dijadikan untuk cabang PT Bintang Indah yang baru di Bandung Barat. Apabila Ibu/Bapak memerlukan informasi lainnya, silahkan hubungi saya melalui email Anitaardianysah@gmail.com atau melalui no hp 0822479830.

Demikian surat penawaran tanah ini saya sampaikan dengan sebenarnya, terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan PT Bintang Indah.

Bandung Barat, 19 Oktober 2021

Hormat Saya
(Anita Ardianyah)

Catatan:

– Harga penawaran diatas sudah termasuk biaya pengurusan surat dan balik nama di notaris
– Pembayaran dapat dilakukan dengan cash, ketika proses penandatangan surat perjanjian jual beli
– Kondisi tanah serta lokasi dapat dilihat pada link Youtube http://youtube/dggtI JK-jk

Demikianlah contoh surat penawaran tanah yang bisa kamu tiru untuk keperluan jual beli tanah kamu. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai topik kali ini, ataupun soal pengiriman uang ke luar negeri, kamu bisa hubungi Customer Service Transfez atau dengan menghubungi di Social Media kami di @transfez.id di instagram atau @transfez di twitter.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram