Tips Traveling Sendiri

Mungkin kadangkala, ada masanya seseorang jenuh akan aktivitasnya dan membutuhkan waktu liburan sendiri tanpa teman. Traveling sendiri dianggap beberapa orang sebagai salah satu kegiatan yang menyenangkan dan tidak repot.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Tips Traveling Sendiri

Bagi kamu yang ingin liburan sendiri namun masih ragu, bisa mencoba traveling ke beberapa tempat wisata di Indonesia terlebih dahulu.berikut beberapa tips traveling sendiri untuk pemula yang telah dirangkum untuk kamu.

1. Membuat Itenerary Biar Perjalanan kamu Menjadi Lebih Jelas dan Tertata

Tips traveling sendiri yang tidak boleh kamu lupakan yaitu, membuat itenerary sebelum berangkat. Kamu harus menulis semua barang yang akan dibawa ke tempat wisata yang akan dikunjungi, termasuk baju apa yang akan dikenakan saat berada di sana, karena hal ini sangat membantu saat solo traveler.

Jangan lupa untuk mengkategorikan bawaan kamu agar tidak mengalami kesulitan saat mencari barang.

2. Belajar cara packing seringan mungkin

Saat traveling sendiri, kamu pasti tidak ingin menenteng barang bawaan sendirian yang begitu banyak, terutama saat menuju penginapan atau berpindah tempat. Kamu pasti sering membawa barang yang sebenarnya tidak diperlukan, oleh karena itu ada baiknya kamu untuk belajar packing sendiri agar bisa menyesuaikan kebutuhan dan barang tertata teratur sehingga gampang untuk bermanuver.

3. Jangan Memberitahu Orang Lain di Perjalanan Kalau kamu Sedang Solo Travelling

Hal yang harus kamu ingat di tips traveling sendiri adalah saat melakukan saat traveling, jangan memberitahu orang asing bahwa kamu sedang berpergian sendirian. Karena hal ini bisa saja dapat mengancam kamu dalam bahaya, karena tidak semua orang yang ditemui dalam perjalanan merupakan orang baik.

Harus waspada terhadap orang baru saat solo traveling, karena kamu tidak tahu latar belakangnya. Meskipun tidak semua orang itu jahat, namun hal ini akan menyelamatkan kamu di perjalanan agar liburan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

4. Mempelajari Kalimat Umum dalam Bahasa Lokal Agar Dapat Membantu kamu Berkomunikasi

Sebaiknya kamu mempelajari beberapa kalimat dengan bahasa lokal yang mungkin akan sangat membantusaat travelling. Bisa beberapa ungkapan penting, seperti tolong, dimana dan berapa, akan sangat membantu saat berkomunikasi dengan warga setempat.

Bahkan tidak hanya di luar negeri, saat ke kota lain yang ada di Indonesia yang bahasa lokal yang berbeda sebaiknya kamu juga harus mempelajarinya. Mungkin saja kamu akan bertemu orang yang tidak dapat berbahasa Indonesia dan akan menyulitkan saat harus bertanya sesuatu.

5. Menyiapkan Buku Favorit Atau Game di Handphone untuk Mengusir Kebosanan saat di Perjalanan

Saat traveling, mungkin kamu tidak mempunyai teman ngobrol di jalan yang membuat menjadi bosan. Jika perjalanan kamu cukup lama, sebelum sampai di tempat tujuan sebaiknya untuk membawa buku, game atau benda lain yang berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan di dalam kendaraan.

Namun, pilihlah buku yang ringan dan tidak memberatkan barang bawaan, dengan begitu perjalanan kamu akan lebih aman dan nyaman.

6. Sediakan Softcopy dan Hardcopy Dokumen Penting

Saat traveling sendirian, penting buat kamu untuk mempunyai softcopy dan hardcopy dokumen penting, seperti KTP dan tanda pengenal lainnya. Unggah softcopy ke cloud atau penyimpanan lainnya yang memungkinkan kamu untuk bisa mengaksesnya kapan saja.

Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga, sehingga apabila terjadi kecopetan dan dompet hilang, kamu masih memiliki cadangan surat penting.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

7. Membawa Powerbank Agar Menghindari Baterai Habis di Perjalanan

Saat berkemas, jangan lupa untuk selalu membawa powerbank ke dalam tas. Benda yang yang ukurannya kecil ini,dapat sangat menyelamatkan kamu di dalam perjalanan.

Apabila di dalam perjalanan handphone mati, bisa jadi liburan menjadi berantakan karena selain tidak bisa melihat GPS,mungkin kamu juga akan kehilangan momen penting yang perlu direkam melalui handphone. Sehingga, dengan adanya powerbank dapat membantu kamu dalam mengisi daya dan menghindari kehabisan baterai.

8. Selalu Membawa Tripod Sendiri Agar Dapat Foto Kece

Kesulitan berfoto mungkin salah satu masalah yang sering dialami oleh para solo traveling. Sehingga,agar kamu tidak kebingungan bagaimana cara berfoto sendiri dengan objek wisata keren, maka kamu bisa mengandalkan suatu alat yang disebut sebagai tripod.

9. Selalu Memberi Kabar Orang Terdekat Mengenai Agenda yang akan kamu Lakukan saat Solo Travelling

Di dalam perjalanan sendirian mungkin akan selalu ada risiko, sehingga sebaiknya kamu menyiapkan diri untuk mengatasi masalah tersebut. Maka, sebaiknya selalu senantiasa memberi kabar orang terdekat seperti, pasangan atau keluarga.

Hal ini dapat menjadi antisipasi apabila tiba-tiba kamu mengalami suatu hal yang tidak diinginkan, sehingga keluarga ataupun orang terdekat dapat membantu. Mungkin untuk memberi kabar setiap saat akan terasa repot, namun kamu bisa melakukan dengan share lokasi saat ini yang membuat keluarga dapat memantau keberadaan.

10. Gunakan Pakaian yang Sesuai dengan Aturan Warga Setempat

Karena setiap daerah memiliki aturan dan adab yang berbeda-beda dalam hal berpakaian, apabila tujuan wisata kamu mempunyai aturan pakaian khusus, maka sebaiknya untuk memperhatikan dengan baik agar tidak salah kostum.

11. Menyimpan Uang dan Barang Berharga di Tempat yang Berbeda

Sebaiknya kamu jangan lupa untuk menaruh barang berharga di tempat yang berbeda, agar menjadi lebih aman apabila ada kejadian yang tidak diinginkan. Setidaknya, kamu memiliki cadangan untuk pulang atau bertahan hidup, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di tempat wisata.

Mungkin kamu bisa membawa satu tas kecil untuk meletakkan uang receh atau di tempat yang tidak sering dibongkar, sehingga dapat mempermudah dan menghindari risiko barang berharga berpindah tangan menjadi lebih kecil.

12. Jadi Banci Sosmed

Saat traveling sendirian, jadi banci sosmed justru sangat disarankan bagi kamu. Hal ini bukan pamer, namun ini justru memberikan petunjuk pada keluarga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, lakukan live atau selalu update status di jejaring sosial semua kegiatan selama melakukan solo traveling. Hal ini adalah yang terpenting dari tips traveling sendiri yang memang memanfaatkan adanya teknologi.

Tips Traveling Sendiri
Pixabay/Pexels

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Dengan menjalankan tips traveling sendiri di atas, jalan-jalan sendirian tidak akan menjadi masalah bagi kamu. Selalu waspada dan menjaga diri serta barang bawaan dengan baik, karena di dalam perjalanan selalu ada banyak bahaya yang akan mengancam.

Instagram