biaya hidup di Amerika Serikat berapa?

Biaya hidup di Indonesia dengan Amerika Serikat tentu akan berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui kisaran biaya hidup di Amerika Serikat sebelum Kamu benar-benar memutuskan untuk pindah dari tanah air. Hal ini agar nantinya tidak akan kekurangan biaya hidup di negara rantau tersebut.

Mengenal Kehidupan Negara Amerika Serikat

Saat Kamu hidup di Amerika serikat, tentu akan ada banyak biaya yang diperlukan. Akan tetapi, Kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut akan tergantung dengan gaya hidup dan lokasi yang dipilih. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan lokasi yang tepat dan pas di negara tersebut.

Baca Juga:

Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke Cina

Seperti yang diketahui, Amerika Serikat sendiri mempunyai 50 negara bagian dengan budaya dan karakter yang berbeda satu sama lainnya. Mulai dari New York, Chicago, hingga Los Angeles. Beberapa kota tersebut cenderung mempunyai barang yang berkualitas serta mahal.

Akan tetapi, terdapat pula beberapa negara pada bagian lainnya yang menawarkan standar hidup dengan lebih rendah. Dengan begitu, biaya hidup yang akan dikeluarkan nantinya dapat lebih memadai dan terbilang cukup terjangkau dibandingkan kota-kota besar yang sudah disebutkan tadi.

Tips Mengatur Biaya di Amerika Serikat

Sangat penting bagi Kamu untuk mengatur biaya hidup saat ingin tinggal ke Amerika Serikat. Contohnya saja ketika ingin tinggal di luar area kampus, maka sangat dianjurkan untuk memilih tipe flat atau apartemen. Apartemen tersebut dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 23.800.000 per bulannya.

Jika ingin lebih murah, maka tidak ada salahnya untuk memilih apartemen yang ada di lokasi sekitar Colorado. Adapun biaya sewa apartemen di daerah tersebut mencapai Rp 13.750.000 untuk setiap bulan. Tentu saja, hal tersebut belum terhitung biaya makan, perawatan diri, kesehatan, dan lainnya.

Sebagai rekomendasi, Kamu juga dapat membeli makanan yang ada di supermarket lokal. Pasalnya, membeli di tempat tersebut terbilang cukup murah dan terjangkau. Untuk bahan konsumsinya sendiri dapat Kamu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Berapa Kisaran Biaya Hidup di Amerika Serikat?

biaya hidup di Amerika Serikat berapa?

Pada dasarnya, kebanyakan negara bagian Amerika Serikat menggabungkan tempat atraksi, alam, hingga seni sesuai dengan kemampuan pengunjung. Dengan begitu, setiap pengunjung yang baru datang pun dapat bersenang-senang sesuai tujuan masing-masing. Di bawah ini kisaran biaya hidupnya:

1. Biaya Belanja Bulanan

Dapat dikatakan bahwa di Amerika Serikat sejumlah kebutuhan pokok terbilang cukup mahal. Maka dari itu secara garis besar biaya hidup di Amerika Serikat memang sangat mahal. Contohnya saja seperti beras yang setiap kilogramnya mencapai Rp 55.000. Tentu saja berbeda jika dibandingkan dengan Indonesia karena hanya akan mencapai angka sekitar Rp 12.000 saja.

Selain itu, untuk daging mentah sendiri di negara AS dibanderol dengan harga sekitar Rp 164.000. Untuk susu per liter hanya Rp 11.000 saja. Dengan beberapa kisaran biaya hidup bulanan tersebut tentu Kamu sudah dapat menyimpulkan sendiri apakah terjangkau atau tidak.

2. Biaya Pakaian

Jika dibandingkan dengan Indonesia, biaya pakaian yang ada di Amerika serikat tentu terbilang lebih mahal. Akan tetapi, perbedaannya juga tidak terlalu besar. Contohnya saja celana levis yang dijual dengan harga Rp 600.000 di Amerika Serikat.

Sedangkan jika Kamu membelinya di Indonesia, maka kisaran harga yang ditawarkan sekitar Rp 450.000. Belum lagi mengenai biaya sepatu yang rata-rata mencapai Rp 1.000.000. Untuk sepatu kerja seperti pantofel sendiri akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,3 jutaan.

3. Biaya Transportasi

Selain beberapa biaya di atas, biaya hidup di Amerika Serikat lain yang tidak boleh ketinggalan adalah tentang transportasi. Dapat dikatakan bahwa biaya transportasi di Amerika Serikat terbilang cukup mahal. Pasalnya, untuk sekali jalan saja dapat mencapai harga Rp 32.000.

Amerika Serikat sendiri menawarkan biaya berlangganan bulanan untuk transportasi tersebut. Adapun harga tiketnya sekitar Rp 989.000. Sedangkan untuk tarif taksi juga terbilang cukup tinggi. Pasalnya, untuk setiap kilometernya sendiri mencapai harga Rp 24.000.

4. Biaya Makan

Saat Kamu memutuskan hidup di Amerika Serikat, maka sangat penting untuk berpikir beberapa kali untuk makan di luar. Bagaimana tidak? Jika dibandingkan dengan makanan Indonesia yang dapat diperoleh dengan harga murah, Amerika Serikat termasuk negara yang menawarkan harga makanan tinggi.

Untuk biaya hidup di Amerika Serikat dalam sekali makan pada restoran yang terjangkau saja dapat habis sekitar Rp 200.000. Sementara Indonesia untuk harga makanan sebesar Rp 25.000 saja sudah dapat mengenyangkan perut. Tentu saja, biaya makan tersebut masih belum terhitung minumnya.

5. Biaya Minum

Biaya minum juga termasuk hal yang harus diperhatikan dalam mengatur biaya hidup di Amerika Serikat. Kamu juga perlu mempertimbangkan mengenai biaya minum di negara yang satu ini. Untuk harga air di Amerika Serikat sendiri terbilang cukup tinggi. Pasalnya, seseorang perlu menyiapkan uang sebesar Rp 20.000 untuk mendapatkan air mineral sebanyak 330 mililiter.

Jika mendapatkannya di Indonesia, maka minuman sejumlah tersebut dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 3.500. Akan tetapi, untuk biaya gaji yang diperoleh nantinya akan sebanding dengan tingginya biaya hidup tersebut. Dengan begitu, ada baiknya untuk menyiapkan biayanya terlebih dahulu dengan baik.

6. Biaya Sewa Apartemen

Sewa apartemen juga termasuk hal yang harus diperhatikan dalam menghitung biaya hidup di Amerika Serikat. Kamu perlu mengetahui bahwa biaya sewa apartemen tentu akan berbeda di setiap negaranya. Jika Kamu ingin menyewa apartemen di Amerika Serikat, maka pastikan untuk mengetahui berapakah kisaran harga sewa di negara tersebut. Jika perlu, bandingkan satu apartemen dengan apartemen yang lainnya.

Umumnya, di Amerika Serikat untuk harga sewa apartemen di dalam kota jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga di luar kota. Contohnya saja harga di luar pusat kota mencapai Rp 14.000.000 saja, sedangkan harga sewa di dalam kota dapat mencapai hingga Rp 17.000.000.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Itu dia beberapa informasi mengenai biaya hidup di Amerika Serikat yang dapat Kamu ketahui. Saat ini sendiri ada banyak orang yang juga tertarik untuk merantau ke negara tersebut. Akan tetapi, selain memperhatikan beberapa biaya di atas, ada baiknya juga untuk menyiapkan biaya darurat.

Instagram