Persyaratan Membuat Hong kong Visa Pelajar dan Biaya Pengurusan

Yuk kita bahas Hong Kong Visa! Hong Kong merupakan salah satu sentra perekonomian yang ada di dunia bahkan juga sebagai tujuan studi yang mampu membuat setiap orang berkembang secara akademis hingga personal.

Jika kamu sudah siap untuk belajar di Hong Kong maka membutuhkan pengurusan Hong Kong visa pelajar.

Baca Juga Cara Mudah Kirim Uang dari Indonesia ke Hong Kong dengan Aplikasi Transfez

Hong Kong merupakan negara yang masih bagian dari China dan memiliki sistem pemerintahan tersendiri dan tidak tergabung menjadi satu. Dengan demikian untuk pengurusan visa pun juga berbeda antara keduanya.

Persyaratan Membuat Hong kong Visa Pelajar dan Biaya Pengurusan

Siapa Saja yang Membutuhkan Hong Kong Visa Pelajar?

Semua orang dalam lingkup internasional yang akan berniat untuk melanjutkan kuliahnya di negara Hong Kong. Pelajar yang telah diterima dan akan tinggal di Hong Kong lebih dari 90 hari maka harus melakukan kepengurusan visa pelajar Hong Kong, kecuali pelajar internasional yang memang memiliki hak untuk bisa tinggal di Hong Kong.

Dengan demikian kamu yang telah diterima belajar di Hongkong harus mengurus visa pelajar sebelum tiba di negara ini. Sehingga pada saat tiba di Hong Kong sudah memiliki waktu ijin tinggal selama masa kuliahnya berakhir.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Kirim Uang Ke 60+ Negara

Proses Pengajuan Hong Kong Visa

Dalam pengurusan visa Hong Kong tersedia 2 cara yang dapat digunakan oleh setiap pelajar yang akan melanjutkan studi di negara ini. Cara untuk mengajukan visa Hong Kong bisa langsung ke kantor Kedutaan Besar China ataupun melalui institusi pendidikan yang menjadi tujuan studi kamu.

Namun alangkah baiknya untuk memilih kepengurusan visa Hong Kong melalui institusi pendidikan karena dari pihak institusi akan membantu dalam memastikan bahwa semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap.

Syarat utama dalam mengajukan visa Hong Kong untuk pelajar yakni mendapatkan surat penerimaan secara resmi dari institusi pendidikan yang ada di Hong Kong dan syarat kedua memiliki sponsor lokal.

Persyaratan Visa Pelajar Hong Kong

Mengurus Hong Kong visa pelajar harus dengan memenuhi persyatan yang telah menjadi ketetapan dari kedutaan besar. Setelah kamu menerima surat penerimaan untuk studi di institusi tujuan maka bisa langsung mengikan formulir ID 99 5A yang telah disediakan di web resminya Departemen Imigrasi Hong Kong.

Tidak hanya formulir saja, inilah beberapa syarat lengkap yang harus kamu penuhi untuk mengurus visa pelajar Hong Kong:

• Pas foto terbaru
• Fotokopi paspor
• Tanda bukti bahwa kamu telah memiliki kecukupan dana untuk bisa hidup dan menjalankan kuliah di Hong Kong dalam waktu menjalankan program studi seperti halnya rekening koran 3 bulan terakhir, slip gaji orang tua hingga bukti bahwa diterima dalam program beasiswa
• Surat penerimaan yang berasal dari institusi pendidikan kamu di Hong Kong
• Pelajar yang usianya masih di bawah 18 tahun maka harus penyertakan dokumen yang menyatakan bahwasannya pelajar tersebut memiliki akomodasi yang telah sesuai dan wali pelajar sah di Hong Kong. Apabila kamu tidak mempunyai keluarga atau kenalan yang dapat dijadikan sebagai wali di Hong Kong maka kemungkinan kamu dapat mengajukan pada institusi tujuan kamu sebagai walinya.
• Serahkan juga softcopy formulir ID 995A yang sudah diisi lengkap dengan dokumen yang lain sebagai pelengkap ke institusi tujuan.

Aktivasi Visa Pelajar Hong Kong

Jika kamu telah menerima visa Hong Kong maka harus menempelkannya pada label halaman kosong di dalam paspor kamu. Pada saatnya tiba di Hong Kong maka kamu akan diminta untuk menunjukkan label visa pada petugas imgrasi untuk proses aktivasinya.

Sesudah melakukan aktivasi Hong Kong visa pelajar maka kamu akan mendapatkan landing slip yang sudah tercantum nama kamu, nomor paspor, tanggal tiba dan ketentuan hingga batasan yang harus dipenuhi di Hong Kong.

Tanpa mendapatkan landing slip tersebut maka visa pelajar dianggap tidak aktif dan kamu pun tidak dapat mendaftar ulang pada institusi pendidikan yang menjadi tujuanmu di Hong Kong.

Biaya Pengajuan Visa Pelajar Hong Kong

Dalam kepengurusan visa pelajar Hong Kong akan membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan sebesar HKD550 dan biaya pengiriman label visa. Biaya pembuatan visa ini langsung kamu bayarkan saja ke institusi tujuan menjalankan pendidikan dengan menggunakan online banking ataupun kartu kredit.

Baca Juga Artikel Tentang Gaji TKI dan Gaji TKW Lainnya dari Transfez

Gaji TKI dan TKW di Dubai
Gaji TKI dan TKW di Taiwan
Gaji TKI dan TKW di Jepang
Gaji TKI dan TKW di Jepang Sektor Pabrik
Gaji TKI dan TKW di Kore

Biaya Pengajuan Visa Hong Kong Umum

Selain terdapat biaya pembuatan visa yang harus dibayakan untuk jenis visa pelajar. Inilah biaya pembuatan Hong Kong visa secara umum yang dapat kamu ketahui jika sewaktu-waktu akan bepergian ke Hong Kong:

Jenis Visa Biaya Pembuatan (HKD/Hong Kong Dollar) Biaya Pembuatan (Rupiah)
Persetujuan Visa Direktur Jenderal Imigrasi HKD 125 Rp233.200
Visa Kunjungan Sekali Perjalanan HKD 435 Rp811.700
Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan untuk 1 Tahun HKD 940 Rp1.754.000
Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan untuk 2 Tahun HKD 1.880 Rp3.508.000
Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan untuk 3 Tahun HKD 2.795 Rp5.216.000
Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan untuk 4 Tahun HKD 3.720 Rp6.941.000
Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan untuk 5 Tahun HKD 4.650 Rp8.677.000
Visa Tinggal Terbatas HKD 1.275 Rp2.379.000

Waktu Harus Mengajukan Visa Hong Kong

Waktu untuk memproses visa pelajar Hong Kong dapat memakan waktu 6 sampai 8 minggu. Maka dari itu sebaiknya melakukan pengurusan visa jauh-jauh hari agar kamu mempunyai waktu tambahan saat nanti dibutuhkan untuk melengkapi dokumen tambahan yang lainnya.

Peraturan Pembuatan Visa Pelajar Hong Kong

Pada saat semester kuliah telah berjalan maka para pemegang visa ini hanya dapat diijinkan untuk mengambil pekerjaan 20 jam per minggu di dalam kampus. Akan tetapi bagi mereka yang bekerja di luar kampus tidak ada batasan waktu saat musim panas.

Sementara itu saat menjalankan program magang maka harus mengambil studi sesuai dengan bidang yang digelutinya. Akan jauh lebih mudah jika kamu meminta persetujuan dari tempat kamu kuliah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikian uraian mengenai pembuatan Hong Kong visa yang dapat digunakan oleh pelajar Indonesia. Dengan memiliki visa maka kamu bisa tinggal di Hong Kong sampai masa studi berakhir.

Instagram