pengertian dan contoh remunerasi

Remunerasi merupakan istilah yang digunakan untuk pemberian gaji dari pihak perusahaan ke seorang karyawan. Tujuan dari pemberian gaji ini adalah bentuk penghargaan dari perusahaan dilandaskan kerja yang dilakukan karyawan tersebut.

Dunia kerja dan remunerasi tidak akan dapat dipisahkan. Sebab pemberian gaji kepada karyawan biasanya memiliki periode waktu yang rutin yaitu setiap periodes satu bulan.

Tapi, terkadang remunerasi bukan hanya uang tunai. Ada beberapa bentuk penghargaan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya, misalnya adalah pemberian hadiah atau sejenisnya.

Pengertian Remunerasi

pengertian dan contoh remunerasi

Remunerasi memiliki arti yang dibentuk dari non finansial dan kompensasi moneter yang diberikan oleh pemberi kerja.

Gaji yang diberikan dalam periode tetap yang dihitung perjam atau per tahunan yang didalamnya termasuk komisi, bonus, lembur, liburan dan pembayaran ketika karyawan sakit.

Di beberapa bagian Amerika Serikat banyak yang menggunakan INCI atau National Council on COmpensation Insurance yang digunakan untuk membedakan antara remunerasi dan yang merupakan asuransi kompensasi pekerja.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Jenis-jenis Remunerasi

Remunerasi yang diterima oleh karyawan tergantung dari pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Berikut dibawah ini adalah jenis-jenis remunerasi.

1. Gaji

Umumnya yang menerima gaji adalah karyawan eksekutif, professional, computer, administrasi, dan penjualan luar yang didalamnya tidak termasuk pembayaran lembur, gaji tersebut dibayar untuk pekerjaan yang mereka lakukan.

Gaji seringkali dinyatakan dalam periode tahunan. Tapi dibayarkan pada periode bulanan atau 12 kali dalam setahun.

2. Upah

Upah merupakan pembayaran yang dibayar dengan tarif per jam, dah jika diluar pekerjaan tersebut mereka berhak mendapatkan lembur. Pekerja tersebut bukan merupakan karyawan yang dikecualikan.

3. Komisi

Komisi biasa diberikan kepada tenaga penjualan. Pekerja tersebut diberikan komisi berdasarkan penjualan yang dapat mereka lakukan pada jangka waktu yang sudah ditentukan, umumnya dihitung dari persentase jualan pada jangka waktu tadi.

4. Bonus dan Insentif

Bonus biasanya diberikan perusahaan kepada karyawan atas apresiasi proyek besar yang dikerjakan dengan baik misalnya atau bonus juga dapat diberikan berupa liburan akhir tahun.
Sedangkan insentif digunakan sebagai motivasi untuk karyawan untuk mendapatkan hadiah non tunai seperti jalan-jalan atau program kesehatan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Tujuan Remunerasi

Remunerasi dibayarkan kepada karyawan tentunya untuk mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. Berikut adalah beberapa tujuan dari remunerasi.

1. Meningkatkan SDA (Sumber Daya Manusia)

Salah satu pemegang peran penting pada perjalanan sebuah organisasi dan perusahaan adalah sumber daya manusia, bahkan dapat dikatakan sumber daya manusia merupakan kunsi dari berukembangnya oraganisasi atau perusahaan tersebut.

Tujuan dari remunerasi adalah meningkatkan penciptaan sumber daya manusia pada perusahaan atau organisasi. Dimana seorang diberi pekerjaan untuk dijadikan seorang penggerak, pemikir, serta perencanaan untuk perusahaan tersebut menjadi lebih berkembang.

2. Menjaga Produktivitas Karyawan

Remunerasi diberikan kepada karyawan untuk menjaga sifat alamiah dari manusia yaitu produktif. Sebab karyawan merupakan sumber daya manusia yang merupakan kunci dari berkembagnnya suatu perushaan.

Dengan menjaga produktivitas artinya perusahaan dapat menghasilkan hasil produksi dalam jumlah yang sangat besar yang bertujuan untuk mendapatkan income yang besar juga. Dengan peningkatan hasil produksi ini dapat dijadikan tolak ukur suatu perusahaan yang berkembang, sehingga perusahaan tersebut dikatakan lebih unggul dibandingkan perusahaan lainnya.

3. Adanya Persaingan Kerja yang Positif

Persaingan sering terjadi di antara para karyawan yaitu persaingan yang bersifat negatif dan bersifat positif. Oleh karenanya remunerasi diberikan untuk menciptakan persaingan yang positif diantara para karyawan.

Dengan semakin meningkatkan kinerja mereka artinya mereka meningkatkan remunerasi yang akan mereka dapatkan. Peningkatan kinerja dari karyawan tersebut merupakan tujuan perusahaan untuk semakin meningkatkan produktivitas dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Tujuan berikutnya dari remunerasi adalah meningkatkan kesejahteraan karyawan, agar para karyawan semakin termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi.

Jika para karyawan tidak termotivasi untuk bekerja lebih giat lagi maka perusahaan tersebut tidak akan pernah berkembang dari satu waktu ke waktu lainnya. Sebab perkembangan perusahaan dilihat dari produktivitas pekerja yang dilakukan untuk perusahaan tersebut.

5. Terciptanya Pengelolaan Perusahaan yang Baik

Remunerasi dilaksanakan untuk menghasilkan suatu keuntungan, keuntungan tersebut bersifat banyak dan besar sehingga bisa dirasakan dampaknya oleh karyawan juga. Tapi, bukan hanya berupa keuntungan saja yang dapat membuat karyawan meningkatkan kinerjanya.

Salah satu factor yang tidak kalah penting adalah kenyamanan dari perusahaan. Kenyamanan ini dihasilkan dari tata kelola perusahaan yang baik sehingga dapat meningkatkan ketahanan dari perusahaan itu sendiri.

Unsur-Unsur Remunerasi

Remunerasi memiliki beberapa unsur untuk dijadikan tolak ukur pemberian remunerasi kepada karyawan. Unsur-unsur tersebut adalah:

– Pertimbangan tingkat remunerasi yang tinggi dan rendah dari perusahaan
– Remunerasi diberikan berdasarkan perkembangan bisnis
– Pemberian gaji berdasarkan kontribusi karyawan

Contoh Remunerasi

Remunerasi pada karyawan harus diberikan secara sistematis dengan sistem yang dibuat dengan sebaik mungkin. Berikut dibawah ini adalah contohnya:

– Remunerasi dari Kinerja

Perusahaan wajib memberikan remunerasi berupa gaji yang sesuai dengan kinerja yang dilakukan oleh karyawan. Pekerjaan yang dilakukan karyawan semata-mata untuk meningkatkan perkembangan dari perusahaan tersebut.

Contoh

Karyawan A memiliki tanggung jawab yang sangat berat dan beresiko. Sehingga gaji karyawan A harus sesuai dengan tanggung jawab dan resiko yang yang lakukan untuk pekerjaan tersebut.

– Kenaikan Gaji Karyawan dan Pemberian Bonus

Kenaikan gaji karyawan merupakan bentuk dari pemberian motivasi kepada karyawan untuk meningkatkan kinerja di perusahaan tersebut. Sedangkan bonus merupakan apresiasi dari pekerjaan yang dilakukan karyawan tersebut sangat baik.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah pembahasan mengenai remunerasi yang merupakan pemberian gaji karyawan yang diberikan oleh pihak perusahaan atas kinerja yang dilakukan oleh karyawan tersebut.

Instagram