Cara Menjadi Dropshipper untuk Menjual Produk Secara Online

Cara menjadi dropshipper sebenarnya sangat mudah dan kegiatan ini bisa menjadi modal bisnis pada proses jual beli sehingga dari pihak penjual tidak menyimpan stok produknya namun hanya menyalurkan langsung dari pemasok dan ditujukan pada pembeli. Bisnis dropship membuat pihak penjual tidak akan melakukan penyimpanan stok hingga pengiriman barang sehingga prosesnya lebih mudah.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Sementara itu untuk dropshipper memiliki peranan sebagai perantara yang hanya menawarkan produk dari pemasok atau supplier pada pembeli atau buyer. Dropshipper dan reseller tentunya memiliki perbedaan yang signifikan dalam proses kegiatan jual beli produk yang nantinya akan ditawarkan pada konsumen.

Cara Menjadi Dropshipper untuk Menjual Produk Secara Online

Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses

Memiliki peranan pada transaksi jual beli sebagai dropshipper tentunya sangat menguntungkan karena tidak perlu stok produk di rumah. Sistem kerja yang harus dilakukan oleh dropshipper yaitu hanya menawarkan produk jual milik supplier sehingga bisa mendapatkan konsumen.

Apabila sudah mendapatkan konsumen tentunya kamu akan memperoleh keuntungan dari proses penjualan tersebut berupa fee.berikut ini beberapa cara mudah untuk menjadi dropshipper sukses yang bisa kamu lakukan dan mulai dari sekarang:

1. Memilih Supplier Dengan Barang Berkualitas dan Terpercaya

Menjalankan peran sebagai seorang dropship tertentunya kamu tidak akan ikut campur dalam melakukan pengecekan kualitas barang yang dikirimkan dan tidak memiliki andil pada proses pengiriman barang yang dibeli oleh konsumen. Dengan demikian kamu harus memberi perhatian yang lebih pada pemulihan pemasok barang dan pastikan bahwa pemasok tersebut tidak hanya mempunyai produk berkualitas namun handal dalam melakukan pengelolaan alur pengiriman barang.

Pada pemilihan supplier yang salah tentunya akan membuat kamu kesulitan karena memiliki tanggung jawab yang besar dari segi kualitas dan pengiriman barang hanya terletak pada pemilik bisnis dropship dan bukan dari supplier. Maka dari itu sebaiknya kamu harus melakukan uji produk dulu dari beberapa supplier serta menentukan supplier yang mempunyai kualitas produk baik.

2. Memilih Jenis Produk Sesuai Dengan Pangsa Pasar

Cara menjadi dropshipper yang bisa kamu lakukan dalam membangun bisnis dropshipping yang sukses di kemudian hari yaitu menentukan jenis barang yang nantinya akan dijual. Pastikanlah pada proses ini kamu memilih jenis barang yang diinginkan sebagai produk yang mempunyai pangsa pasar cukup luas supaya lingkup penjualan juga bisa lebih banyak dan luas.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Guna meningkatkan keuntungan dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya kamu juga akan membutuhkan pemilihan lebih dari satu produk untuk dijadikan barang jualan. Apabila ternyata kamu mengalami kesulitan dalam menentukan jenis barang yang ingin dijual oleh bisnis dropshipping maka bisa menggunakan analisis SWOT guna menentukan kelebihan, kekurangan, ancaman hingga peluang bisnis.

3. Mempunyai Nilai Jual yang Unik dari Barang

Dalam proses meningkatkan minat pembeli pada sebuah barang yang kamu jual tentunya membutuhkan penambahan nilai jual yang unik pada sebuah produk sebagai cara menjadi dropshipper. Banyak diantara bisnis dropship yang berlomba untuk melakukan penjualan produk dengan harga murah namun bukan menjadi solusi yang tepat untuk menyukseskan bisnisnya.

Dengan adanya penambahan nilai jual pada bisnis dropship merupakan tantangan karena kamu tidak ikut campur dari segi kualitas, pengemasan hingga desain produk. Sehingga kamu bisa meningkatkan nilai jual untuk segi yang lain seperti halnya pelayanan pelanggan, gratis ongkos kirim, jaminan kualitas, memberikan penawaran diskon untuk pembelian berikutnya, hingga memberikan bonus pada produk yang dijual.

4. Membuat Website untuk Toko Online

Cara jadi dropshipper yang sukses di kemudian hari maka kamu harus membangun website toko online sendiri karena dapat membantu dalam meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan pada toko jual. Setiap orang tentunya memiliki caranya sendiri guna memberikan penilaian tingkat kredibilitas pada sebuah bisnis dan banyak yang menilai dari segi berapa lamanya mereka sudah beroperasi hingga melihat dari digital presence yang kuat.

Pasalnya kegiatan dropshipping merupakan model bisnis yang telah didominasi dengan menggunakan transaksi online sehingga dengan mempunyai website bisa menjadi investasi yang tepat guna meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan pada brand bisnis kamu. Selain itu untuk membangun website profesional maka tentunya kamu harus memiliki kemampuan web desain ataupun budget yang cukup untuk membayar jasa web designer sehingga bisa menghadirkan halaman desain yang menarik perhatian konsumen.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya

5. Membangun Brand dan Identitas pada Bisnis

Cara menjadi dropshipper tidak hanya membuat website dan mengelola website untuk jual beli namun harus dengan membangun brand identity atau identitas merek. Identitas merek merupakan elemen yang bisa dilihat dari jalannya sebuah bisnis sebagai pembeda dari brand milik kompetitor.

Tujuan pembuatan brand pada sebuah bisnis dropship tentunya untuk merepresentasikan nilai serta visi pada usaha yang dijalankan dan meskipun hanya sekedar bisnis dropship namun tetap bisa menjadi usaha untuk mendapatkan laba karena pelanggan tidak hanya datang karena penawaran harga yang murah.selain itu dengan memiliki identitas bisnis bisa meningkatkan kesetiaan pelanggan dan ketika kamu memiliki branding yang kuat maka nama tokoh akan jauh lebih dikenal oleh masyarakat lebih luas.

6. Memberikan Layanan Pelanggan Pasca Jual

Banyak diantara bisnis dropship yang mempunyai layanan pelanggan dengan kualitas tidak memuaskan. Pasalnya cara menjadi dropshipper untuk menjalankan bisnis dropship tidak mempunyai kendali atas kualitas barang, pengembalian barang hingga kecepatan pengiriman, namun supaya bisnis dropshipping tersebut bisa sukses maka kamu harus mempunyai tanggung jawab secara penuh untuk memberikan pelayanan pada setiap keluhan pelanggan yang disebabkan karena kerusakan atau masalah pengiriman atas produk.

7. Membangun Sistem Pembayaran yang Mudah

Dalam menjalankan bisnis dropshipping tentunya kamu harus memiliki penawaran sistem pembayaran yang aman dan terpercaya serta bisa dilakukan dengan mudah. Pemilihan metode pembayaran ini bisa menggunakan payment gateway yang tersedia pada toko online dropshipping milik kamu.

Akan tetapi apabila tidak keberatan dalam membayar biaya admin dari setiap penjualan maka bisa membuka toko online di beberapa marketplace seperti halnya shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya. Keberadaan marketplace ini sudah mempunyai sistem pembayaran serta jaminan keamanan dalam melakukan kegiatan transaksi yang telah teruji sehingga kamu tidak perlu repot lagi untuk melakukan konfigurasi dari segi teknis.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait cara menjadi dropshipper yang bisa sukses di masa depan. Melalui bisnis dropshipping ini kamu tidak perlu memiliki stok barang namun tetap bisa menjalankan bisnis dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Instagram