Cara Import Barang dari Luar Negeri yang Perlu Diperhatikan

Apakah Kamu ingin mengimport barang dari luar negeri? Jika iya, maka jangan sampai sembarangan melakukannya. Terlebih, jika masih termasuk sebagai pemula. Agar lebih aman dan tidak mendapatkan kerugian, maka ada baiknya untuk mencari tahu dahulu bagaimana cara import barang dari luar negeri.

Mengenal Apa Itu Import

Saat ini, ada banyak kebutuhan yang belum dapat dipenuhi oleh sebuah sektor atau bidang tertentu sehingga membuat beberapa orang memutuskan untuk melakukan import barang dari luar negeri. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan kegiatan import tersebut?

Harmonized System dalam Import Barang
Photo by Paul Teysen on Unsplash

Baca Juga:

Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke Cina

Perlu Kamu ketahui, bahwa import merupakan sebuah kegiatan transportasi komoditas atau barang dari sebuah negara ke negara yang lainnya. Umumnya, proses import tersebut termasuk sebagai kegiatan memasukkan komoditas, barang, atau produk dari negara lain ke negeri sendiri.

Kegiatan import ini sendiri tentu memerlukan bea cukai di negara penerima dan pengirimnya. Dapat dikatakan juga bahwa kegiatan ini merupakan kebalikan dari ekspor. Yakni sebuah kegiatan transportasi komoditas atau barang yang dikirim dari dalam negeri menuju luar negeri.

Bagaimana Cara Import Barang dari Luar Negeri?

Setelah mengenal apa yang dimaksud dengan import, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengenal juga bagaimana cara melakukan import barang tersebut. Terlebih, tentu masih ada banyak pemula yang ingin melakukan cara import barang ini. Untuk itu, perhatikan beberapa cara di bawah ini:

1. Perhatikan Dulu Prosedur Import

Untuk melakukan import dari luar negeri, maka hal yang paling penting untuk diketahui adalah memperhatikan terlebih dahulu bagaimana prosedur import yang perlu dilakukan. Terutama prosedur import dari sebuah cargo. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut:

– Pastikan bahwa barang yang diimport sudah memiliki izin dari pemerintah
– Pastikan barang yang diimport bukan barang yang terlarang
– Siapkan perijinan atau dokumen jika barang masuk ke dalam negeri
– Ketahui informasi mengenai bea masuk
– Ketahui juga pembayaran pajak import

2. Tentukan Supplier

Cara import barang selanjutnya, sangat penting bagi Kamu untuk menentukan harga serta suppliernya. Jika perlu, ketahui apa saja alasan memilih supplier tersebut sehingga berani membayar barang dengan harga yang ditawarkan. Tidak ada salahnya juga untuk membandingkannya dengan yang lain.

Kemudian, ketahui juga seperti apa sistem pengiriman yang akan dilakukan oleh supplier tersebut. Apakah nantinya supplier menanggung biaya serta resiko barang sampai penyerahan barang atau tidak. Pastikan untuk memahami hal ini agar nantinya proses import berjalan dengan lancar.

3. Biaya dan Cara Kirim

Jika Kamu sudah menentukan supplier, maka jangan lupa juga untuk mengetahui sistem penyerahan barang dan biayanya. Dalam hal ini sangat penting untuk memastikan besarnya biaya tambahan agar nantinya barang impor tersebut sampai ke alamat yang diinginkan.

Ikuti Cerita Komedi Cantau Kuliah di Perancis hanya di Transfez
@transfezMulai hari ini, ikuti keseruan si Cantau kuliah di Paris, siapa tahu malah jadi terinspirasi ya kan ##fyp ##kuliahdiperancis ##ceritakomedi ##transfez♬ original sound – Transfez

Untuk memperoleh biaya pengiriman yang baik, maka diperlukan data lebih akurat mengenai ketentuan perdagangan, dimensi barang, bobot, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan informasi dengan jelas.

4. Pilih Jasa Kirim Barang

Jasa kirim barang atau yang sering disebut dengan Freight Forwarder adalah jasa yang nantinya akan membantu Kamu dalam mengurus serta memenuhi persyaratan dokumentasi serta pengurusan bea. Tidak hanya itu saja, jasa ini juga akan menangani seluruh kebutuhan logistik.

Jasa tersebut juga akan mengurus asuransi, mengurus tarif angkut, hingga mengirimkan barang ke alamat tujuan sesuai dengan kebutuhan. Adapun hal yang paling penting adalah dapat membawa atau mengirimkan barang ke tempat yang dituju sesuai dengan waktunya.

5. Pilih Jenis Pengiriman

Setelah memilih jasa kirim barang, dalam memahami cara import barang, jangan lupa juga untuk menentukan jenis pengiriman yang akan digunakan nantinya. Umumnya, setiap jasa kirim sendiri akan menyediakan beberapa pilihan pengiriman. Oleh karena itu, pastikan untuk memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Di bawah ini beberapa pilihannya:

– Air Freight yakni pengiriman lewat udara
– Ocean Freight yakni pengiriman lewat laut
– Truk dan kereta api yakni pengiriman lewat darat

6. Pilih Pengiriman yang Untung

Pada dasarnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat ingin memilih pengiriman agar lebih menguntungkan. Hal ini berarti Kamu dapat lebih menghemat biaya kirim yang akan dibayarkan nantinya. Lantas, bagaimana cara memilih pengiriman yang untung.

Caranya adalah dengan memperhatikan layanan yang diberikan. Perhatikan juga waktu atau lamanya sampai dari pengiriman tersebut. Jika pengiriman dilakukan secara umum atau tidak diprioritaskan cepat sampai, maka harganya juga akan lebih terjangkau.

7. Asuransikan Barang

Setelah itu, ada baiknya juga untuk mengasuransikan barang yang ada. Hal ini sangat penting untuk dilakukan saat ingin import dari luar negeri. Pihak yang terlibat dalam transaksi import tersebut perlu memahami dengan sebaik mungkin apakah jasa kirim yang digunakan sudah menyediakan asuransi.

Cara Import Barang dari Luar Negeri yang Perlu Diperhatikan

Keberadaan asuransi disini sangat penting demi memberikan perlindungan barang yang ada. Contohnya seperti akibat ledakan, tenggelam, jatuh, kebakaran, badai, dan lain sebagainya. Ketentuan tersebut umumnya dapat diketahui berdasarkan kontrak penjualan yang disetujui.

8. Tentukan Cara Bayar

Cara import barang yang terakhir adalah menentukan cara pembayaran. Hal tersebut dapat Kamu lakukan jika sudah mendapatkan konfirmasi mengenai term perdagangan dan harga dari supplier. Dengan begitu akan diperoleh biaya pengiriman yang sudah termasuk dengan pajak, bea masuk, dan lain sebagainya.

Agar barang tersebut sampai, maka pastikan untuk menentukan cara pembayaran dengan cepat. Untuk proses pembayaran sendiri pada dasarnya dapat dilakukan lewat transfer bank. Cara ini adalah yang paling sederhana agar nantinya barang yang diimport dapat dikirim ke alamat Kamu.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Itulah beberapa cara import barang dari luar negeri. Sebelum melakukan kegiatan import tersebut, maka sangat disarankan bagi Kamu untuk memastikan terlebih dahulu apakah terdapat larangan import mengenai barang yang ingin dikirim. Dengan begitu, tentu tidak akan ada kendala dari pengiriman tersebut.

Instagram