cek identitas lewat no rekening bank di Indonesia

Kamu mungkin pernah mendapatkan SMS yang berisi seperti ini “Tolong uangnya di transfer kan saja ke nomor rekening xxxx dengan Bank xx terima kasih”. Tapi kamu bingung maksud dari pesan tersebut dan apakah betul kamu memiliki janji untuk membayarkan uang dengan cara transfer.

Hal tersebut sebenarnya bisa kamu lakukan dengan cek identitas si pengirim pesan lewat no rekening bank yang dikirim. Sehingga kamu bisa memastikan kebenaran dari isi pesan tersebut, bisa saja pesan tersebut benar adanya ada orang terdekat kamu yang sedang membutuhkan uang.

Nah, berikut dibawah ini adalah cara-cara yang dilakukan untuk cek identitas lewat no rekening bank di Indonesia. Cara ini juga dapat menjadi ajang antisipasi kamu sebelum transfer sejumlah uang ke nomor rekening, agar tidak salah sasaran uang yang kamu transfer, mari disimak dengan baik!

Manfaat Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

cek identitas lewat no rekening bank di Indonesia

Di zaman yang serba modern ini melakukan transfer ke rekening bank merupakan hal yang lumrah dan biasa saja. Sehingga terkadang kita lupa untuk memastikan kebenaran dari pemilik nomor rekening tersebut.

Padahal cek identitas dari pemilik nomor rekening merupakan hal yang penting agar tidak salah tujuan ketika transfer uang. Jadi, kamu harus cek identitas lewat no rekening bank untuk memastikan transaksi kamu sudah benar.

Berikut dibawah ini adalah manfaat dari cek identitas lewat no rekening bank.

1. Menghindari Penipuan

Bukan rahasia umum lagi, kasus penipuan telah marak dimana-mana dan penipuan dengan menggunakan rekening bank sering juga ditemui. Oleh karenanya kamu harus mawas diri ketika mendapatkan sms seperti paragraf di atas, segera cek identitas lewat nomor rekening bank untuk memastikan isi pesan tersebut penipuan atau bukan.

Cek identitas lewat rekening bank akan membantu menghindari diri dari penipuan, yang kini bisa menghampiri siapa saja.

2. Memastikan uang yang dikirim tidak salah alamat

Hal yang paling menyebalkan yang sering terjadi adalah ketika salah transfer. Bagaimana tidak yang seharusnya uang tersebut digunakan untuk membayar hutang tapi justru lari ke salah alamat.

Nah, cek identitas lewat rekening bank membantu kamu menghindari hal tersebut. Agar kamu selalu tetap sasaran atau tidak salah alamat ketika mengirim uang ke rekening bank.

Cara-cara Cek Identitas Lewat Rekening Bank

Setelah kamu tahu apa saja manfaat dari cek identitas lewat rekening bank. Berikut dibawah ini adalah cara-cara yang sangat ampuh untuk dapat membantumu cek identitas lewat rekening bank, silahkan ikuti dengan baik!

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke United Kingdom
Cara Transfer Uang ke Jerman
Cara Transfer Uang ke Amerika Serikat
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

1. Cek identitas rekening dari situs cekrekening.id

Cekrekening.id merupakan situs cek rekening yang akan memudahkan kamu cek identitas lewat rekening bank. Situs tersebut akan menyimpan seluruh data base nomor rekening yang sudah pernah di cek oleh penggunanya pada situs tersebut.

Ketika kamu membuka situs cekrekening.id dan memasukan nomor rekening yang ingin kamu cara identitasnya. Situs tersebut akan memberitahu kamu bahwa nomor rekening yang kamu cari pernah melakukan penipuan atau sejenisnya.

– Buka situs cekrekening.id (bisa melalui PC atau ponsel)
– Pilih menu Periksa Rekening, ketika sudah memasuki halaman situs cekrekening.id
– Pilih jenis akan yang akan kamu periksa, klik nomor rekening
– Input nama bank dan masukan nomor rekening
– Konformasi captcha yang tersedia, lalu klik check sekarang

Setelahnya kamu akan diberi informasi melalui situs tersebut, jika nomor rekening yang kamu cari pernah melakukan penipuan maka pada hasil pencarian akan terlihat.

Apabila kamu sudah terlanjur transfer uang ke nomor rekening tersebut. Kamu juga bisa melaporkan nomor rekening itu di halaman situs cekrekening.id

2. Cek identitas rekening langsung datang ke kantor

Cara berikutnya untuk cek identitas lewat rekening bank adalah datang langsung ke kantor cabang bank yang kamu miliki. Hal ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah terlanjur mentransfer sejumlah uang tapi kamu baru menyadarinya itu merupakan penipuan.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Kamu dapat membuat laporan langsung melalui CS bank di kantor cabang bank terdekat di daerah mu.

– Datang ke kantor cabang bank terdekat, bertahun satpam bank mengenai keluhan mu
– Ambil nomor antrian, dan tunggu hingga CS memanggil nomor antrian yang kamu punya
– Sesampainya di CS bank, bilang kepada CS tersebut bahwa kamu ingin melaporkan penipuan lewat rekening bank
– Kemudian ceritakan kronologi penipuan tersebut dan serahkan bukti transfer serta bukti penipuan lainya yang kamu miliki
– Dari laporan yang kamu buat pihak bank akan memblokir nomor rekening yang terindikasi penipuan tersebut, sehingga nomor rekening itu tidak bisa dilakukan untuk melakukan penipuan lagi.

Ada satu catatan yang harus kamu ingat sebelum cek identitas lewat rekening bank ke kantor cabang bank langsung adalah kamu harus membuat laporan ke kepolisian. Di kantor polisi kamu akan membuat laporan penipuan serta akan diberikan surat pengantar ke bank yang bersangkutan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Kiat Terhindar dari Penipuan Rekening Bank

Setelah kamu mengetahui manfaat cek identitas lewat rekening bank dan cara cek identitas lewat rekening bank. Kamu juga perlu menerapkan beberapa kiat yang akan membuat kamu terhindar dari penipuan online yang menggunakan rekening bank.

Berikut adalah beberapa kiatnya:

– Cek Ulang Nomor Rekening Ketika Ingin Bertransaksi
– Pastikan Kredibilitas dari pemilik rekening bank yang ingin kamu transfer sejumlah dananya, jika ragu sebaiknya cek identitas lewat rekening bank seperti cara-cara diatas.
– Jangan mudah percaya dengan penjual online yang memasang harga murah meriah di Internet. Sebab kebanyakan penipuan rekening bank terjadi ketika jual beli online.
– Pakai rekening pihak ketiga

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi cek identitas lewat rekening bank. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram