Kuliah S2 di Amerika Serikat by transfez

Hallo FezFriend,

Banyak mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah S2 di Amerika Serikat. Apalagi, negara dengan julukan Paman Sam tersebut sudah memiliki reputasi baik dalam hal pendidikan. Jika kamu mengalami masalah dalam hal biaya, maka kamu bisa mencoba incar beasiswa untuk kuliah di sana.

Baca juga: Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Amerika Serikat

Seperti yang sudah diketahui bahwa banyak mahasiswa yang mengincar beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Di Indonesia sendiri, sudah cukup banyak jenis beasiswa untuk kuliah S2 di Amerika serikat. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Beasiswa LPDP

Tentunya nama Beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan sangat populer kita dengar. Bisa dikatakan, ini adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Tujuannya adalah untuk mendukung pelajar Indonesia melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, termasuk program magister (S2) di luar negeri.

Salah satu jenis beasiswa LPDP yang populer adalah Beasiswa PTUD atau Perguruan Tinggi Utama Dunia. Di dalamnya mencakup kuliah di universitas-universitas ternama Amerika Serikat seperti Harvard University, Stanford University, dan University of California Berkeley.

Beasiswa ini memiliki berbagai komponen pembiayaan seperti biaya kuliah penuh, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat. Selain itu, LPDP juga menyediakan dana untuk riset, tesis, serta publikasi ilmiah yang dibutuhkan dalam menyelesaikan program studi.

Untuk memenuhi syarat, calon penerima beasiswa perlu memenuhi kriteria tertentu. Berbagai kriteria itu antara lain rekam akademik yang baik, memenuhi persyaratan bahasa Inggris, dan berkomitmen untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi.

2. CIMB ASEAN Scholarship

Selajutnya, kamu bisa manfaatkan CIMB ASEAN Scholarship untuk kuliah S2 di Amerika Serikat. Beasiswa ini disediakan oleh CIMB Group untuk mendukung mahasiswa berprestasi dari negara-negara ASEAN. Tentunya beasiswa ini bertujuan dalam melanjutkan pendidikan tinggi di universitas-universitas terkemuka seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat.

Di dalam beasiswa ini sudah termasuk biaya kuliah, biaya hidup, laptop, asuransi, serta biaya lainnya terkait perkuliahan. Penerima beasiswa ini juga bisa mendapatkan bimbingan karir dan kesempatan magang serta pelatihan manajemen melalui program seperti The Complete Banker.

Setelah menyelesaikan kuliah, penerima beasiswa diwajibkan untuk bekerja di CIMB dalam peran yang sudah ditentukan. Hal itu memberikan jaminan pekerjaan stabil dan prospek karir cerah dalam industri perbankan serta keuangan.

3. Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Bergelar

Selama ini, beasiswa diberikan pada calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan administratif. Lalu bagaimana dengan beasiswa dalam jalur prestasi? Kamu bisa mencoba Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Bergelar.

Untuk jenjang S2, BIM menyediakan kesempatan bagi lulusan sarjana yang ingin melanjutkan studi di universitas luar negeri, termasuk Amerika Serikat. Para pendaftar harus memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang menonjol. Lalu, kamu perlu memenuhi persyaratan administrasi seperti kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL atau IELTS. Kemudian, ajukan surat rekomendasi, serta esai yang menjelaskan komitmen untuk berkontribusi setelah menyelesaikan studi.

BIM Bergelar bertujuan untuk membentuk calon pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki integritas dan kompetensi global. Dengan kata lain, beasiswa ini memberikan kesempatan kepada individu berbakat untuk mengembangkan potensinya melalui pendidikan di universitas-universitas terkemuka.

4. Beasiswa Indonesia Bangkit

Selain LPDP, ada juga yang berasal dari pemerintah bernama Beasiswa Indonesia Bangkit. Jenis beasiswa ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan juga Kementerian Agama. Tentunya tujuannya masih sama, yakni menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi pada pembangunan nasional.

Karena dikelola Kementerian Agama, otomatis hanya diperuntukan pada mahasiswa dari Universitas Agama Islam. Nantinya, mahasiwa tersebut bisa mendapatkan biaya kuliah, tunjangan hidup, dan biaya pendukung lainnya seperti asuransi kesehatan, biaya perjalanan, serta dana untuk penelitian.

Pelamar yang memenuhi syarat dapat memilih universitas-universitas top di Amerika Serikat yang telah terdaftar dalam program beasiswa ini. Beasiswa ini juga terbuka untuk berbagai bidang studi, dengan prioritas pada bidang yang relevan dengan kebutuhan pembangunan Indonesia.

5. World Bank Scholarship

Ada lagi beasiswa untuk mahasiswa negara berkembang yang ingin menempuh pendidikan magister di berbagai universitas di seluruh dunia. Nama beasiwa itu adalah World Bank Scholarship dari Joint Japan/World Bank Graduate Scholarship Program (JJ/WBGSP). Mereka yang memiliki pengalaman profesional dan rekam jejak dapat memajukan pembangunan negaranya jadi target penerima beasiswa ini.

Tentunya kamu bisa mendapatkan keringanan dalam hal biaya kuliah, tiket pesawat pulang pergi, asuransi kesehatan, tunjangan hidup bulanan, dan biaya perjalanan. Berbagai disiplin ilmu biasanya tercakup dalam program ini, terutama yang terkait dengan pembangunan ekonomi.

Umumnya, beasiswa S2 ini sudah tersedia untuk maksimal 45 program studi pada 27 Universitas. Adapun berbagai universitas yang masuk kerja sama antara lain Havard, Stanford, dan University of Leeds.

6. Rotary Peace Fellowship – Master’s Degree Programs

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di bidang perdamaian dan resolusi konflik, Rotary International menawarkan program beasiswa. Nama beasiswa itu disebut Rotary Peace Fellowship.

Duke University dan University of North Carolina di Chapel Hill adalah mitra dari universitas Amerika untuk beasiswa ini. Untuk kamu yang ingin masuk jadi kandidat, setidaknya memiliki tiga tahun pengalaman kerja di sektor pembangunan dan perdamaian. Bisa dikatakan, itu merupakan salah satu persyaratan utama untuk beasiswa ini.

Pekerjaan yang disalurkan pada beasiswa ini meliputi pekerjaan di bidang kesehatan masyarakat, hukum, advokasi, pendidikan, media massa, pemerintahan, diplomasi, dan organisasi kemanusiaan. Untuk fasilitas yag didapatkan juga tidak jauh beda dengan beasiswa sejenisnya.

7. ABC Humane Wildlife Women in STEM Academic Scholarship

Terakhir ada beasiswa untuk perempuan, yakni ABC Humane Wildlife Women in STEM Academic Scholarship. Beasiswa ini dirancang untuk mendukung perempuan yang berkarir di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics).

Beasiswa tersebut terbuka untuk mahasiswa S2 di Amerika Serikat yang sedang menempuh pendidikan di jurusan STEM. Tujuan dari beasiswa ini adalah mempromosikan keberagaman gender pada bidang-bidang yang didominasi oleh pria. Selain itu, tujuannya juga untuk mendorong lebih banyak perempuan untuk terlibat dalam bidang STEM.

Mau kirim uang ke luar negeri? Transfer internasional dari Indonesia menggunakan Transfez

Official Youtube Account Transfez

Bagaimana dengan transfer internasional ke luar negeri dari Indonesia? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Akun Transfez dapat dibuat dengan gratis, serta mampu memfasilitasi pengiriman uang internasional dengan biaya yang lebih hemat, transparan, aman dan cepat ke rekening bank di luar negeri.

Langkah pengiriman dengan Transfez dengan mudah dan sederhana:

1. Daftarkan akun di aplikasi Transfez,
2. Tentukan jumlah yang akan dikirim,
3. Verifikasi identitas kamu,
4. Masukkan informasi penerima uang,
5. Lakukan pembayaran,
6. Pengiriman uang selesai dilakukan.

Pelajari lebih lengkap tentang cara kirim uang ke luar negeri dengan Transfez di sini, selain itu, kamu juga mungkin tertarik untuk mencoba kalkulator kurs Transfez atau daftar destinasi negara tujuan untuk melihat jumlah uang yang akan diterima oleh penerima ketika menggunakan Transfez.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Penerima beasiswa dipilih berdasarkan prestasi akademik, kebutuhan finansial, dan komitmen terhadap bidang studi mereka.