Pengertian dan Contoh Lengkap Skimming

Salah satu bentuk penipuan dalam bidang perbankan dengan metode phising dikenal dengan nama Skimming. Metode phising ini adalah kejahatan cyber yang dilakukan oleh pencuri untuk mendapatkan data orang lain hingga termasuk data kartu ATM nya.

Kartu ATM adalah kartu yang mungkin dimiliki oleh semua orang untuk memudahkan dalam bertransaksi setiap harinya tanpa harus pergi ke kantor bank, kartu ATM itulah yang diincar oleh para pencuri yang menggunakan metode phising tersebut. Maka tak heran jika skimming ini merupakan modus kejahatan yang sering menimpa banyak orang.

Para pelaku kejahatan skimming ini dapat menguras isi tabungan dan mengakibatkan kerugian yang sangat besar sehingga membuat kamu akan stress berat. Supaya terhindar dari tindak kejahatan skimming ini, berikut beberapa bahasan untuk mencegahnya.

Pengertian Skimming

Pengertian dan Contoh Lengkap Skimming

Pencurian informasi kartu debit atau kredit dengan metode menyalin informasi yang ada di kartu tersebut secara ilegal adalah arti dari skimming menurut Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Skimming menggunakan metode phising untuk dapat mencuri data-data penting milik orang lain, oleh karena itulah skimming menjadi salah satu kejahatan cyber.

Baca Juga Cara Transfer uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer uang ke USA
Cara Transfer uang ke Singapura
Cara Transfer uang ke Cina
Cara Transfer uang ke Malaysia
Cara Transfer uang ke Jepang

Data yang biasanya dicuri dari cara phising itu antara lain jenis kartu ATM, nomor rekening, nomor pin ATM dan lain-lain. Pada tahun 2009 di Woodlands Hills merupakan tempat dimana pertama kalinya modus kejahatan cyber ini terjadi.

Metode untuk dapat membaca data magnetic yang terdapat pada kartu kredit atau debit secara ilegal dengan cara merubah software atau hardware alat pembayaran atau menggunakan alat pembaca kartu disebut dengan Skimming.

Modus Kejahatan Skimming

Untuk dapat diketahui terlebih dahulu bahwasanya skimming dilakukan dengan menempelkan alat bernama skimmer ke slot kartu di mesin ATM. Skimmer adalah sebuah alat yang dibuat dengan bentuk sedemikian miripnya dengan mulut mesin ATM, sehingga membuatnya sulit untuk dikenali.

Alat skimmer tersebut akan merekam informasi dan mengambil serta menyalin data dari magnetic stripe yang terdapat di kartu ATM. Lalu kemudian para pelaku dapat melihat nomor pin ATM yang sedang kamu ketik di keyboard mesin melalui kamera pengintai yang dipasang secara tersembunyi.

Dengan berbekal data yang telah dikantongi oleh para pelaku, setelah kamu selesai melakukan transaksi dan kemudian keluar dari bilik ATM, maka pelaku selanjutnya akan mulai melancarkan aksinya.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Alat skimmer yang telah menyalin data kartu ATM kamu akan menduplikasi sebuah kartu lain yang masih kosong. Lalu kartu kosong tadi akan terisi data kamu dan menjadi kartu baru yang dapat digunakan oleh para pelaku.

Dengan kartu ATM hasil duplikasi tersebut, para pelaku dapat menggunakan PIN milik kamu. Metode skimmer ini tak hanya mengincar pada mesin ATM, di mesin EDC atau Electronic Data Capture yang biasanya terdapat di kasir café atau pusat perbelanjaan pun bisa ditempelkan.

Cara Terhindar Dari Skimming

1. Periksa dengan seksama mesin dan pastikan tidak ada kejanggalan fisik atau hal yang mencurigakan lainnya.
2. Carilah bilik ATM yang cukup ramai dan dengan pengamanan yang baik serta adanya pengawasan dari satpam.
3. Lihat orang-orang disekitarmu ketika akan memasuki bilik ATM, pastikan tak ada orang yang mencurigakan yang sedang mengintai.
4. Ketika kamu ingin memasukkan nomor PIN ATM, cobalah untuk menutupi serapat mungkin keyboard mesin ATM tersebut agar semakin pasti tak ada yang dapat melihatnya.
5. Jangan pernah sekalipun memberikan data kartu ATM milik kamu kepada siapapun.
6. Laporkan kepada call center jika terjadi sesuatu dengan kartu ATM milik kamu.
7. Jangan meminta pertolongan kepada orang sekitar ataupun orang-orang yang tak kamu kenali.
8. Selalu periksa aktivitas rekening milikmu lewat mesin ATM atau Mbanking.
9. Jangan menkamutangani slip transaksi kosong supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan.
10. Gunakan kartu ATM berbasis chip, karena skimming dapat dilakukan dengan menduplikasi data dari strip magnetic kartu ATM. Data akan lebih aman jika kamu menggunakan kartu berbasis chip.
11. Ganti pin ATM kamu secara berkala untuk dapat menghindari modus kejahatan skimming
12. Pilih nomor pin dengan kombinasi unit dan susah ditebak. Jangan menggunakan nomor pin dari tanggal lahir kamu.

Sekarang kamu mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan jika misalnya kamu terkena skimming. Yang pasti kamu tidak perlu panic dan sedih berkepanjangan, karena ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Cara Pencegahan Skimming

● Langsung laporkan kejadian kepada pihak resmi bank melalui call center

● Jelaskan secara rinci apa yang telah terjadi, pihak bank akan segera memblokir ATM milik kamu supaya tidak disalahgunakan. Dengan pemblokiran tersebut, iBanking dan Mbanking kamu juga akan ikut terblokir

● Tunggu dengan sabar karena pihak bank akan memintamu untuk menunggu beberapa waktu karena bank akan menelusuri apa yang terjadi pada transaksi dalam rekening milik kamu, dan juga memastikan apakah memang terjadi skimming pada ATM

● Pihak bank akan mengambil langkah selanjutnya sesuai kebijakan yang berlaku di bank ketika telah terbukti terjadinya modus kejahatan skimming tersebut

Dalam keadaan darurat kamu dapat menghubungi call center dari bank yang kamu miliki. Berikut dibawah ini adalah daftarnya!

Daftar Call Center Resmi Bank

● Bank Mandiri : 14000
● Bank BCA : 1500888
● Bank BNI : 1500046
● Bank Syariah Indonesia : 14040
● Bank Mega : 60010 atau 1500010
● Bank OCBC NISP : 1500999
● Bank BTN : 1500286
● Bank BTPN : 1500300
● Bank Muamalat : 1500016
● Bank Jenius : 1500365
● Bank CIMB Niaga : 14041
● Bank BRI : 14017 atau 1500017
● Bank Danamon : 1500090

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi tentang skimming. Semoga kamu terhindar dari kejahatan dunia perbankan. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram