rekomendasi universitas di jepang yang oke punya

Jepang adalah salah satu negara favorit bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studinya. Tak hanya memiliki banyak destinasi wisata populer, Jepang juga memiliki banyak universitas kenamaan yang menarik perhatian mahasiswa dari berbagai negara.

Sudah sejak lama Jepang menjadi negara tujuan belajar bagi pelajar Indonesia. Di tahun 2018 saja, ada setidaknya 5000 pelajar Indonesia yang menempuh pendidikannya di Jepang. Jumlah yang sebenarnya tidaklah terlalu besar apabila dibandingkan dengan Vietnam yang memiliki warga yang menjadi pelajar di Jepang sebanyak sekitar 50 ribu orang.

Terkait dengan belajar di Jepang, berikut adalah beberapa rekomendasi universitas di Jepang yang bisa kamu pilih seandainya kamu berniat untuk melanjutkan studimu di negeri matahari terbit tersebut.

Rekomendasi Universitas di Jepang

Waseda University

Universitas yang berlokasi di jantung Tokyo ini adalah salah satu universitas yang belakangan cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan, salah satunya, karena adanya seorang influencer yang berkuliah di sana. Yap benar sekali, Jerome Polin adalah orangnya dan dia mengambil studi matematika terapan di Waseda University.

Ada banyak pilihan studi yang bisa diambil jika kamu ingin melanjutkan studi di Waseda. Untuk program sarjana, berikut adalah pilihan studinya:

  1. School of Political Science and Economics
  2. School of Law
  3. School of Culture, Media, and Society
  4. School of Humanities and Social Sciences
  5. School of Education
  6. School of Commerce
  7. School of Fundamental Science and Engineering
  8. School of Creative Science and Engineering
  9. School of Advanced Science and Engineering
  10. School of Social Sciences
  11. School of Human Sciences
  12. School of Sport Sciences
  13. School of International Liberal Studies

Hokkaido University

Rekomendasi universitas di Jepang berikutnya adalah Hokkaido University. Jika kamu mempelajari kondisi geografis Jepang, kamu akan menemukan bahwa Jepang memiliki empat pulau besar utama yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Dari keempat pulau utama tersebut, Hokkaido merupakan pulau yang terletak di wilayah paling utara dengan ibukotanya bernama Sapporo.

Hokkaido University sendiri terletak di Sapporo. Di kampus tersebut terdapat banyak jurusan yang bisa kamu pilih dan di antaranya adalah hukum, perikanan, kedokteran, ekonomi, sampai dengan teknik.

Tohoku University

Satu hal yang perlu ditekankan adalah Tohoku University tidak ada hubungannya dengan Perguruan Toho. Tohoku University adalah universitas yang berlokasi di Sendai, ibu kota dari Prefektur Miyagi yang masih berada di pulau Honshu, pulau terbesar di Jepang.

Untuk mahasiswa S1, ada banyak fakultas yang bisa kamu pilih di Tohoku University. Fakultas-fakultas tersebut adalah:

  1. Faculty of Arts and Letters
  2. Faculty of Education
  3. Faculty of Law
  4. Faculty of Economics
  5. Faculty of Science
  6. Faculty of Medicine
  7. Faculty of Dentistry
  8. Faculty of Pharmaceutical Sciences
  9. Faculty of Engineering
  10. Faculty of Agriculture

Osaka University

Rekomendasi universitas di Jepang selanjutnya adalah Osaka University. Universitas ini, sebagaimana namanya, terletak di Osaka. Osaka sendiri merupakan salah satu kota pelabuhan terbesar di Jepang dan juga merupakan salah satu pusat perdagangan yang dimiliki Jepang.

Terdapat banyak fakultas yang bisa kamu tuju di Osaka University dan berikut adalah daftarnya:

  1. School of Letters
  2. School of Human Sciences
  3. School of Foreign Studies
  4. School of Law
  5. School of Economics
  6. School of Science
  7. School of Medicine
  8. School of Dentistry
  9. School of Pharmaceutical Sciences
  10. School of Engineering
  11. School of Engineering Sciences

Kyoto University

Jika kamu adalah orang yang gemar mempelajari kebudayaan serta sejarah Jepang, kemungkinan besar kamu tidak akan asing dengan nama Kyoto yang mana adalah ibukota lama Jepang sebelum pindah ke Edo atau yang sekarang kita kenal dengan nama Tokyo.

Universitas yang sudah berdiri sejak abad ke 19 ini memiliki 10 fakultas untuk jenjang S1 yang mana daftarnya bisa kamu baca sebagai berikut:

  1. Integrated Human Studies
  2. Letters
  3. Education
  4. Law
  5. Economics
  6. Science
  7. Medicine
  8. Pharmaceutical sciences
  9. Engineering
  10. Agriculture

The University of Tokyo

Rekomendasi universitas di Jepang yang terakhir adalah The University of Tokyo yang mana merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Jepang. Sama seperti Kyoto University, The University of Tokyo juga didirikan pada abad ke-19.

Ada 10 fakultas yang bisa kamu pilih jika kamu ingin melanjutkan studimu di universitas ini. Kesepuluh fakultas tersebut adalah:

  1. Faculty of Agriculture
  2. College of Arts and Sciences
  3. Faculty of Economics
  4. Faculty of Education
  5. Faculty of Engineering
  6. Faculty of Law
  7. Faculty of Letters
  8. Faculty of Medicine
  9. Faculty of Pharmaeutical Sciences
  10. Faculty of Science

Baca Juga

5 Universitas Ternama di Australia

Biaya Hidup Mahasiswa di Jepang

Kirim Uang ke Jepang

Selama kamu kuliah di universitas di Jepang nanti, kamu akan membutuhkan beberapa hal dan salah satunya adalah uang saku. Uang memang menjadi kebutuhan krusial terlebih jika kamu berkuliah di kota besar seperti Tokyo yang mana memiliki biaya hidup yang cukup tinggi.

Untungnya untuk mengirimkan uang ke Jepang sekarang sudah semakin mudah terutama setelah adanya Transfez. Tutorial cara mengirim uang ke Jepangnya bisa kamu tonton lewat video di bawah ini.

Sekian dulu artikel tentang rekomendasi universitas di Jepang. Semoga bermanfaat dan kamu dapat segera memutuskan akan melanjutkan studi di mana.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram