Biaya Transfer Uang Ke Luar Negeri Melalui Bank BCA

Pernah menghitung berapa biaya transfer uang ke luar negeri melalui Bank BCA? Terdapat istilah yang digunakan untuk melakukan layanan transfer atau pengiriman uang berbentuk valuta asing, yang disebut remittance. Pernahkah kamu mendengar istilah tersebut? Biasanya remittance dilakukan oleh bank maupun non bank dan memerlukan waktu yang cukup lama dan proses yang rumit untuk melakukan proses transfer tersebut.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Prosesnya yang rumit dan memerlukan lebih banyak waktu dikarenakan sistem perbankan Indonesia memiliki perbedaan dengan sistem bank di luar negeri. Indonesia menganut sistem Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) sementara di luar negeri kebanyakan menganut sistem International Bank Accout Number (IBAN).

Remittance BCA

Biaya Transfer Uang Ke Luar Negeri Melalui Bank BCA

Layanan ini memungkinkan untuk melakukan pengiriman valuta asing di dalam maupun luar negeri, dapat dilakukan sesame rekening BCA maupun dengan rekening dari bank lain. Untuk melakukan layanan pengiriman uang ke luar negeri dapat menggunakan layanan bernama Outward Remittance.

Sementara itu, jika ingin menerima uang dari luar dapat menggunakan layanan Inward Remittance. Terdapat beberapa keunggulan dari Remittance BCA diantaranya dapat melakukan pengiriman dan sampai pada hari yang sama, dengan didukung jaringan yang luas dan dapat menerima banyak mata uang asing seperti AUD, GBP, JPY, USD, SGD, EUR dan masih banyak yang lainnya.

1. Outward Remittance BCA

Fitur ini dapat melakukan layanan pengiriman valas ke negara asalnya. Contohnya, kamu bisa mengirimkan uang dalam dollar dari Indonesia ke rekening di negara Amerika.

Saat melakukan transaksi tersebut, jumlah uang yang di kirim akan diterima utuh dan tidak mendapat potongan, karena saat mengirimkan uang nasabah diwajibkan membayar biaya sebesar USD 10 (ekuivalen) dan ditambah biaya telex Rp. 50.000 untuk melakukan layanan BCA full Payment. Selain melakukan pengirman dalam bentuk valas kenegara asal, fitur ini juga mampu mengirimkan uang dalam bentuk rupiah ke negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand.

2. Inward Remittance BCA

Layanan ini merupakan layanan yang digunakan untuk melakukan transfer valuta asing yang dikirim dari luar negeri ke Indonesia. kamu dapat mengirimkan uang dalam bentuk dollar ke rekening rupiah di bank BCA.

Kiriman uang yang sudah diterima di rekening, dapat langsung dicairkan dan ditarik secara tunai. kamu dapat melakukan pencairan dana melalui mitra BCA atau operator money transfer internasional.

Biaya Transfer dan Mencairkan Uang

• Untuk menggunakan layanan Outward Remittance BCA, kamu tidak perlu mengonversikan Rupiah ke mata uang USD, Ringgit atau Bath. Agar dapat menikmati fasilitas layanan ini, kamu akan dikenakan biaya Rp. 50.000 (biaya telex) ditambah Rp. 350.000 atau sekitar USD 25.
• Sedangankan untuk menggunakan layanan Inward Remittance BCA atau mencairkan dana ke dalam bentuk rupiah tidak lah sulit. kamu cukup menunjukkan nomor PIN serta KTP dan tunjukkan ke cabang BCA terdekat.

Kemudian, lengkapi formulir pencairan dana dan membayar biaya materai sebesar Rp. 6.000. Keterangan lebih lanjut mengenai layanan ini, kamu bisa mendatangi kantor cabang BCA terdekat atau kamu dapat menghubungi costumer service BCA.

Cara Kerja Remittance

Biaya Transfer Uang Ke Luar Negeri Melalui Bank BCA

Layanan remittance memiliki mekanisme tersendiri yang diberlakukan pada semua bank dengan cara yang tidak jauh berbeda. Mekanisme dan cara melakukannya sebagai berikut:

• Pertama, pihak pengirim bisa mendatangi kantor bank yang menyediakan layanan remittance.
• Selanjutnya, kamu bisa meminta formulir pengiriman uang. Lengkapi informasi dengan benar seperti nominal yang akan dikirimkan dan lain sebagainya.
• Sesudah formulir terisi lengkap, langkah selanjutnya adalah bank akan melakukan proses permintaan remittance dalam bentuk valuta asing melalui debit dari tabungan valas si pengirim bila mengirim berstatus sebagai nasabah.
• Pihak bank pengirim akan melakukan proses permintaan remittance dengan bank koresponden selaku penghubung atau perantara dengan bank tujuan penerima uang.
• Lalu bank tujuan akan menerima kiriman uang dan akan diteruskan kepada pihak penerima sesuai dengan instruksi dari pihak pengirim.

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Melalui BCA

Saat ini, transfer uang ke luar negeri melalui BCA belum bisa dilakukan melalui ATM. Namun, kamu bisa melakukan cara-cara ini agar kebutuhan pengiriman uang ke luar negeri bisa terpenuhi.

1. Melalui Kantor Cabang BCA

Pengiriman uang ke luar negeri melalui kantor cabang BCA dapat dilakukan dengan cara DD
(Demand Draft) atau tunai. Uang tunai yang kamu setorkan dalam bentuk Rupiah akan disesuaikan dengan mata uang negara tujuan.

Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

• Persiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti buku rekening, KTP asli dan kartu ATM.
• Datang ke kantor cabang bank BCA terdekat dengan membawa semua persyaratan yang telah dilengkapi untuk pengiriman uang
• Kemudian, kamu akan diarahkan untuk mengisi form pengiriman uang ke luar negeri
• Teller akan memerikasa dokumen kamu terlebih dahulu
• Lalu, nasabah akan diminta memasukkan PIN ATM pada mesin EDC yang ada dimeja teller
• Setelah selesai, teller akan memberikan slip bukti pengiriman uang yang harus kamu simpan dengan baik.

2. Melalui KlikBCA

Selain harus ke kantor cabang BCA, kamu juga bisa melakukan transfer ke luar negeri melalui KlikBCA. Namun, sebelumnya pastikan kamu telah mendaftarkan diri di web KlikBCA.

Setelah akun dan proses registrasi selesai, maka lakukan langkah berikut untk bisa transfer uang ke luar negeri:

• Log in ke akun Kamu
• Kemudian pilih menu transfer
• Selanjutnya, pilih valas ke rekening bank lain
• Isi data-data yang perlu kamu lengkapi untuk bisa melanjutkan proses berikutnya.

3. Fire Cash BCA

Fire Cash BCA adalah cara transfer uang secara online dan berbasis web dengan memanfaatkan jaringan koresponden Bank BCA. Metode ini cukup aman, cepat dan praktis,dengan setidaknya ada 300.000 outlet mitra Fire Cash.

Kamu akan diberikan PIN keamanan saat melakukan transfer uang ke luar negeri, dimana PIN ini harus diberikan kepada penerima untuk mencairkan uang dalam waktu maksimal 21 hari.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift Bank DBS
Kode Swift Bank Hana Bank

Penutup

Bagaimana? kamu sudah mengetahui langkah mudah untuk melakukan pengiriman uang melalui bank BCA dan tanpa perlu melakukan penukaran uang terlebih dahulu karena Bank BCA sudah memiliki fitur remittance. Sehingga, dapat memudahkan kamu melakukan transaksi dengan aman dan nyaman.

Instagram