Mengenal Aneka Kode Bank BCA Untuk Transaksi Keuangan

Nasabah Bank BCA saat ini di tanah air cukup banyak, bahkan bank yang satu ini memiliki kantor hingga ke seluruh pelosok. Selain memberikan layanan kepada nasabah secara langsung, Bank BCA juga memberikan layanan terbaiknya via layanan mobile banking yang menggunakan smartphone hingga layanan internet banking via koneksi internet.

Baca juga: Daftar Kode Transfer Bank Lengkap: Bank Swasta, Bank Negara, dan Bank Daerah

Agar dapat memberikan informasi spesifik terkait kode Bank BCA, artikel ini akan membahas kode-kode tersebut secara lengkap. Supaya jelas, segera simak apa saja kode yang dipakai dalam setiap transaksi di Bank Central Asia.

Kode Bank BCA Untuk Transfer Antar Bank

kode bank bca transfez

Umumnya kode Bank BCA yang paling banyak ingin diketahui oleh para nasabah bank ini terkait dengan kode untuk melakukan transaksi pengiriman dana atau transfer dana antar bank. Karena biasanya setiap bank akan memiliki kode spesifik tersendiri dalam transaksi pengiriman uang dari satu bank ke bank yang lain. Demikian juga jika ingin mengirimkan dana dari bank lain menuju Bank BCA, maka harus menggunakan kode tertentu agar transaksi berjalan lancar.

Adapun bagi nasabah yang hendak melakukan transfer dana dari bank lain menuju Bank BCA harus menggunakan kode 014. Artinya apabila melakukan transaksi pengiriman dana ini, maka nasabah harus menambahkan kode tersebut di awal sebelum memasukkan nomor rekening BCA tujuan. Sehingga nantinya pengiriman dana dapat berhasil dan tidak mengalami kegagalan saat prosesnya.

Perlu dipahami bahwa kode Bank BCA ini telah diatur bersama melalui Bank Indonesia. Sehingga siapa saja bank yang yang tergabung dalam layanan transaksi pengiriman dana antar bank harus memiliki kode yang spesifik tersebut. Dengan kode ini maka transaksi yang tercatat menjadi jelas asal dan tujuannya. Tidak beresiko mengalami kesalahan dalam mengirimkan dana ke bank yang akan dituju.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Kode Bank BCA Untuk Transaksi Pembayaran

Berikutnya yang tidak kalah penting yaitu kode Bank BCA dalam melakukan pembayaran kepada pihak tertentu. Entah pembayaran kepada merchant maupun melakukan pembayaran secara berkala pada institusi tertentu. Saat ini cukup banyak pihak yang memilih untuk bekerja sama dengan Bank BCA sehingga memudahkan konsumen memiliki opsi yang beragam terkait dengan pembayaran sesuatu produk ataupun jasa. Sehingga fasilitas ini diberikan untuk mempermudah proses transaksi pembayaran tersebut.

Adapun kode bank yang digunakan untuk melakukan pembayaran via Bank BCA tentu saja cukup beragam. Tergantung pada institusi atau merchant yang bekerja sama. Dimana kode tersebut sebenarnya dapat dilihat dengan mudah pada daftar yang tertera baik di mesin ATM maupun di dalam mobile banking dan internet banking. Hanya saja untuk mengetahui kode tersebut maka nasabah harus melakukan login pada akun Bank BCA yang dimiliki terlebih dahulu. Baru kemudian mengakses menu yang berada di dalam layanan dan mencari informasi terkait kode masing-masing merchant ataupun institusi.

Nah, kabar baiknya sebenarnya kode tersebut sudah tercatat otomatis di dalam fasilitas layanan. Sehingga cukup mengikuti petunjuk yang diberikan dalam melakukan transaksi. Atau apabila melakukan pembayaran via teller maka nantinya akan diberikan informasi kode bank yang dibutuhkan agar transaksi pembayaran dapat berjalan lancar.

Kode Bank BCA Untuk Transaksi Top Up Dana

Kemudian juga ada kode Bank BCA yang digunakan untuk melakukan top up dana ke berbagai merchant yang bekerja sama. Contohnya saja aneka e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia, hingga melakukan top up dana di OVO ataupun DANA. Melakukan top up tentu saja perlu memberikan kode yang sesuai agar transaksi tidak mengalami kendala.

Umumnya jika melakukan transaksi ini via Bank BCA maka kode yang diberikan akan berupa nomor virtual account. Sehingga nasabah cukup memasukkan nomor tersebut dan nantinya dapat terkoneksi secara langsung pada nomor akun e-commerce yang dituju. Transaksi biasanya tidak memakan waktu lama dan bisa diselesaikan langsung saat itu juga. Sehingga di saat yang sama nantinya dana akan otomatis terkirim.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Bulgaria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Fungsi Kode Bank BCA

Adapun banyak nasabah mungkin masih merasa ingin tahu lebih lanjut apa sebenarnya fungsi dari kode Bank BCA secara umum. Tentunya kode tersebut memiliki banyak fungsi penting, di antaranya seperti yang tertera berikut di bawah ini.

Mengarahkan Transaksi

Fungsi pertama dari kode bank umumnya digunakan sebagai sarana untuk mengarahkan transaksi. Patut diketahui bahwa setiap kode memiliki makna sendiri-sendiri termasuk dapat diartikan sebagai jenis transaksi tertentu. Misalnya transaksi pengiriman dana dan transaksi pembayaran tentu saja tidak akan sama. Sehingga lewat adanya kode bank yang spesifik tentu hal ini akan memudahkan pihak bank untuk menjalankan transaksi dan mengarah kepada kebutuhan atau maksud dati transaksi tersebut.

Mengidentifikasi Bank Penerima

Fungsi lain dari menggunakan kode bank tidak lain yaitu untuk dapat memudahkan proses identifikasi dari penerima transaksi tersebut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa masing-masing pihak penerima memiliki kode spesifik tersendiri. Sehingga dengan adanya kode bank akan mempermudah pihak bank memverifikasi hingga melakukan identifikasi pihak bank ataupun merchant yang akan menerima pembayaran. Dengan demikian maka secara tidak langsung hal ini menghindari resiko kesalahan dalam transaksi keuangan tadi.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Lewat penjelasan di atas tentu kini para nasabah BCA sudah mengetahui apa saja kode Bank BCA yang umumnya digunakan pada macam-macam transaksi keuangan di bank tersebut. Baik itu transaksi via mesin ATM, transaksi menggunakan mobile banking di smartphone, hingga transaksi via fasilitas internet banking. Bahkan mengetahui kode di atas juga bermanfaat memahami slip yang diberikan oleh pihak bank saat menggunakan layanan Bank BCA melalui teller secara offline di cabang terdekat.