Artikel lump sum dari Transfez

Kata LumpSum ini menjadi istilah yang banyak digunakan oleh orang-orang yang berada di dunia konstruksi. Pada umumnya pihak yang melakukan cara pembayaran secara lumpsum ini adalah para kontraktor, sedangkan yang menyediakan jasa bangunan disebut pihak penerima pembayarannya.

Berikut dibawah ini adalah ulasan lengkap Lumpsum.

Artikel lumpsum dari Transfez

Pengertian Lumpsum

Lump Sum merupakan sebuat metode pembayaran yang dilakukan hanya dalam sekali bayar secara harfiah.

Pembayaran tersebut dapat dilakukan pada transaksi jasa atau transaksi barang. Pada umumnya transaksi tersebut juga dapat dilakukan dalam proses pengadaan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Transaksi dalam Lump Sum biasanya melibatkan dengan jumlah uang yang banyak, yang mana nantinya pada uang yang banyak tersebut akan digunakan atau dimanfaatkan sebagai pembayaran jasa atau barang dalam jangka waktu yang telah ditentukan yang bisa digunakan oleh pihak pembayar.

Untuk hal lainnya dari lumpsum ialah merupakan kegiatan berinvestasi dan juga metode pembayaran yang dilakukan untuk membiayai atau membayar uang dalam perjalanan dinas suatu kantor.

Jika dilansir dari suatu laman resmi yaitu investopedia, maka lumpsum ini adalah suatu metode atau cara pembayaran yang digunakan dengan membayarkan sejumlah uang yang nominalnya sangat banyak secara sekaligus di awal atau di muka.

Tentu saja ini menjadi berbeda dengan metode angsuran yang mana melakukan pembayaran secara tahap demi tahap sesuai waktu yang telah disepakati di awalnya.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Kekurangan Lump Sum

Ada beberapa kekurangan terlebih dahulu yang akan dibahas kali ini. Berikut adalah beberapa kekurangan yang harus kamu perhatikan:

Menjadi Lebih Boros

Siapa saja yang pada awalnya menerima uang dengan nominal atau jumlah yang sangat besar pastinya akan membuat orang tersebut akan menjadi merasa mempunyai uang yang melimpah yang mana akan membuatnya terlena menjadikan ia boros dalam menggunakan uangnya.

Tentunya jika kamu tidak dapat mengatur uang dengan baik, yang pasti uang tersebut akan menjadi sia-sia. Maka dari itu kamu harus mempunyai planning atau perencanaan yang sangat baik di awal, jika kamu memilih uang pensiun atau uang dari bonus dibayar dengan metode Lumpsum ini.

Rentan Penyalahgunaan

Jika pada suatu perjalanan dinas dari sebuah kantor menggunakan metode lumpsum ini, akan menjadi rawan penyelewengan , termasuk rentan dikorupsi juga. Itu semua karena membuat pihak karyawan merasa dapat menggunakan uang lumpsum itu dan menghemat atau menyimpan uang mereka sendiri.

Oleh karena itu sebaiknya menggunakan metode pembayaran dengan sistem angsuran, biaya yang akan diberikan akan disesuaikan dengan pengeluarannya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Kelebihan LumpSum

Kelebihan yang diberikan dari Lumpsum ini adalah sebagai berikut:

Tenang Santai

Untuk beberapa karyawan yang menerima pembayaran dengan metode Lumpsum ini pastinya akan menjadikan karyawan tersebut menjadi lebih produktif. Berbeda dengan pembayaran yang dilakukan dengan angsuran, akan membuat karyawan lebih lama menyelesaikan pekerjaannya dan menjadikan kualitas kerjanya pun kurang baik.

Metode Lumpsum ini pun dapat memberikan para pemberi upah suatu rasa tenang, karena upah keseluruhan telah diberikan kepada para karyawan di awal, dan karyawan pun dapat fokus dalam menyelesaikan pekerjaan mereka tanpa harus khawatir akan pembayaran-pembayaran berikutnya.

Praktis

Kepraktisan dari cara lumpsum ini memberikan keuntungan karena tidak ada lagi keberlanjutan komitmen di antara kedua belah pihak.

Contoh Praktik LumpSum

Pembayaran Uang Pensiunan

Metode lumpsum ini bagi sebagian besar orang merupakan suatu hal yang asing atau masih kurang dimengerti. Hal itu dikarenakan orang-orang lebih mengerti atau akrab dengan cara yang mana dana pensiun dibayarkan secara periodik seperti upah gajian.

Pada kenyataannya metode pembayaran atau pencairan dana pensiun secara kontan itu dapat dilakukan. Perusahaan-perusahaan swasta pada umumnya sudah banyak menggunakan cara pembayaran ini. Dan ini biasanya digunakan bagi perusahaan-perusahaan yang tidak memberlakukan program pensiun.

Bidang Konstruksi

Pada bidang konstruksi ini akan diselenggarakan pelelangan terlebih dahulu sebelum pembayaran dengan metode lumpsum dilakukan, hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan penyedia jasa yang baik dalam hal pembayaran jasa dan kualitas barang yang disediakan.

Karena metode lumpsum ini membiayai keseluruhan di awal secara penuh, maka nantinya kamu tidak akan membayar lagi untuk kenaikan harga atau kamu akan mendapatkan harga yang pasti atau fixed price.

Semua itu dapat diperoleh setelah kedua belah pihak menkamutangani kontrak. Setelah kontrak di kamu tangani kedua belah pihak, maka pihak pihak penyedia jasa wajib menanggung semua biaya

Perencanaan Berlibur di Masa Depan

Bagi kamu yang memiliki hobi berlibur ataupun bepergian, dapat menggunakan metode lumpsum ini. Pada umumnya travel atau perusahaan merupakan penyedia jasa yang mana saat ini mudah untuk dijumpai.

Hal ini juga dapat terjadi kepada kamu yang mungkin ingin berlibur tetapi tidak mempunyai perencanaan yang matang dikarenakan kesibukan yang sangat padat sehingga membuat pergi berlibur adalah sesuatu yang harus direncanakan dari jauh sebelum waktunya.

Orang-orang yang seperti itu biasanya pergi mendatangi sebuah perusahaan travel untuk membuat perencanaan berlibur, pembayaran dengan metode lumpsum ini hanya dapat dilakukan oleh perusahaan travel saja.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutupan

Setelah pembahasan-pembahasan mengenai lumpsum diatas, bisa disimpulkan bahwa LumpSum ini merupakan suatu metode pembayaran yang dilakukan dengan membayarkan sejumlah uang dengan nominal besar secara sekaligus di awal.

Untuk bisa menggunakan metode lumpsum ini secara baik dan benar serta lancar, maka pihak penerima pembayaran wajib mampu mengendalikan keuangan perusahaan dengan baik supaya tidak terjadi pemborosan dan juga dari pihak penerima pembayaran harus mampu mengerti dan memahami kondisi keuangan dengan baik pula.

Instagram