Panduan Dalam Memulai Bisnis Toko Kelontong di Tengah Persaingan

Pada saat kamu memiliki minat untuk menjalankan bisnis toko kelontong maka harus memperhatikan beberapa cara untuk memulainya sehingga bisa meningkatkan omset pendapatan setiap bulannya. Meskipun eksistensi dari toko kelontong ini mulai ditinggalkan karena tidak adanya inovasi terbaru yang dihadirkan namun tidak ada salahnya kamu menjalankan sebuah bisnis ini di rumah.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Akan tetapi supaya bisa menarik perhatian banyak orang tentunya kamu harus menyiapkan inovasi dan strategi dalam menjalankan sebuah bisnis yang lebih segar supaya bisa bersaing dengan toko swalayan. Maka dari itu kamu harus mengetahui beberapa tips yang bisa dijalankan ketika ingin memulai sebuah usaha toko kelontong.

Panduan Dalam Memulai Bisnis Toko Kelontong di Tengah Persaingan

Tips untuk Memulai Bisnis Toko Kelontong

Dalam menjalankan sebuah usaha toko kelontong tentunya kamu akan membutuhkan banyak modal untuk menyediakan berbagai macam macam barang di toko kelontong kamu. Namun ketika kamu tidak memiliki tips untuk memulainya maka bisnis ini tidak akan berjalan dengan lancar dan justru memperoleh kerugian yang cukup besar.

Dengan demikian kamu akan membutuhkan beberapa tips untuk meningkatkan penjualan dan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk menjalankan sebuah usaha toko kelontong supaya tidak merugi:

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi menjadi salah satu hal yang sangat penting ketika ingin membangun sebuah toko kelontong karena banyak atas sedikitnya pelanggan yang datang itu ditentukan oleh keberadaan toko. Pada umumnya toko kelontong ini akan menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok rumah tangga sehingga pemilihan lokasi yang tepat dan strategis berada di tengah pemukiman.

Lokasi toko kelontong yang berdekatan lebih disukai oleh kalangan masyarakat sekitar karena tidak perlu lagi berjalan lebih jauh untuk mendapatkan kebutuhan pada saat itu juga. Dengan demikian kamu tidak perlu menyewa sebuah ruko karena dapat memanfaatkan rumah yang diubah menjadi toko kelontong dan modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar karena tidak perlu sewa tempat.

2. Mengenali Calon Konsumen

Apabila kamu sudah mendapatkan lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnis toko kelontong maka langkah berikutnya dengan mengenali calon konsumen mengingat setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Dalam hal ini silakan kamu melakukan survei pasar terlebih dahulu guna memastikan kebutuhan barang yang benar-benar diperlukan oleh kalangan masyarakat sekitar.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Ketika kamu sudah mengetahui berbagai macam kebutuhan masyarakat maka bisa segera menghitung besaran modal yang nantinya akan diperlukan guna membeli semua barang dagangan pertama kali membuka toko kelontong. Terlebih sekarang ini persaingan antar toko kelontong pun sudah sangat berat sehingga untuk target pasarnya tidak terlalu luas sehingga keuntungan yang akan didapatkan pun juga tidak bisa langsung diterima dalam jumlah besar.

3. Menyiapkan Modal Bisnis Toko Kelontong

Pada saat kamu ingin menjalankan sebuah bisnis maka sebaiknya menggunakan uang tabungan dan sebaiknya tidak mengambil pinjaman kredit usaha di bank karena kamu belum bisa memastikan bisnis yang kamu jalankan bisa lancar ataupun tidak. Apabila kamu mempunyai modal yang minim dan terpaksa harus meminjam di bank maka pilihlah bank yang memberikan penawaran bunga paling rendah.

Selain itu kamu juga harus menghitung secara teliti supaya mendapatkan keuntungan dengan membuka toko kelontong yang nantinya mampu menutup angsuran setiap bulannya. Apabila sudah mendapatkanmu dalam maka pisahkanlah uang menjadi dua kelompok yaitu yang pertama uang bisnis dan yang kedua uang pribadi.

4. Mencari Bahan Baku yang Lebih Murah

Dalam menjalankan sebuah bisnis toko kelontong tentunya kamu harus mencari toko grosir barang dagangan yang menawarkan harga lebih murah sehingga akan memiliki peluang yang sangat besar bagi kamu untuk mendapatkan keuntungan. Biasanya harga barang yang ada di pasar tradisional lebih murah dibandingkan ketika kamu membeli di toko grosir ternama.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Konstruksi
Bisnis Jasa Keuangan
Bisnis Jasa Lukis
Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan
Bisnis Jasa Bodyguard

Sementara itu untuk meningkatkan jumlah minat pembeli maka kamu bisa menjual berbagai macam barang dengan menawarkan potongan harga dan kamu juga harus memperhatikan penentuan diskon dapat diterapkan pada beberapa jenis barang yang mampu menghasilkan keuntungan besar. Sebenarnya dalam hal ini masih banyak metode yang bisa digunakan dalam pemberian diskon untuk memberikan daya tarik bagi pelanggan.

5. Membuat Konsep Toko yang Terlihat Lebih Menarik

Ketika ingin menjalankan sebuah toko kelontong tentunya kamu sudah memiliki bayangan konsep yang akan diterapkan pada toko mulai dari penempatan etalase dan yang lainnya. Dalam hal ini kamu juga harus memberikan inovasi dan sebaiknya barang dagangan yang dijual ditata dengan rapi sehingga bisa menarik perhatian para konsumen untuk datang dan membeli produk yang kamu jual.

Hal ini dikarenakan pembeli lebih menyukai penataan yang lebih rapi dan pastinya juga memudahkan pembeli untuk memilih barang. Selain itu kamu juga bisa memisahkan setiap barang jualan sesuai dengan jenisnya pada rak tersendiri sehingga tidak tercampur berantakan menjadi satu.

6. Pemberian Pelayanan Terbaik Bagi Pelanggan

Kualitas pelayanan ketika memulai sebuah bisnis toko kelontong menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan supaya membuat orang senang berkunjung pada teko kelompok milik kamu. Pelanggan memang akan melihat produk dengan harga murah akan tetapi saat pelayanannya tidak ramah mereka jauh lebih memilih harga yang lebih tinggi dengan pelayanan yang ramah.

Sehingga dengan penawaran harga yang murah saja tidak akan cukup untuk memberikan daya tarik bagi pelanggan. Dengan demikian kamu harus mengusahakan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pelanggan yang datang ke toko kelontong kamu sehingga besar kemungkinan mereka akan datang kembali untuk membeli beberapa barang di tempat kamu.

7. Melakukan Pembukuan Keuangan

Cara lain yang dapat kamu lakukan ketika memulai sebuah usaha toko kelontong maka harus membuat pembukuan untuk laporan keuangan masuk ataupun keluar. Saat ini banyak pemilik toko kelontong yang bingung dengan arus dana usaha karena memang tidak mempunyai pembukuan pada toko kelontong tersebut yang memuat jumlah dana keluar dan masuk.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait uraian cara sukses dalam memulai sebuah bisnis toko kelontong yang memiliki potensi besar untuk menyediakan barang kebutuhan rumah tangga. Namun perlu diketahui ketika menjalankan sebuah usaha toko kelontong harus memiliki inovasi mengingat persaingannya sangat ketat.

Instagram