Tips Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Online di Facebook

Bagaimana cara melakukan bisnis online di Facebook? Dalam dunia bisnis online banyak sekali cara untuk mengembangkan salah satunya dengan menggunakan media sosial seperti Facebook. Akan tetapi tidak semua orang bisa menggunakan media sosial dengan baik untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Media sosial Facebook menjadi salah satu jejaring yang akan membantu melancarkan bisnis kamu dalam menawarkan produk. Selain memang mudah penggunaannya juga tidak ada pungutan biaya ketika kamu melakukan bisnis di Facebook.

Tips Bisnis Online di Facebook agar Sukses

Tips Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Online di Facebook

Facebook sekarang ini sebagai platform yang tidak hanya digunakan untuk melakukan komunikasi dan interaksi dengan banyak orang. Facebook juga bisa dimanfaatkan guna mencari keuntungan dengan cara berjualan.

Namun karena persaingan yang cukup ketat maka perlunya kamu mengatur beberapa strategi. Inilah tips untuk bisnis secara online di Facebook yang bisa kamu perhatikan:

1. Membuat fans page online di Facebook

Dalam menawarkan produk agar dikenal oleh banyak orang dalam menghadapi persaingan bisnis maka kamu bisa menggunakan fans page. Pembuatan fans page ini bisa meningkatkan jumlah pemasaran online dan menjangkau banyak pengguna.

Penyediaan layanan fans page online tujuannya untuk membantu pebisnis online agar bisa memperkenalkan bisnis ke pengguna di Facebook. Sehingga bisa meningkatkan penjualan secara otomatis, selain itu juga mempunyai fungsi untuk mendapatkan informasi dengan jelas seputar produk.

2. Promosikan konten secara rutin dan konsisten

Konten yang ada pada fans page dalam bentuk promosi konten dengan tujuan bisa mendapatkan like banyak dari pengguna di dalamnya. Sehingga bisa meningkatkan popularitas dari bisnis yang kamu buat.

Terdapat 2 jenis promosi yang dapat kamu gunakan yakni metode internal yang mana jangkauannya hanya pada pengguna Facebook di aplikasi serta situs resminya. Sementara itu juga ada metode eksternal dengan jangkauan promosi lebih luas lagi dari pada sebelumnya.

3. Menggunakan foto berkualitas bagus pada bisnis online

Foto yang kamu upload di laman Facebook atau fans page aka berpengaruh pada tingkat penjualan atas produk kamu. Sebelum kamu mengunggah atau upload foto produk maka perhatikan kualitas sudah sesuai standar atau belum, jika belum maka ubahlah agar pas jika di upload.

Saat melakukan foto produk gunakanlah kamera yang bagus agar hasilnya tidak pecah saat di unggah di Facebook. Selain itu juga perhatikan angle pengambilan gambar saat sesi pemotretan dan jika bisa manfaatkan jasa fotografer profesional.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

4. Membagikan dan mengumpulkan testimoni setiap pembeli produk

Menjalankan bisnis online di media sosial Facebook bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan itulah yang membuat jumlah pembeli lebih meningkat. Dari banyaknya pembeli yang ada kamu bisa meminta testimoni sebagai bukti bagaimana kualitas produk dan pelayanan yang kamu berikan.

Kemudian kamu bisa membagikan testimoni dari pembeli di Facebook guna memberikan kepercayaan kepada calon pembeli lainnya. Sehingga penting sekali membangun kepercayaan dari pelanggan, bahkan tidak mendapatkan kepercayaan bisa membuat bisnis menjadi gulung tikar karena pelanggan banyak yang kabur.

5. Memaparkan informasi produk dengan jelas

Dalam menawarkan produk kepada konsumen di Facebook sangat penting bagi kamu untuk memaparkan atau memberikan deskripsi produk dengan jelas. Deskripsi yang jelas harus dilengkapi dengan gambar dalam bentuk asli pada produk yang kamu jual, jangan mengedit secara berlebihan.

Pastikan juga deskripsi yang kamu berikan ini sesuai dengan kondisi asli pada produk dan jangan melebihkan agar tidak membuat pembeli kecewa. Sebab mendapatkan kepercayaan dari pembeli bukan suatu hal yang mudah maka jika sudah mendapatkannya harus dipertahankan agar bisa menjadi pelanggan tetap.

6. Membangun interaksi baik dengan pembeli

Menjalankan bisnis online memang banyak tantangan dan hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Usahakanlah melakukan interaksi dengan pembeli dengan baik setiap apa yang ditanyakan, interaksi juga berlaku meskipun barang yang dibeli sudah sampai ke tangan pembeli.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Tidak ada salahnya jika kamu juga memberinya voucher diskon pada pembeli agar terkesan dan menjadi pelanggan tetap. Voucher ini bisa memancing pembeli untuk berbelanja lagi pada bisnis yang kamu jalankan.

7. Meningkatkan edge rank kamu

Bisnis online yang potensial di Facebook ciri-cirinya mempunyai banyak pelanggan serta dilirik juga kalangan pembeli. Sementara itu Facebook sebagai platform berbisnis maka kamu harus menaikkan edge rank pada profil akun Facebook terlebih dahulu.

Cara menaikkan edge rank dengan rutin posting status agar dikenal oleh teman yang ada di Facebook. Selain itu kamu juga bisa membagikan link, foto ataupun video dan usahakan untuk membuat postingan menarik agar mendapatkan like dan komen yang banyak dari pengguna.

8. Menggunakan strategi penjualan dengan tepat

Dalam menjual produk, keahlian promosi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan agar bisa menarik para pembeli melakukan transaksi. Jangan hanya memberikan tawaran yang manis kepada pembeli namun tidak memberikan kualitas produk memadai.

Hal seperti inilah yang membuat pamor dari bisnis yang kamu jalankan akan dihindari oleh banyak pembeli. Maka penting bagi kamu untuk menunjukkan pelayanan yang baik dan memberikan testimoni asli dari pembeli sebelumnya.

9. Tekun Dan Sabar Dalam Menjalankan Bisnis

Setiap bisnis yang dibangun akan mengalami banyak lika liku proses perjalanan, terlebih pada usaha yang baru dimulai. Anggaplah semua yang kamu dapatkan ini sebagai pengalaman dan pembelajaran dalam memperbaiki kekurangan pada bisnis.

Akan tetapi jika kamu sudah niat untuk terjun sebagai pebisnis maka juga jangan mudah menyerah dan putus asa dalam menghadapi masalah yang ada saat menjalankan bisnis. Percayakan saja kelak bisnis yang kamu rintis ini akan sukses seperti layaknya milik mereka yang sukses.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai bisnis online yang dapat dilakukan di media sosial Facebook. Perhatikan setiap tips di atas guna meningkatkan penjualan produk pada bisnis kamu.

Instagram