wisata religi di korea utara

Berbicara tentang Korea Utara, mungkin di benak kita bisa bermacam-macam. Bisa itu karena dianggap negara komunis, hingga tempatnya yang sangat tertutup dengan dunia luar. Meskipun mempunyai kesan yang sangat menyeramkan, di Korea Utara juga menyediakan lokasi yang menarik untuk wisatawan.

Salah satu lokasi yang bisa kamu datangi adalah wisata religi. Memang Korea Utara sebagian besar adalah komunis, tetapi, mereka juga memiliki tempat ibadah agama lain yang sangat menarik. Simak daftar tempat wisata religi di Korea Utara sebagai berikut.

1. Kuil Pohyonsa

Salah satu tempat wisata religius paling terkenal di Korea Utara adalah Kuil Pohyonsa. Lokasi Kuil ini ada di Hyangsan, yakni di kaki Gunung Myohyang. Kuil Phyonsa telah menjadi pusat ajaran Buddha di bagian utara semenanjung Korea selama bertahun-tahun. Terdapat nilai-nilai spiritual dan sejarah yang signifikan karena didirikan sejak abad ke-11.

Kuil ini terkenal karena arsitektur tradisional Korea yang indah dan koleksi berharga patung serta artefak Buddha. Dengan kata lain, Kuil Pohyonsa menjadi tempat yang sempurna untuk meditasi dan introspeksi spiritual. Apalagi, pemandangan alamnya begitu menakjubkan di sekitarnya. Sejarah dan budaya Korea Utara juga menarik pengunjung serta wisatawan ke Kuil Pohyonsa ini.

Wisatawan biasanya hanya dapat mengunjungi Kuil Pohyonsa melalui agen perjalanan resmi yang bekerja sama dengan pemerintah Korea Utara. Tur ini biasanya sudah mencakup transportasi dari Pyongyang ke Gunung Myohyang. Hal Ini disebabkan banyaknya pilihan perjalanan yang tersedia di Korea Utara.

Perjalanan dari Pyongyang ke Kuil Pohyonsa memakan waktu sekitar dua setengah hingga tiga jam dengan mobil atau bus. Jalan menuju Gunung Myohyang cukup baik, akan tetapi perlu diingat bahwa ada sedikit transportasi umum di Korea Utara. Akibatnya, sebagian besar pengunjung akan menggunakan cara transportasi yang ditawarkan oleh agen perjalanan tersebut.

2. Kuil Samantabhadra

wisata religi di korea utara samantabhadra

Berikutnya ada Kuil Samantabhadra yang merupakan salah satu tempat wisata religius terkenal di Korea Utara. Kuil ini memiliki nilai spiritual besar dan sangat penting bagi para penganut agama Buddha di negara tersebut.

Kulit ini diberi nama Samantabhadra karena berdasarkan Bodhisattva Samantabhadra. Pada tradisi Buddhis Mahayana, nama ini dikenal sebagai pelindung kebajikan dan kebijaksanaan. Para pengunjung memiliki kesempatan untuk mempelajari ajaran Buddha. Bahkan, bisa juga mendapatkan ketenangan pikiran, menikmati keindahan seni religius, dan arsitektur khas Korea Utara.

Kuil ini terletak di lingkungan yang tenang dengan pemandangan alam. Tidak hanya melihat tempat ibadah saja, tetapi juga lokasi untuk bersantai dan berpikir. Selain menikmati suasana yang tenang, pengunjung dapat mempelajari sejarah dan filosofi Buddhisme Korea Utara. Kamu bisa melihat dalam berbagai artefak, patung, dan relief yang menghiasi kuil tersebut.

3. Kuil Kwanum

Salah satu tempat suci yang paling terkenal dan dihormati di Korea Utara adalah Kuil Kwanum. Kuil tersebut menawarkan pengalaman religius dan budaya mendalam bagi pengunjungnya. Bahkan, Kuil Kwanum dikenal karena suasananya yang tenang dan arsitekturnya indah. Kuil Kwanum juga dikenal sebagai tempat suci bagi umat Buddha yang sangat dihormati di negara ini.

Pada zaman kuno, para biksu Buddha mendirikan Kuil Kwanum untuk beribadah dan bermeditasi. Nama “Kwanum” sendiri berasal dari Avalokitesvara Bodhisattva. Dalam tradisi Buddha Mahayana, ini disebut sebagai dewa belas kasih. Tempat tersebut dibangun untuk membiarkan para biksu dan umat Buddha bermeditasi, berdoa, dan mencari pencerahan spiritual.

Dalam tradisi Buddha Korea, Kuli Kwanum memiliki makna religius yang signifikan. Sebagai salah satu kuil tertua dan paling dihormati di daerah itu, tempat ini jadi pusat kegiatan keagamaan dan spiritual. Tempat itu juga memiliki nilai budaya tinggi. Hal itu ditunjukkan oleh arsitektur dan seni Buddha yang kaya dan indah.

Sepanjang tahun, Kil Kwanum sering jadi tuan rumah berbagai festival dan acara keagamaan. Acara-acara ini termasuk perayaan hari besar Buddha, upacara penerangan lampu, dan ritual khusus. Pengunjung dapat pergi ke acara-acara ini untuk merasakan suasana spiritual khusyuk dan belajar lebih banyak tentang tradisi Buddha.

Kuil Kwanum menawarkan berbagai kelas dan lokakarya untuk pengunjung yang ingin belajar lebih banyak tentang Buddhisme. Kelas-kelas ini membahas hal-hal seperti meditasi, ajaran Buddha, dan seni kaligrafi. Para pengunjung juga diberikan kesempatan untuk belajar langsung dari para biksu dan praktisi Buddhis di sana.

Baca Artikel Wisata Luar Negeri Lainnya dari Transfez

Wisata Religi di Uni Emirat Arab
Wisata Religi di Sri Lanka
Wisata Religi di Rusia
Wisata Religi di Korea Selatan

4. Masjid Ar-Rahman

Jika sebelumnya kita membahas wisata religi berbentuk kuil, maka kini ada tempat untuk umat islam. Ya, satu-satunya masjid di Korea Utara adalah Masjid Ar-Rahman. Lokasinya ada di kawasan dekat Kedutaan Besar Iran di Pyongyang. Masjid ini dibuka secara resmi pada tahun 2013 dan menjadi pusat utama bagi orang Muslim di negara tersebut. Hal itu juga termasuk para diplomat, pekerja internasional, dan beberapa penduduk lokal beragama Islam.

Masjid Ar-Rahman adalah satu-satunya masjid di negara yang mayoritas penduduknya tidak beragama Islam. Tentunya bagian ini jadi destinasi wisata religius unik. Meskipun pengunjung non-Muslim tidak diizinkan memasuki area utama masjid, tapi tempat ini tetap menarik. Pengunjung bisa mempelajari bagaimana agama Islam diterapkan pada salah satu negara paling tertutup di dunia.

Masjid Ar-Rahman adalah simbol kerukunan beragama yang menarik untuk dikunjungi. Di dalamnya telah mencerminkan keragaman budaya dan agama Korea Utara. Lebih khusus lagi, tentunya masjid tersebut ditujukan bagi wisatawan muslim yang ingin beribadah selama perjalanan.

5. Kuil Kwangbop

wisata religi di korea utara kwangbop templeTerakhir ada Kuil Kwangbop yang juga salah satu situs religius bersejarah di Pyongyang, Korea Utara. Tempat ini ideal untuk meditasi dan introspeksi spiritual. Kuil ini dikenal dengan desain tradisionalnya yang indah dan suasananya tenang.

Kuil Kwangbop dibangun selama dinasti Koryo (918–1392). Awalnya, kuil ini berfungsi sebagai pusat ajaran Buddha. Ada banyak bangunan dan patung yang menunjukkan pengaruh Buddha di daerah tersebut.

Kuil Kwangbop memiliki nilai spiritual dan sejarah karena menunjukkan perkembangan agama Buddha di Korea Utara. Wisatawan dapat menikmati keindahan bangunan tradisional, taman yang rapi, dan pemandangan alam menenangkan.

download Transfez

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore