Biaya Hidup di Kota Palembang

Kota Palembang termasuk ke dalam kota besar yang ada di Indonesia sekaligus menjadi Ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Untuk ukuran kota besar padat penduduk dan memiliki potensi ekonomi cukup tinggi di Indonesia, kota yang dijuluki Kota Pempek ini termasuk ke dalam kota yang memiliki biaya hidup paling rendah di Indonesia.

Pasalnya masih banyak sekali warung makan yang menawarkan makanan siap santap dengan harga yang terjangkau. Terpantau oleh Badan Pusat Statistik (BPS), kota Palembang setidaknya membutuhkan Rp.1,15 juta saja per bulannya jika dirata-rata.

Selain itu, transportasi di kota Palembang merupakan salah satu yang terlengkap. Selain ada transportasi umum seperti angkutan kota, bus hingga LRT pun tersedia dengan kondisi yang cukup baik. Ini menjadikan salah satu alasan mengapa kota Palembang seringkali didatangi para perantau setidaknya untuk mendapatkan pekerjaan atau menimba ilmu ke jenjang perkuliahan.

Peringkat Kota Palembang Berdasarkan BPS

Biaya Hidup di Kota Palembang

Jika melihat dari data yang dilakukan oleh BPS setiap lima tahun sekali, kota Palembang ini merupakan kota yang hanya menduduki posisi ke-17 kota dengan biaya hidup tertinggi di Indonesia.

UMR Kota Palembang

Untuk kamu yang mulai melangkahkan kaki ke kota Palembang untuk mencari pekerjaan, kamu juga harus tau berapa besar gaji pokok atau UMR di kota Palembang. Berdasarkan data forensik pada tahun 2019, upah minimum regional atau UMR yang ditetapkan oleh pemerintah dinas terkait kota tersebut mengalami peningkatan.

Di tahun 2019, upah minimum kota Palembang naik hingga 7,8% menjadi Rp.2.736.000. Ini tentu saja merupakan patokan umum dimana kamu bisa mendapatkan upah lebih besar lagi berdasarkan keahlian dan kompetensi yang kamu miliki.

Sedangkan gaji UMR Palembang per tahun 2021 yang berlaku saat ini adalah sesuai penetapan Upah Minimum Kota (UMK) Palembang sebesar Rp 3.270.093,78.

Biaya Hidup Mahasiswa di Palembang

Banyak mahasiswa rela berbondong-bondong datang ke kota Palembang ini demi melanjutkan studi mereka di universitas ternama di Palembang yang biasanya terjadi saat adanya pengumuman SNMPTN tiba. Yang wajib kamu ketahui adalah berapa biaya hidup saat kamu menjadi mahasiswa di Kota Pempek tersebut.

Untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maka biasanya tidak asing dengan Universitas Sriwijaya dan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Begitupun dengan kampus swasta yang cukup banyak yakni Universitas Bina Darma dan Universitas Global Mandiri dan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Berdasarkan hasil wawancara seorang mahasiswi, dirinya bisa menghabiskan sekitar Rp.2,5 juta per bulan yang dikirim langsung oleh orang tuanya untuk membayar kos dan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Biaya itu ia gunakan untuk membayar kos, biaya tugas kuliah, makan dan transportasi.

Rincian biayanya meliputi biaya kos Rp.500 ribu, makan Rp.1 juta, transportasi Rp.300 ribu dan kebutuhan yang lainnya dan apabila dijumlahkan totalnya sekitar Rp.2,5 juta per bulan.

Sebenarnya biaya kos membutuhkan biaya Rp.600 ribu, tapi jika dibayar per tahunnya akan lebih murah dengan hitungan kasar sekitar Rp.500 ribu saja. Hal ini menjelaskan bahwa jika kamu pintar-pintar memilih tempat tinggal, maka kamu akan mendapatkan keuntungan.

Perkiraan Biaya Hidup di Palembang

1. Tempat tinggal di Palembang

Tempat tinggal memang merupakan hal yang wajib dipikirkan sebelum menapakan kaki ke kota orang terlebih jika kamu adalah perantau yang datang sendirian di kota ini. Kosan merupakan pilihan yang baik ketika kamu baru sampai di kota Palembang.

Harganya cukup bervariasi dengan harga terendah yang bisa kamu dapatkan yakni sekitar Rp.500 ribu saja untuk mendapatkan tempat tinggal yang nyaman.

Namun jika kamu sudah berkeluarga terutama memiliki anak, maka pilihan yang tak terelakan adalah dengan menyewa rumah kontrakan. Tarif bervariasi tergantung lokasi dan fasilitas apa saja yang diberikan.

Harga sewa rumah di Palembang tergolong rendah yakni sekitar Rp.20-25 jutaan saja per tahunnya untuk mendapatkan hunian sederhana.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

2. Biaya makan sehari-hari di Palembang

Biaya primer yang tak kalah pentingnya adalah kebutuhan makan sehari-hari. Maka kamu harus tahu berapa biaya rata-rata untuk bisa makan di kota Palembang. Harga yang diberikan memang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kota-kota besar yang lain, namun jika kamu sudah berkeluarga maka tetap jauh lebih hemat jika kamu memasak sendiri masakan rumahan.

Kota Palembang memang dikenal dengan julukan Kota Pempek, namun siapa sangka justru kuliner yang ada tergolong lebih lengkap dengan harga yang murah meriah dan tentunya pas dikantong pekerja maupun pelajar.

Biasanya terdapat warung makan serba ada yang menyediakan 1 porsi makanan dengan nasi dan lauk pauk serta sayur dengan cukup merogoh kocek sebesar Rp.10.000 saja.

3. Biaya transportasi di Palembang

Harga BBM di kota Palembang terbilang cukup terjangkau terlebih jika kamu memiliki kendaraan pribadi seperti motor yang pastinya akan mempermudah kamu untuk berpergian.

Biasanya kendaraan pribadi yang aktif digunakan untuk 2 kali jalan bertahan selama satu minggu jika diisi dengan bahan bakar setiap pembelian Rp.20 ribu Pertalite. Namun jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, ada transportasi umum yang akan mempermudah mobilitas yakni LRT.

Harga tiket untuk LRT sendiri tergolong cukup murah. Harga tiket untuk antar stasiun di luar bkamura hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 5.000 saja. Sementara perjalanan dari atau ke Bkamura Sultan Mahmud Badaruddin II cukup membayar sekitar Rp 10.000.

Kota yang memiliki segudang budaya dan kuliner ini merupakan surganya perantau untuk mendapatkan pekerjaan atau menimba ilmu bagi pelajar yang ingin biaya hidupnya lebih murah dibandingkan ketika kuliah di kota-kota besar lain.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Kota Pempek ini yang merupakan Ibukota dari Provinsi Sumatera Selatan, yang juga merupakan sentral dari provinsi ini. Tidak pernah bosan tanahnya selalu menjadi ladang bagi para perantau dengan biaya hidup tergolong rendah.

Menjadikan Palembang salah satu destinasi wajib dikunjungi selain untuk bekerja atau belajar namun juga destinasi wisatanya yang membuat kamu betah untuk tinggal di kota ini.