Lokasi Merlion Park, Rute dan Pembangunan dan Tips Mengunjungi

Merlion park merupakan tempat wisata yang ada di Singapura dan sangat ikonik dengan bentuk patung bertubuh ikan dan kepalanya berupa singa. Di Singapura ini terdapat patung Merlion pada taman tersebut dengan ketinggian 8.6 meter dan patung kedua 2 meter.

Letak ikon patung Merlion berada di kawasan bisnis kota yang mencakup luas hingga 2.500 meter persegi. Saat berkunjung ke taman ini, maka kamu akan menemukan pemandangan Marina Bay Sands yang sangat fantastis berada di atas air.

Tentang Merlion Park

Lokasi Merlion Park, Rute dan Pembangunan dan Tips Mengunjungi

Merlion merupakan patung dengan badan ikan yang melambangkan awal mula dari Singapura sebagai desa nelayan bernama Temasek dari kata tasek artinya danau dalam bahasa Melayu. Kepala patung mencerminkan nama asli dari negara Singapura atau kota singa dengan bahasa Melayu.

Patung Merlion mampu memancurkan air dari dalam mulutnya yang berdiri pada ketinggian 8.6 meter dengan beratnya mencapai 70 ton. Patung Merlion merupakan ikon menarik yang dapat kamu kunjungi.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Lokasi Merlion Park

Lokasi dari taman Merlion ini tepat berada di seberangnya Fullerton Hotel. Letaknya yang berada di pusat kota Singapura tepat di One Fullerton 1 Fullerton Rd Singapore.

Apabila kamu ingin berkunjung ke taman ini tidak perlu bingung untuk menemukannya karena letaknya di pusat kota. Bahkan hampir semua wisatawan mancanegara bisa menemukan lokasi ini dengan sangat mudah.

Rute Menuju ke Patung Merlion

Untuk menuju ke tempat wisata ini kamu dapat menempuh menggunakan beberapa cara mudah. Inilah beberapa rute untuk menuju ke taman Merlion dengan mudah:

Dari Changi Airport Naik MRT

• Naiklah MRT green line atau east west line dengan tujuan ke arah Tanah Merah serta turun ke Stasiun Tanah Merah
• Naik MRT Green line ke arah Joo Koon kemudian turun di Raffles Place Stasiun
• Lalu kamu keluar dari stasiun melalui pintu exit B dan berjalan sampai menemukan Cavenagh Bridge serta Fullerton Hotel. Dan kamu bisa langsung menuju ke taman Merlion

Dari Harbourfront Naik MRT

• Dari arah stasiun MRT Harbourfront yang terletak di basemen Vivo City Mall, kemudian naik MRT warna ungu menuju ke punggol dan turun ke Outram Park Station
• Naiklah MRT Green Line ke arah Pasar Ris kemudian turun pada Raffles Place Station
• Keluarlah stasiun pintu exit 8 lalu berjalan ke Singapore River. Setelah itu belok ke kanan dan jalan lagi sampai ketemu dengan Cavenagh Bridge serta Fullerton Hotel dan menyeberang ke merlion park.

Pembangunan Patung Merlion

Patung Merlion merupakan salah satu ikon yang wajib kamu kunjungi ketika datang liburan ke Singapura. Pembangunan patung Merlion dilakukan oleh pengrajin lokal yakni Lim Nang Seng.

Sementara itu untuk peresmiannya dilakukan oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew pada muara Singapore River sebagai bentuk penyambutan untuk semua pengunjung yang telah datang ke Singapura. Maka dari itu keberadaan salah satu ikon terkenal dari Singapura ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Masa Perpindahan

Dengan adanya perampungan pada pembangunan Esplanade Bridge tahun 1997 sebagai patung init sudah tidak lagi jelas pada tepi perairan. Patung dilakukan relokasi sampai 120 meter dari posisi awal di tahun 2022 ke lokasi barunya yakni Merlion Park berada tepat di depan Hotel Fullerton menghadap ke arah Marina bay.

Taman sekarang kini hanya berisi patung yang ukurannya kecil dan dikenal sebagai anak Merlion dan menjulang tinggi sampai 2 meter dengan berat 3 ton. Untuk patung asli dan anaknya yang paling terkenal di Singapura dari adanya 7 patung Merlion yang diakui.

Tips Mengunjungi Taman Merlion

Dalam berkunjung ke taman Merlion kamu harus mengetahui waktu yang tepat agar bisa melihat pemandangan indah dan dapat melakukan swa foto dengan patung. Apabila ingin foto dengan versi yang terang maka bisa datang pada sore hari pada pukul 17.30 ataupun pagi hari pukul 08.00 pagi.

Sementara itu jika kamu ingin mengambil foto dengan nuansa gelap bisa datang pada pukul 19.30. Namun bagi kamu yang menyukai suasana terang dan gelap silahkan datang pada pukul 18.30 karena jam itu kamu akan melihat pergantian siang ke malam di patung Merlion.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Destinasi di Sekitar Taman Merlion

Tidak hanya Merlion Park saj yang dapat kamu kunjungi. Di area kawasan taman juga banyak destinasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi, di antaranya:

1. Spectra Show Marina Bay Sands

Di Marina Bay Sands ini kamu akan melihat show yang sangat indah pada malam hari dengan adanya perpaduan laser dan air mancur warna-warni. Keindahan ini akan sangat menakjubkan karena didukung oleh adanya musik yang membuat suasana lebih meriah.

Untuk menyaksikan keindahan ini kamu bisa datang pada pukul 8 malam ataupun 9 malam. Sebab untuk durasi show ini hanya sekitar 15 menitan saja sehingga jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan keindahannya.

2. Skypark Marina Bay Sands

Singapura memang terkenal dengan keindahan pada malam hari, maka tidak heran lagi jika di malam hari sangat banyak orang berlalu lalang. Salah satunya banyak yang mengunjungi Skypark Marina Bay Sands dengan naik ke lantai 57 pada gedung tersebut dan menyaksikan keindahan dari atas sana.

3. Garden Bay The Bay

Salah satu taman yang terdiri atas banyak aneka ragam tanaman dataran tinggi dan bunga yang terletak di dalam rumah kaca. Bunga tersebut bisa berganti sesuai dengan musimnya.

4. Singapore Flyer

Siapa yang tidak kenal dengan Singapore Flyer, bianglala raksasa yang ada di Singapura. Singapore Flyer menjadi salah satu tempat wisata dengan banyak pengunjung karena bisa menyaksikan keindahan Singapura dari Atas.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian penjabaran mengenai Merlion Park yang bisa menjadi rekomendasi kunjungan bagi kamu. Taman Merlion ini sangat terkenal dengan keberadaan patung Merlion sebagai ikon Singapura.

Instagram